knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
5 Local Business ...

5 Local Business Optimization yang Perlu Anda Lakukan untuk Pengembangan Bisnis

29 Sep  · 
2 min read
 · 
eye 6.948  
SEM

Local Business Optimization Untuk Pengembangan Bisnis

Apakah Anda pernah mendengar istilah Local Business Optimization atau LBO?

Local Business Optimization adalah serangkaian strategi dan praktik yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal pada pencarian online, terutama di mesin pencari, seperti Google.

Sebagai pebisnis, Anda perlu mengetahui apa itu Local Business Optimization dan cara menerapkannya agar bisnis mampu berkembang secara signifikan.

Ada beberapa strategi LBO yang bisa Anda terapkan, mulai dari proses produksi hingga pemasaran. Asalkan benar dan tepat implementasinya maka peningkatan angka penjualan bukan lagi sesuatu yang mustahil.

Yuk, pelajari 5 local business optimization untuk mengoptimalkan bisnis Anda dalam Redcomm Knowledge kali ini.

5 Local Business Optimization untuk Mengembangkan Bisnis

Sebagai pelaku bisnis berskala kecil maupun besar, Anda perlu menerapkan LBO dalam menjalankan bisnis.

Upaya ini berhubungan dengan Google sehingga bisa dikatakan Local Business Optimization (LBO) tidak jauh dari teknik optimasi SEO. Berikut beberapa langkahnya:

1. Menyiapkan Akun Google My Business

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memiliki akun Google My Business

Jika belum punya, Anda bisa membuatnya dulu dengan mengikuti langkah-langkahnya di artikel berjudul Langkah Mudah Daftar di Google My Business.

Google My Business atau GMB memainkan peran utama dalam local SEO sebagai salah satu upaya LBO.

Selain itu, cara ini juga menunjukkan kalau bisnis memang benar-benar ada dan dapat dideteksi oleh Google Maps Marketing.

Saat mengisi data pada akun Google My Business, Anda harus mengisi detail informasi bisnis secara lengkap dan akurat.

Jika perlu tambahkan foto dan video guna memudahkan calon pelanggan menemukan bisnis Anda dan tahu bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang nyata.

2. Mengoptimalkan Deskripsi Bisnis

Beberapa fitur Google My Business menyediakan kotak deskripsi bisnis.

Menu ini perlu Anda maksimalkan dengan menuliskan beberapa informasi dari produk atau bisnis yang Anda jalankan.

Tujuannya agar calon pelanggan mengetahui produk atau jasa apa yang Anda sediakan sebagai solusi yang bisa menyelesaikan masalah mereka atau memenuhi kebutuhan mereka.

Selain menuliskan deskripsi bisnis, bisa pula Anda cantumkan profil perusahaan, meliputi alamat lengkap dan jelas, nomor telepon, jam operasional bisnis, dan informasi lainnya.

Data yang lengkap dan detail dipercaya menjadi salah satu upaya dari Local Business Optimization yang cukup efektif dalam mengoptimalkan bisnis.

3. Memiliki Halaman Website Spesifik

Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan dalam menerapkan strategi Local Business Optimization adalah menyusun halaman website bisnis lebih spesifik.

Artinya, setiap halaman di dalam situs web diatur sebaik mungkin dan menjelaskan secara terperinci tentang layanan maupun produk bisnis Anda.

Website juga menjadi media pemasaran online yang efektif menjangkau lebih banyak calon pelanggan sekaligus meningkatkan keberadaan merek Anda.

Namun ingat, konten website sebaiknya memiliki struktur yang baik, topik bahasan lengkap dan tidak hanya berisi promosi produk saja, karena akan membuat pengunjung web bosan.

Sebaiknya, lengkapi juga situs web bisnis dengan halaman produk, landing page berkualitas baik dan menarik, navigasi yang jelas, dan sebagainya.

Jika belum yakin sudah lengkap atau belum informasi dalam situs web bisnis Anda, coba hubungi Kontak Redcomm, lalu tuliskan keraguan Anda tersebut dan permintaan untuk melakukan analisis atau audit website.

Redcomm Indonesia, sebagai digital marketing agency Jakarta, siap membantu pebisnis untuk bisa memiliki online presence yang bagus di dunia maya. Hal ini penting mengingat kebanyakan orang beraktivitasnya menggunakan media internet.

4. Memastikan URL Website Mengandung Keyword

Langkah LBO selanjutnya adalah memastikan URL website mengandung keyword.

Tujuannya agar Google dan calon pelanggan lebih mudah menemukan website Anda saat melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu di mesin pencari Google.

Selain itu, cara ini juga efektif meningkatkan traffic pengunjung yang datang ke situs web Anda.

Perlu Anda ingat, meningkatkan traffic website saja masih belum cukup untuk meraih performa website terbaik.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencapai target pengunjung dalam jumlah tertinggi sehingga berhasil menjadi calon pelanggan potensial.

Untuk itu, Anda harus terus mempromosikan website bisnis Anda dengan membagikannya di berbagai platform lain.

5. Memastikan Website Super Cepat

Terakhir, pastikan kinerja website Anda sudah diatur menggunakan fitur unggulan.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung situs membaca informasi di dalamnya dalam waktu cepat.

Banyak pengguna website meninggalkan web yang membutuhkan waktu loading lama.

Daripada harus menunggu hingga menghabiskan waktu, pengunjung biasanya akan mencari website lain. Jika hal ini terjadi, tentu akan sangat merugikan Anda.

Oleh karena itu, perhatikan performa dan kecepatan loading website agar calon pelanggan potensial tidak hilang begitu saja dan beralih ke kompetitor.

Local Business Optimization atau LBO dipercaya menjadi salah satu upaya pelaku bisnis dalam mengoptimalkan performa bisnisnya.

Strategi ini tidak jauh dari cara kerja Google sehingga kebanyakan langkahnya terpacu pada kinerja website bisnis yang Anda kelola. Lalu untuk selanjutnya, pahami juga tentang Cara Membangun Local SEO bagi yang Baru Pertama Melakukannya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER