MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Threads Instagram: 10 Hal Penting yang Perlu Anda Tahu

06 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 9.318  
Social Media

redcomm

Threads Instagram adalah aplikasi dari Instagram yang memungkinkan kamu posting utas (threads), reply, dan mengikuti profil yang Anda minati. 

Threads dan reply dapat berupa teks pendek, tautan, foto, video, atau kombinasi dari semuanya. Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

10 Hal Penting Tentang Threads Instagram yang Wajib Anda Tahu

1. Cara Login Threads Instagram

Saat ini, Threads sudah bisa diakses di 100 negara oleh pengguna iOS dan Android. Untuk bisa menggunakan Threads Instagram, Anda perlu instal dulu aplikasinya dari Play Store untuk pengguna android dan di Apps Store untuk pengguna iOs.

Jika sudah, tinggal masuk menggunakan akun Instagram yang sudah Anda punya. Tanpa adanya akun Instagram, Anda tidak bisa login dan menggunakan Threads ya. Jangan lupa lakukan verifikasi terlebih dulu di Instagram. 

Setelah proses instalasi selesai dan sudah berhasil login ke Threads, Anda bisa membuat profil secara manual sesuai keinginan, atau bisa juga regenerate dari profil Instagram secara otomatis.

2. Anda yang Memutuskan Apa yang Muncul di Timeline

Penggunaan Threads dibatas hanya untuk pengguna yang sudah berusia di atas 16 tahun atau 18 tahun (untuk negara tertentu).

Begitu aplikasi utas buatan Instagram milikmu sudah terhubung dengan akun Instagram, Anda bisa memilih akun mana saja yang mau diikuti. 

Selain itu, Anda juga bisa menemukan lebih banyak orang dengan topik diskusi sesuai minat pada bagian timeline.

3. Post Threads Hingga 500 Karakter

Dalam satu kali post, Anda bisa membuat tulisan (teks) hingga 500 karakter. Lalu dalam post tersebut Anda bisa memasukkan links, foto, atau video dengan durasi kurang lebih 5 menit.

4. Fitur yang Tersedia

Sama halnya seperti Instagram, Threads juga memiliki fitur dukungan pembaca layar, deskripsi gambar yang dibuat AI, hingga fungsi pencarian yang lebih kuat berdasarkan preferensi dan trend secara real time.

Fitur sharing pun sudah tersedia sehingga Anda bisa lebih mudah berbagi post di Threads ke Instagram story maupun ke platform media sosial lainnya yang Anda gunakan.

5. Kontrol Penuh untuk Kenyamanan 

Demi menciptakan platform yang positif, produktif, dan lebih kreatif, tim Instagram menyediakan fitur pengaturan khusus terkait keamanan dan kenyamanan pengguna.

Dengan fitur ini, Anda bisa menyaring kata-kata yang masuk dalam reply untuk postingan di Threads Anda. Bahkan Anda bisa unfollow, membatasi, memblokir, atau melakukan profil di Threads yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Cara blokir akun di Threads Instagram: klik menu tiga titik di bagian atas kanan. Kemudian semua akun yang pernah Anda blokir di Instagram, akan otomatis terblokir juga di Threads.

6. Cara Posting di Threads

Threads adalah sesuatu yang Anda posting, bisa berupa teks, tautan, foto, video, atau kombinasi semuanya, yang muncul di profil Anda dan di feed

Untuk melakukan posting di Threads, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik posting di bagian bawah.
  • Langsung tulis apa yang ingin Anda tulis.
  • Sebelum posting tulisan di atas, Anda juga bisa melampirkan foto atau video dengan klik lampiran (tanda seperti paperclip).
  • Lampiran bisa sampai 10 item ya, ini jauh lebih banyak dibandingkan Twitter lho.
  • Jika ingin membuat utas berikutnya, klik Tambahkan Utas.
  • Setelah selesai, tinggal klik “Post”.

Jika akun Threads Anda statusnya publik, maka siapa pun bisa reply utas atau postingan yang Anda buat. Sementara jika hanya ingin berinteraksi dengan orang tertentu, tinggal mention orangnya atau lakukan pengaturan pembatasan audiens.

7. Cara Reply di Threads

Serupa dengan Twitter, kalau mau membalas atau menanggapi postingan tertentu tinggal klik Reply. Bedanya, balasan akan muncul di utas sekaligus di profil Anda dan bisa dibalas lagi oleh orang lain. 

Namun perhatikan, tidak semua reply dapat Anda lihat, terutama jika profil orang yang me-reply statusnya private dan Anda tidak follow mereka.

Prinsipnya, siapa saja yang bisa saling like, share, atau posting ulang utas bergantung pada pengaturan privasi di profil masing-masing. 


Nah, bagaimana? Sudahkah Anda mencoba Threads Instagram? Jika belum, yuk dicoba dulu. Siapa tahu Threads Instagram bisa jadi salah satu platform menjanjikan untuk menyelenggarakan social media marketing.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER