MENU
SEARCH KNOWLEDGE

13 Teknologi Terkini Berbasis IoT di Berbagai Industri

05 Jul  · 
4 min read
 · 
eye 64  
Technology

redcomm

Perkembangan Internet of Things (IoT) terus mengalami kemajuan pesat, menghadirkan inovasi yang semakin mempermudah kehidupan manusia di berbagai bidang. Berikut ini adalah beberapa teknologi terbaru yang memanfaatkan IoT, lengkap dengan penjelasan detail dan cara kerja masing-masing jenis teknologi.

Smart Home Devices

Smart Home Devices adalah perangkat pintar yang terhubung ke internet dan dirancang untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi energi di rumah Anda. 

Nah, beberapa perangkat smart home devices yang saat ini bisa Anda nikmati, antara lain:

1. Termostat Pintar

Thermostat pintar adalah perangkat yang mampu mengatur suhu ruangan secara otomatis berdasarkan preferensi Anda sebagai pemilik rumah dan kondisi lingkungan. 

Cara kerjanya melibatkan sensor suhu dan koneksi internet untuk mengumpulkan data tentang suhu dan kelembaban di dalam rumah. 

Thermostat ini belajar dari kebiasaan Anda dan menyesuaikan suhu secara otomatis untuk mengoptimalkan kenyamanan dan efisiensi energi. Misalnya, thermostat dapat menurunkan suhu saat rumah kosong dan menaikkannya menjelang Anda pulang, menghemat energi dan biaya listrik.

2. Kunci Pintu Otomatis

Kunci pintu otomatis memungkinkan Anda mengunci dan membuka pintu rumah dari jarak jauh menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan Wi-Fi atau bluetooth. 

Selain itu, kunci pintu pintar biasanya dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pengenalan sidik jari, kode akses sementara, dan notifikasi real-time jika pintu dibuka tanpa izin. Hal ini meningkatkan keamanan rumah dan memberikan kemudahan bagi penghuni rumah.

3. Sistem Keamanan Terintegrasi

Sistem keamanan pintar mencakup kamera pengawas, sensor gerak, dan alarm yang semuanya terhubung melalui jaringan internet. 

Kamera pengawas dapat diakses secara real-time melalui aplikasi di smartphone. Anda jadi bisa memantau rumah kapanpun Anda mau dan dari mana saja.

Umumnya sistem keamanan akan dilengkapi dengan sensor gerak yang dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan dan mengirimkan notifikasi langsung ke perangkat Anda, sementara alarm dapat diaktifkan secara otomatis jika ada pelanggaran keamanan. 

Terbayangkan kalau di setiap rumah di Indonesia memiliki sistem keamanan yang seperti ini, pastilah akan menciptakan kehidupan yang lebih menyenangkan, aman, dan tenang.

Wearable Technology

Wearable Technology adalah perangkat pintar yang dapat Anda kenakan di tubuh dan dirancang untuk memantau kesehatan, aktivitas fisik, bahkan bisa berfungsi sebagai alat komunikasi. 

Contoh jenis teknologi wearable dan cara kerjanya, antara lain:

1. Jam Tangan Pintar

Jam tangan pintar adalah salah satu perangkat wearable paling populer dan berguna untuk memantau kesehatan dan aktivitas Anda secara real-time.

Perangkat ini dilengkapi dengan sensor yang mengukur detak jantung, langkah kaki, pembakaran kalori, hingga memantau kualitas tidur. 

Semua data yang didapat bisa Anda pantau dari smartphone, sehingga Anda punya gambaran lengkap mengenai kondisi tubuh Anda setiap hari.

Fitur lain yang umumnya juga terdapat pada jam tangan pintar, seperti menerima notifikasi, panggilan, pesan, hingga menerima telepon (jika terhubung dengan earphone).

Cara kerja jam tangan pintar:

  • Tersedia sensor biometrik untuk mengukur detak jantung, kadar oksigen dalam darah, dan parameter kesehatan lainnya.
  • Konektivitas tinggi yang memungkinkan perangkat terhubung dengan smartphone maupun earphone melalui bluetooth atau Wi-Fi. Ini membuat Anda bisa mensinkronisasi data dan menerima notifikasi.

2. Pelacak Kebugaran

Perangkat wearable berikutnya ada pelacak kebugaran yang bisa membantu Anda memantau aktivitas fisik, seperti mengukur langkah kaki dan kalori yang terbakar, intensitas latihan, jarak tempuh, dan detak jantung. 

Beberapa pelacak kebugaran bahkan dilengkapi dengan fitur GPS untuk melacak lokasi dan rute latihan. Anda tinggal menghubungkannya dengan smartphone dan aplikasi tertentu untuk melakukan analisis data yang terkumpul dan mendapatkan saran latihan yang lebih efektif.

3. Kacamata Pintar

Kacamata pintar menggabungkan teknologi Augmented Reality (AR) dan konektivitas internet untuk memberikan informasi yang Anda butuhkan secara real-time. Beberapa fitur yang mendukung kerja kacamata pintar, antara lain:

  • Layar heads-up display (HUD) untuk menampilkan informasi di lensa kacamata, seperti notifikasi, peta, dan informasi lainnya. 
  • Kamera untuk mengambil foto dan merekam video sesuai perintah pengguna.
  • Mikrofon untuk kontrol suara sekaligus untuk memberi perintah suara berkaitan dengan navigasi dan kontrol fungsi.

