MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Key Opinion Leader

13 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 4.264  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Key Opinion Leader (KOL) adalah individu yang memiliki keahlian tertentu dan punya pengaruh yang besar dalam bidang tertentu sehingga pendapat mereka didengar masyarakat. 

Nah, KOL bisa membantu Anda meningkatkan kesadaran merek bahkan mempromosikan produk, asalkan Anda bisa memilih KOL yang tepat.

Pertanyaannya sekarang, apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih KOL? Yuk, baca ulasannya di artikel ini.

7 Hal Penting yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Key Opinion Leader (KOL)

1. Relevansi dan Kesesuaian dengan Merek Anda

KOL yang tepat adalah orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang yang berkaitan dengan produk atau layanan Anda. 

Untuk itu, Anda perlu memastikan nilai dan minat KOL selaras dengan merek sehingga pesan yang mereka sampaikan pun konsisten dengan pesan keseluruhan merek Anda. 

Misalnya, jika perusahaan Anda menjual produk ramah lingkungan, maka pilihlah KOL yang dikenal dengan komitmen mereka terhadap sustainability.

Contoh lain, perusahaan Anda menjual produk kesehatan alami, maka sebaiknya Anda bekerja sama dengan seorang KOL yang juga menganjurkan gaya hidup sehat dan alami.

2. Tingkat Pengaruh dan Kepercayaan

Basis pengikut yang kuat dan aktif memegang peranan penting dalam kesuksesan campaign Anda dengan KOL. 

Maka pastikan Anda memilih KOL yang punya pengaruh kuat dan tingkat kepercayaan yang tinggi dan bisa mempengaruhi followers-nya.

Bagaimana cara melihat tingkat pengaruh dan kepercayaan yang dimiliki KOL? Ya, Anda bisa melihat dari jumlah pengikut dan interaksi yang terjadi dalam setiap konten.

Selain itu, coba lihat pula reputasi KOL dalam komunitas di mana mereka bergabung. Amati cara KOL mengkomunikasikan suatu pesan di dalam komunitas, apakah bisa diterima oleh audiens atau tidak.

3. Kredibilitas dan Reputasi

Kredibilitas dan reputasi KOL juga menjadi aspek penting yang perlu Anda perhatikan ketika mau memilih key opinion leader. Untuk itu, coba lihat dulu rekam jejak KOL dalam industri mereka. Boleh juga lakukan riset mengenai reputasi mereka di dunia online maupun offline. 

Tinjau publikasi dan konten yang mereka hasilkan, termasuk penghargaan dan kontribusi mereka dalam industri. 

KOL yang kredibel dan memiliki reputasi baik akan memberikan dampak yang lebih besar pada penyelenggaraan campaign, terutama jika tujuannya untuk membangun kesadaran merek dan menjangkau lebih banyak target market.

4. Jangkauan dan Keterlibatan

Langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan jangkauan dan keterlibatan KOL. Anda bisa melihatnya pada data insight untuk memberi gambaran tentang berapa banyak orang yang dapat mereka jangkau, dan seberapa besar kemungkinan orang-orang tersebut berinteraksi dengan konten yang mereka buat. Selain melihat data insight, Anda dapat mengukur jangkauan dengan melihat jumlah pengikut mereka di media sosial. 

Sementara untuk melihat keterlibatan bisa berdasarkan jumlah like, komentar, dan share yang terjadi pada setiap konten. 

Memilih KOL dengan jangkauan yang luas akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak audiens, memperluas pasar, bahkan dapat memperbesar peluang terjadinya konversi.

5. Track Record dan Keberhasilan Kampanye Sebelumnya

Melihat track record dan keberhasilan kampanye sebelumnya adalah cara terbaik untuk mengevaluasi kualitas dan kinerja KOL.

Jadi jika memungkinkan Anda boleh minta study case dari campaign yang pernah mereka ikuti beserta hasilnya. Jika sukses, maka kemungkinan besar mereka bisa menyukseskan campaign Anda.

6. Kompatibilitas dengan Target Audiens

Kesesuaian KOL dengan target audiens penting untuk dipertimbangkan. Jadi, Anda perlu mencari tahu nilai, minat, juga gaya komunikasi KOL apakah selaras dengan audiens yang mau dijangkau. 

Mengapa hal ini penting? Sebab, kalau gaya komunikasinya saja berbeda jauh dengan audiens, maka pesan kampanye Anda sudah tentu tidak akan efektif sampai kepada audiens.

Oh ya, hal berikutnya yang juga penting sebaiknya hindari KOL yang sering terlibat kontroversial. Karena KOL yang seperti ini bisa membahayakan reputasi brand Anda lho. 

7. Biaya

Umumnya, setiap KOL memiliki rate card tersendiri tergantung pada jangkauan, keterlibatan, dan kredibilitas mereka.

Nah, Anda perlu memastikan biaya untuk bekerja sama dengan KOL sesuai dengan anggaran yang tersedia. Lalu, lihat pula apakah dengan biaya tersebut bisa mencapai tujuan atau target yang ingin Anda capai.


Semoga tips di atas bisa meningkatkan peluang Anda menemukan KOL yang sesuai dengan brand dan mampu menjangkau target audiens. Jika masih belum yakin, boleh juga lho minta bantuan ke digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam KOL Manajemen. Ngomong-ngomong, cari tahu yuk Apa Itu KOL Management?

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER