MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Maksimalkan Visibilitas di TikTok: Cara Menjangkau Lebih Banyak Penonton dengan TikTok Search

 · 
3 min read
 · 
eye 418  
Social Media

redcomm

TikTok memiliki 1,1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Itu setara dengan 25% dari pengguna internet aktif. 

Audiens yang terus berkembang ini memberikan peluang besar bagi bisnis untuk menjangkau audiens baru dan meningkatkan kesadaran merek.

Saat yang sama, cara konsumen mencari dan menemukan informasi sedang berubah. Mereka menggunakan TikTok sebagai mesin pencarian. 

Sebagai konsumen, kamu kemungkinan besar akan lebih mempercayai konten TikTok daripada konten dari hasil pencarian Google. 

Pelangganmu juga akan begitu, sebagian karena mereka dapat mengomentari video TikTok untuk bertanya dan mendapatkan jawaban dari orang sungguhan. 

Mengoptimalkan video di TikTok khusus untuk pencarian dan penemuan membantu merekmu mengembangkan kampanye video yang menghasilkan hasil dan menjangkau konsumen yang mencari produk atau layanan yang kamu sediakan.

Kamu ingin menjangkau lebih banyak audiens yang sesuai dengan targetmu di TikTok? Bingung cara membuat konten yang muncul di hasil pencarian TikTok?

Di artikel ini, kita akan membahas tentang TikTok search dan apa gunanya bagi para pemasar.

1. Tentukan pilar kontenmu dan lakukan riset

Langkah pertama dalam mengoptimalkan video TikTok untuk peringkat pencarian dan menjangkau audiens yang lebih luas adalah menentukan pilar kontenmu tema dan topik yang sering muncul dalam video kamu.

Jangan batasi pilar ini hanya pada produkmu. Luangkan waktu untuk mengembangkan pilar yang sejajar dengan minat dan niat pencarian target audiensmu.

Keterangannya menjaga agar kamu tetap berfokus untuk menarik perhatian penonton targetmu.

Setelah menentukan pilar kontenmu, lakukan riset untuk menemukan topik dan sudut pandang video yang memberikan nilai tambah kepada penonton berdasarkan minat dan pertanyaan pencarian mereka.

  • Cari Kata kunci dan frasa di search bar TikTok: Pertama, masukkan kata kunci atau frasa ke pencarian TikTok dan teliti video teratas dalam niche kamu. Identifikasi tren yang bisa kamu pelajari dan perhatikan video yang memiliki engagement dan shares tinggi. Kamu tidak ingin meniru video ini, tetapi kamu ingin menggunakannya sebagai inspirasi untuk kontenmu sendiri.
  • Tinjau Hasil "Others searched for": Bagian ini dari halaman hasil pencarian TikTok membantu kamu menemukan kata kunci tambahan yang relevan yang dicari pengguna TikTok.
  • Periksa TikTok Business Suite: Jika kamu memiliki akun bisnis TikTok, kamu memiliki akses untuk wawasan gratis dan berguna tentang video-video teratas bisnis lain, kata kunci yang sedang tren, dan hashtag.

Berdasarkan apa yang kamu pelajari dari riset ini, identifikasi celah konten yang bisa kamu isi dan cari cara untuk membedakan merekmu.

2. Buat konten TikTok-mu untuk ditemukan secara maksimal

Selanjutnya, gunakan teknik-teknik ini untuk membangun struktur video kamu agar mencapai jangkauan dan kesadaran merek yang optimal.

Mulai dengan hook: Di beberapa detik awal video, jelas menyatakan topik atau bagikan fakta menarik terkait topikmu untuk menarik dan mempertahankan perhatian penonton. Hook adalah tempat yang bagus untuk menyertakan kata kunci. 

Kamu memberi tahu penontonmu tentang apa isi video ini, tetapi kamu juga memberi tahu algoritma TikTok tentang apa isi video ini dan untuk siapa.

