MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Heboh! Data 337 Juta Warga RI Bocor! Siapa Pelakunya?

19 Jul  · 
0 min read
 · 
eye 1.242  
Social Media

redcomm

Informasi yang Terekam dalam Data Bocor

Data yang diduga bocor dari Dukcapil mencakup informasi sensitif seperti nama, NIK, nomor KK, tanggal lahir, alamat, nama orang tua, nomor akta lahir dan nikah, serta tanggal pencetakan KTP. Ini adalah informasi pribadi yang sangat berharga dan harus dijaga kerahasiaannya. Ironisnya, data yang bocor ini sebenarnya adalah data publik yang seharusnya tidak membahayakan masyarakat. Namun, dengan jatuhnya data ini ke tangan yang salah, masyarakat menjadi rentan terhadap penyalahgunaan informasi pribadi mereka. Hal ini menimbulkan keprihatinan yang besar terkait privasi dan keamanan data.

Pelaku Dugaan Pembocoran

Pelaku yang diduga bertanggung jawab atas pembocoran data 337 juta warga RI dari Dukcapil saat ini diketahui menggunakan akun dengan nama RRR. Identitas dan motif dari pelaku ini masih dalam proses penyelidikan oleh pihak berwenang.

Kabar Bocornya Data Paspor Juga Menyebar

Selain kabar bocornya data dari Dukcapil, kabar mengenai 34 juta data paspor warga RI yang diduga bocor dan diperjualbelikan juga menjadi sorotan. Untuk mengungkap kebenarannya, berbagai pihak, termasuk Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian serta Direktorat Intelijen Keimigrasian Ditjen Imigrasi, sedang melakukan investigasi bersama Kementerian Kominfo dan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara).

Data Biometrik Paspor Tidak Bocor

Berita baiknya, hasil penyelidikan sementara menunjukkan bahwa data biometrik paspor RI tidak bocor. Hal ini berarti data biometrik paspor dan data pendukung permohonan paspor tetap aman. Meski demikian, pihak berwenang terus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan kebenaran informasi ini dan melindungi keamanan data paspor warga RI.

Dalam kondisi yang penuh kekhawatiran ini, penting bagi kita semua untuk tetap waspada terhadap penggunaan data pribadi dan mengikuti perkembangan berita terkini. Keamanan dan privasi data pribadi harus diutamakan demi keamanan kita semua

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER