Bisnis yang Anda jalankan saat ini tentu memerlukan strategi yang tepat. Salah satu strategi yang bisa Anda coba terapkan adalah strategi Customer Relationship Management (CRM). Strategi CRM sangat penting karena strategi CRM ini dapat mengatur siapa, bagaimana, apa, mengapa, dan di mana, terbangun interaksi antara bisnis Anda dengan klien.

 

Sebelumnya, Anda pasti sudah tahu istilah dasar CRM, contoh penggunaan CRM dan loyalty program, dan sebagainya. Maka kali ini, Redcomm Knowledge akan berbagi 10 contoh penerapan strategi CRM terbaik tahun 2021.

 

10 Cara Terbaik Penerapan Strategi CRM yang Bisa Anda Coba di Tahun 2021

 

 

  1. Interaksi Pelanggan dan Pelacakan Perilaku

Anda dapat membuat database tentang pelanggan untuk mempelajari bagaimana, kapan, dan di mana mereka berinteraksi mengenai produk Anda. Software CRM dapat membantu Anda untuk mengenal pelanggan berdasarkan perilaku mereka dalam berbelanja, mulai dari pesanan produk, produk yang sering dilihat, total pembelanjaan terhadap produk, dan juga Anda dapat mengetahui bagaimana preferensi yang mereka inginkan.

 

  1. Program Loyalitas dan Penghargaan Pelanggan

Usahakan menyediakan program loyalitas dan memberikan penghargaan kepada pelanggan setia Anda. Dengan menggunakan software CRM, akan membantu Anda untuk mendorong loyalitas pelanggan terhadap bisnis. 

 

Anda bisa memberikan hadiah kepada pelanggan terbaik dalam bentuk diskon atau penawaran khusus yang disesuaikan dengan preferensi mereka. Dengan cara ini, pelanggan jadi semakin mengingat brand Anda sebagai bisnis yang sangat loyal terhadap pelanggan. Ini juga bisa menjadi pendorong yang membuat mereka melakukan transaksi pembelian secara berulang.

 

  1. Pemasaran yang Disesuaikan dan Memiliki Target

Jika Anda melakukan pemasaran produk pada audiens yang kurang tepat, tentu akan mempengaruhi bisnis Anda di kemudian hari. Maka, penting menyesuaikan strategi pemasaran dengan target audiens. Anda dapat melakukan beberapa hal penting agar dapat menjangkau tipe audiens yang tepat untuk bisnis Anda, di antaranya:

 

  • Personalisasikan email marketing dengan menggunakan subjek yang menarik. Sertakan nama dan tambahkan kesan personal agar audiens lebih tertarik dengan tawaran Anda.
  • Segmentasikan pelanggan menurut demografis, riwayat pembelian, dan preferensi pribadi. Hal ini bisa lebih memudahkan Anda dalam mengirimkan pesan ke pelanggan yang tepat.
  • Berikan penawaran yang lebih spesifik dan jangan bertele-tele.
  • Berikan kemudahan untuk berhenti berlangganan. Cara ini sebenarnya membantu Anda lebih mudah menemukan pelanggan yang bisa menjadi target dan menghindari pesan Anda menjadi pesan spam bagi sebagian orang.

 

  1. Pembersihan dan Duplikasi Data

Usahakan melakukan audit rutin dan pembersihan database pelanggan untuk menghindari kesalahan dan memastikan integritas dan relevansi data. Dengan software CRM, Anda dapat dengan mudah melakukan hal ini. Aplikasi CRM juga akan sangat membantu Anda membersihkan database yang tidak sesuai sehingga data yang tersedia lebih akurat.

 

 

  1. Sistem Laporan yang Lebih Akurat

Manfaatkan software CRM untuk menghasilkan laporan internal dan eksternal tentang basis pelanggan serta pencapaian keberhasilan bisnis. Dengan sistem laporan yang akurat, Anda bisa meningkatkan kredibilitas serta transparansi di mata pemangku kepentingan, seperti stakeholder, pemegang saham, auditor, juga media. Anda dapat memberikan mereka tampilan yang akurat dan tersegmentasi dari seluruh basis pelanggan. Pastikan laporan yang Anda buat mudah dipahami, data lengkap dan detail, serta rapi.