Berikan nilai di dalam video: Inilah tempat kamu memberikan nilai kepada penontonmu. Semakin dalam nilai yang kamu berikan, semakin besar kepercayaan yang kamu bangun dengan penontonmu

Tujuanmu adalah membuat penonton tetap menonton hingga akhir video kamu karena itu adalah sinyal kepada TikTok bahwa mereka harus mempromosikan video kamu ke lebih banyak orang. 

Jadi, bersikap teliti, tetapi jangan terlalu panjang. Fokus pada nilai daripada durasi tertentu. Banyak video 30 detik tampil baik dengan menyediakan informasi yang berguna tanpa terlalu lama.

Akhiri dengan CTA. Sekitar setengah dari video kamu harus mencakup Call to Action  (CTA). Memegang angka 50% membuat kontenmu tidak terlihat seperti penjualan. 

Untuk setiap video yang dirancang untuk membantu mencapai tujuan tertentu, katakan kepada penontonmu apa yang kamu inginkan dari mereka dengan menggunakan CTA yang jelas di akhir. 

Misalnya, "Ikuti kami untuk tips lebih lanjut," "Simpan video ini agar bisa kamu temukan nanti," atau "Bagikan ini dengan temanmu!"

CTA kamu tidak selalu harus menjadi dorongan untuk membeli. Memiliki video kamu dibagikan dan/atau disimpan mengirim sinyal berharga kepada algoritma TikTok yang dapat meningkatkan keterlihatan.

3. Optimalkan video kamu untuk ditemukan secara maksimal

Akhirnya, optimalkan video baru yang kamu buat untuk pencarian dengan mengikuti praktik-praktik teruji ini:

Buat judul teks: Pikirkan tentang kata kunci yang memperkuat hook kamu dan tambahkan judul berfokus kata kunci di awal video kamu, misalnya, "3 Tips Orang Tua untuk Balita 5 Tahun." Kemudian, optimalkan dengan menetapkan durasi overlay selama 4 - 5 detik agar penonton punya waktu untuk membacanya dan mendaftarkannya.

Tambahkan judul ke keterangan: Keterangan tertulis di bawah video kamu adalah kesempatan lain untuk berkomunikasi tentang topik video kamu kepada penonton dan algoritma. Gunakan kata kunci yang menarik, tambahkan emoji untuk menarik perhatian, dan secara strategis kapitalkan kata-kata seperti "TERBAIK" untuk menekankan.

Sertakan hashtag: Tujuannya adalah menyertakan 4 - 6 hashtag relevan di keteranganmu, pastikan yang pertama berkaitan erat dengan topik video kamu. Isilah hashtag lainnya, dan pastikan salah satunya adalah hashtag merekmu agar orang yang mencari merekmu melihat video kamu.

4. Optimalkan konten yang telah diposting sebelumnya

Terkadang, video yang bagus terhambat oleh detail terkecil. Jika suatu video tidak berkinerja baik, kamu dapat memperbarui judul, keterangan, dan hashtag tanpa mengunggah versi baru.

Bagaimana jika kamu ingin melakukan pengeditan video atau menggunakan ulang video? 

Menggunakan alat pengeditan seperti CapCut memungkinkan kamu menyimpan file asli kamu. Kemudian, kamu dapat dengan mudah membuat versi baru dari video kamu.

Berikut adalah beberapa tweak yang bisa kamu coba:

  • Mengubah overlay teks
  • Menyesuaikan judul keterangan
  • Mencoba hashtag yang berbeda
  • Mempercepat suara latar
  • Satu dari perubahan kecil ini bisa signifikan meningkatkan tampilan dan menyebabkan lebih banyak orang menemukan video kamu.

Lalu agar memaksimalkan tingkat keberhasilan promosi yang kamu lakukan di TikTok, tidak ada salahnya menghindari berbagai kesalahan yang mungkin terjadi. Cek di sini 3 Kesalahan Promosi di TikTok yang Harus Anda Hindari.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER