Local Business Optimization atau LBO perlu Anda ketahui dan terapkan pada bisnis Anda guna mengoptimalkan performa bisnis sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu terjadinya pengembangan bisnis secara signifikan. Sebagai pebisnis, tentunya beberapa strategi ini harus dipelajari mulai dari proses produksi hingga pemasaran. Harapan berikutnya yang pasti ingin diwujudkan semua pebisnis adalah terjadinya peningkatan angka penjualan produk. Untuk itu, berikut ini 5 local business optimization yang perlu Anda lakukan untuk pengembangan bisnis

 

Beberapa Local Business Optimization yang Perlu Anda Terapkan pada Bisnis Anda

Baik sebagai pelaku bisnis berskala kecil maupun besar, Anda perlu menerapkan LBO dalam menjalankan bisnis. Upaya ini berhubungan dengan Google sehingga Local Business Optimization (LBO) bisa dikatakan tidak jauh dari teknik optimasi SEO. Berikut adalah beberapa langkahnya:

 

 

  1. Menyiapkan Akun Google My Business

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memiliki akun Google My Business. Hal ini memainkan peran utama dalam SEO lokal sebagai salah satu upaya LBO. Selain itu, cara ini juga menunjukkan bahwa bisnis tersebut memang benar-benar ada dan dapat dideteksi oleh Google Maps Marketing.

 

Dalam pengisian data di akun Google My Business, Anda perlu memastikan seluruh informasi yang tercantum di dalamnya sudah lengkap dan akurat. Jika perlu tambahkan gambar dan video guna memudahkan setiap calon pelanggan untuk menemukan bisnis Anda dan tahu bahwa bisnis Anda ini adalah bisnis yang nyata, bukan bisnis fiktif. 

 

  1. Mengoptimalkan Deskripsi Bisnis

Beberapa fitur yang tersedia tentu menyediakan adanya kotak deskripsi bisnis. Menu ini perlu Anda maksimalkan dengan menuliskan beberapa informasi dari produk atau bisnis yang Anda jalankan. Tujuannya, calon pelanggan Anda jadi tahu produk atau jasa apa yang Anda sediakan sebagai solusi yang bisa menyelesaikan masalah mereka atau yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. 

 

Menuliskan deskripsi bisnis, bisa pula dilengkapi dengan profil perusahaan, meliputi alamat lengkap dan jelas, nomor telepon, jam operasional bisnis, dan informasi lainnya yang mendukung. Data yang lengkap dan detail dipercaya menjadi salah satu upaya dari Local Business Optimization yang cukup efektif dalam mengoptimalkan bisnis.

 

 

  1. Memiliki Halaman Website Spesifik

Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan sebagai salah satu dari Local Business Optimization adalah menyusun halaman website lebih spesifik. Artinya, setiap halaman di dalam situs web diatur dengan sebaik mungkin dan bisa menjelaskan secara terperinci masing-masing layanan maupun produk yang disediakan oleh brand Anda.

 

Memanfaatkan keberadaan website juga menjadi salah satu media pemasaran online yang efektif guna menjangkau lebih banyak calon pelanggan sekaligus bisa meningkatkan keberadaan merek usaha Anda. Namun ingat, konten di dalam website sebaiknya tidak melulu berisi promosi produk saja. Nanti pengunjung web akan bosan. Sebaiknya, lengkapi pula dengan berbagai informasi yang relevan dengan produk dan layanan yang Anda sediakan. 

 

  1. Memastikan URL Website Mengandung Keyword

Langkah LBO selanjutnya adalah memastikan URL website mengandung keyword sehingga memudahkan Google untuk menemukannya, sekaligus juga mudah ditemukan oleh calon pelanggan yang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu di mesin pencari Google. Selain itu, cara ini juga dipercaya cukup efektif dalam meningkatkan traffic pengunjung yang datang ke situs web Anda.

 

Perlu Anda ingat, meningkatkan traffic website saja masih belum cukup untuk meraih performa website yang terbaik. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencapai target pengunjung dalam jumlah tertinggi sehingga berhasil menjadi calon pelanggan potensial. Untuk itu, ada harus terus melakukan promosi terkait website bisnis Anda dengan membagikannya di berbagai platform lain.

 

 

  1. Memastikan Website Super Cepat

Langkah terakhir, pastikan kinerja dari website sudah diatur menggunakan fitur unggulan. Hal ini diharapkan agar para pengunjung situs dapat lebih mudah untuk membaca informasi di dalamnya dalam waktu cepat.

 

Perlu Anda ketahui, banyak dari pengguna website akan meninggalkan web yang membutuhkan waktu loading lama. Daripada harus menunggu dan menghabiskan waktu, mereka biasanya memilih mencari website lain. Jika hal ini sampai terjadi, tentu akan sangat merugikan Anda. Oleh karena itu, perhatikan performa dan kecepatan website Anda agar calon pelanggan potensial tidak hilang begitu saja dan beralih ke kompetitor lainnya.

 

Local Business Optimization atau LBO dipercaya menjadi salah satu upaya bagi pelaku bisnis dalam mengoptimalkan performa bisnisnya. Strategi tersebut memang tidak jauh dari cara kerja Google sehingga kebanyakan langkahnya akan terpacu pada kinerja website bisnis yang sedang Anda kelola.