 

  1. Identifikasi Hubungan Pelanggan

Penerapan strategi CRM terbaik tahun 2021 seharusnya dapat memudahkan Anda dalam melakukan identifikasi hubungan antara bisnis Anda dengan pelanggan. Anda dapat mengembangkan pemahaman sekaligus membangun hubungan profesional dan pribadi dengan klien sebagai salah satu cara memperlancar penerapan strategi penjualan. Tak bisa dipungkiri, pelanggan yang banyak melakukan pembelian adalah pelanggan yang merasa nyaman berbisnis dengan Anda. 

 

  1. Integrasi Tim Layanan Pelanggan

Dengan menggunakan sistem CRM, Anda dapat dengan mudah mengintegrasi tim layanan pelanggan. Sistem CRM memiliki fitur yang bisa mengintegrasikan seluruh data sesuai pengaturan dan kebutuhan Anda, termasuk data keberhasilan tim pemasaran dan divisi terkait lainnya. 

 

Selain itu, penerapan strategi CRM yang tepat bisa membuat Anda dengan cepat mengetahui ketika terjadi masalah, sehingga bisa segera mencarikan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

 

Prinsip dasarnya, ketika ada pelanggan yang mengeluh atau kecewa terkait layanan maupun produk bisnis Anda, tim layanan pelanggan bisa dengan cepat menangani keluhan dari pelanggan. Tentu ini akan menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda di mata pelanggan.

 

  1. Pembuatan Konten Berkualitas

Apapun yang Anda lakukan untuk pengembangan bisnis, tetap kebutuhan akan konten yang berkualitas tak bisa diabaikan. Dengan konten yang unik, Anda berhasil menawarkan sesuatu yang tentunya tidak akan didapatkan oleh pengguna di tempat lain ataupun kompetitor bisnis Anda. Jangan lupa, cari tahu pula mengenai customer journey untuk menentukan konten yang tepat.

 

Anda bisa membuat konten yang orisinal dalam bentuk video marketing, infografis, whitepaper, ataupun tutorial. Anda juga perlu menyajikan konten yang menghibur dan bersifat informatif. Setelah Anda membuat konten yang unik, tinjau secara berkala mengenai kinerja konten tersebut dan dampaknya bagi bisnis Anda. 

 

  1. Pemberdayaan dan Otonomi Karyawan

Gunakan software CRM untuk memberdayakan tim Anda dengan cara memudahkan mereka mengakses data dan meningkatkan koordinasi yang lebih baik lagi. Cara ini, akan mendorong produktivitas karyawan serta dapat meningkatkan pemberdayaan karyawan yang ada di perusahaan. Tentu kedepannya, kolaborasi tim yang solid dan lebih efisien, berdampak positif terhadap perkembangan kinerja perusahaan secara keseluruhan. 

 

Pemberdayaan dan otonomi karyawan masuk dalam penerapan strategi CRM terbaik tahun 2021 mengingat peran setiap karyawan di dalam perusahaan. Cara ini akan membuat karyawan jadi lebih bertanggung jawab, mandiri, serta percaya diri karena mereka diberikan kebebasan untuk menggunakan alat dan data CRM demi pengambilan keputusan yang lebih baik agar kesuksesan bisnis dapat terwujud.

 

 

  1. Temukan Inspirasi dari Brand Besar

Utamakan untuk mengundang partisipasi pelanggan sebagai bagian terpenting dari strategi CRM terbaik yang Anda lakukan. Saat proses pembayaran berlangsung, Anda harus tetap mengedepankan interaksi dengan pelanggan. Tujuannya, agar mereka dapat terdorong untuk menjadi pelanggan tetap yang melakukan pembelian produk Anda secara rutin

 

Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda memberikan penawaran lebih lanjut mengenai produk yang pelanggan Anda masukkan di keranjang, misalnya voucher diskon, harga khusus, dan sebagainya, sehingga mereka terdorong untuk langsung melakukan pembelian tanpa perlu banyak pertimbangan lagi. Ini merupakan strategi yang sudah banyak dilakukan oleh brand-brand besar..

 

Demikian 10 contoh penerapan strategi CRM terbaik tahun 2021. Anda dapat menerapkan semua strategi CRM di atas agar bisa mengembangkan bisnis Anda untuk memberikan peningkatan pada penjualan. Jika membutuhkan bantuan, saran, maupun diskusi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi digital marketing agency Jakarta yang berpengalaman dalam penerapan strategi CRM dan digital marketing lainnya. Langsung saja klik kontak ini.