Industrial IoT

Industrial IoT (IIoT) adalah penerapan teknologi Internet of Things dalam industri untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keamanan dalam proses produksi dan manajemen rantai pasokan. 

IIoT melibatkan penggunaan sensor, perangkat lunak, dan jaringan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari mesin dan proses industri secara real-time

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang mendukung Industrial IoT dan mulai banyak diaplikasikan ke berbagai industri, seperti:

1. Manufaktur Cerdas

Manufaktur cerdas adalah penerapan IIoT dalam proses produksi dan upaya pemantauan mesin-mesin industri. 

Dengan menggunakan sensor yang terhubung ke mesin-mesin produksi, data tentang kinerja mesin, suhu, getaran, dan kondisi lainnya dapat dikumpulkan secara real-time

Bahkan sensor pada mesin dapat mendeteksi masalah sebelum menjadi kerusakan serius, memungkinkan pemeliharaan prediktif, dan mengurangi risiko terjadinya downtime atau waktu henti.

Cara kerja manufaktur cerdas umumnya sebagai berikut:

  • Sensor dan aktuator dipasang pada mesin untuk mengukur berbagai parameter operasional.
  • Data dari sensor kemudian dikirim ke cloud melalui jaringan IoT.
  • Anda akan menerima seluruh data pada aplikasi yang sudah dilengkapi algoritma machine learning, sehingga dapat memprediksi kegagalan dan mengoptimalkan kinerja mesin.
  • Berdasarkan hasil analisis, Anda juga bisa melakukan penjadwalan pemeliharaan mesin sebelum terjadi kerusakan. Semakin dini Anda mengantisipasi kerusakan, Anda akan bisa menghemat biaya perbaikan mesin.

2. Pengelolaan Rantai Pasokan

IIoT juga diterapkan dalam pengelolaan rantai pasokan untuk meningkatkan visibilitas dan efisiensi logistik. 

Pemasangan sensor dan GPS pada kendaraan pengangkut dan kontainer pengiriman dapat melacak lokasi, kondisi barang selama pengiriman, hingga status pengiriman secara real-time

Memiliki data yang lengkap akan membantu Anda sebagai pemilik perusahaan manufaktur untuk mengelola inventaris dengan lebih baik, mengoptimalkan rute pengiriman, dan mengurangi keterlambatan. 

Beberapa brand penyedia teknologi IIoT juga sudah menggunakan teknologi Radio-Frequency Identification (RFID) yang berfungsi untuk melacak barang dari pabrik hingga ke tangan konsumen. 

Teknologi ini sudah tentu dapat meningkatkan transparansi dan akurasi dalam pengelolaan rantai pasokan.

3. Otomatisasi Proses Industri

Otomatisasi proses industri menggunakan IIoT untuk mengendalikan dan mengoptimalkan proses produksi secara otomatis. 

Sensor dan aktuator yang terhubung ke sistem kontrol dapat mengumpulkan data dan menyesuaikan parameter produksi. 

Misalnya, dalam industri kimia, sensor dapat memantau suhu dan tekanan reaktor, kemudian sistem kontrol dapat menyesuaikan input bahan kimia untuk memastikan kualitas produk yang konsisten.

Smart Cities

Smart Cities adalah konsep kota yang memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk mengelola infrastruktur dan layanan kota dengan lebih efisien, berkelanjutan, dan responsif terhadap kebutuhan warga.

Contoh teknologinya, seperti pengaturan lalu lintas, pengelolaan limbah, pencahayaan jalan menggunakan lampu LED yang bisa menyala otomatis.

Selain itu, juga untuk pengelolaan energi terbarukan dan pengurangan emisi karbon, hingga sistem air pintar di mana bisa mendeteksi kebocoran, mengukur konsumsi air, dan pengaturan tekanan air.

Healthcare IoT

Healthcare IoT adalah penerapan teknologi Internet of Things dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan kualitas perawatan, efisiensi operasional, dan kenyamanan pasien.

Teknologi yang saat ini sudah mulai digunakan di dunia, seperti pemantauan pasien jarak jauh, manajemen obat berbentuk dispenser, glucometer otomatis untuk memantau pasien diabetes, dan sebagainya.


Internet of Thing (IoT) terus berkembang dan melahirkan berbagai inovasi teknologi yang meningkatkan kualitas hidup manusia. Apakah bisnis Anda bergerak dalam salah bidang industri di atas dan membutuhkan digital campaign yang masif agar dikenal luas oleh masyarakat?

Jika iya, Anda bisa klik Kontak Redcomm dan mendiskusikannya dengan tim profesional dan berpengalaman yang sudah menyelenggarakan digital campaign untuk lebih dari 1000+ brand di Indonesia dan Asia.

Redcomm Indonesia adalah digital marketing agency & digital agency yang berkantor di Jakarta, Indonesia. Sebagai peraih predikat Digital Agency of the Year 6x sejak tahun 2018, Redcomm selalu sukses membantu brand memenangkan persaingan pasar lokal dan global karena 99% KPI dari klien bisa tercapai dengan baik.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER