Saat terjun ke dunia bisnis online maupun offline, Anda tentu tidak bisa menghindari yang namanya kompetitor. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan analisis kompetitor agar bisa mengatur langkah bisnis Anda dengan baik dan efisien. Dengan melakukan analisis kompetitor secara rutin, Anda juga dapat menemukan peluang dan target baru yang akan dicapai.

 

Menganalisis kompetitor adalah langkah awal yang harus Anda lakukan saat baru memulai bisnis. Anda jadi tahu langkah apa saja yang diambil kompetitor dalam menjalankan bisnisnya. Di saat yang sama, Anda pun jadi bisa lebih terarah dan terstruktur dalam menyusun dan merancang strategis bisnis Anda sendiri untuk mengembangkan bisnis.

 

Tools Analisis Kompetitor yang Penting untuk Anda Ketahui

Di era serba digital, di mana teknologi sudah sedemikian maju, ada banyak kemudahan yang tersedia dan bisa Anda manfaatkan untuk dapat menganalisis bisnis yang dimiliki oleh kompetitor. Anda tidak perlu repot melakukannya secara manual. Ini hanya akan membuang waktu Anda saja. Saat ini, ada banyak tools yang bisa Anda optimalkan untuk menganalisis para pesaing bisnis Anda. Apa saja tools analisis kompetitor yang wajib Anda gunakan?

 

 

  1. Pi Datametrics

Dengan menggunakan Pi Datametrics, Anda bisa melakukan banyak hal untuk menganalisis kompetitor Anda. Berikut beberapa fitur yang bisa Anda gunakan pada tool ini, seperti mengukur dampak sebuah brand atau produknya, bahkan bisa mengetahui jenis produk yang tersedia.

 

Di saat yang sama, Anda bisa menganalisis tren yang muncul. Jika Anda terbiasa mengamati tren, akan mudah bagi Anda untuk memprediksi tren konten berikutnya. Selain itu, Anda juga dapat mengatur waktu campaign agar sesuai kebutuhan konsumen, dan melakukan analisis terkait kinerja bisnis Anda terhadap pesaing setelah melakukan sebuah campaign

 

Pi Datametrics adalah solusi teknologi pemasaran yang menggabungkan perangkat lunak industri terkemuka, data yang akurat, dan keahlian pengguna dalam menggunakan tools ini. Dengan menggunakan perangkat ini, Anda bisa meningkatkan visibilitas pasar secara signifikan dan mendorong terjadinya lebih banyak penjualan. 

 

  1. Kompyte

Kompyte adalah perangkat lunak untuk menganalisis kompetitor, mulai dari strategi dan pergerakan pesaing bisnis Anda, hingga bisa mengetahui berbagai data terkait campaign yang mereka jalankan. 

 

Tool ini dapat Anda gunakan secara berbayar maupun gratis selama 14 hari. Ada beberapa fitur yang bisa Anda maksimalkan pada tool ini, seperti membandingkan traffic kompetitor dengan traffic web bisnis Anda, mengetahui perilaku pengunjung, mendapatkan data peringkat pencarian dan kata kunci yang tepat, bahkan dapat mengetahui metrik berbagai macam situs web serta iklan berbayar yang mereka gunakan.

 

  1. SimilarWeb

SimilarWeb merupakan tools untuk mendapatkan data popularitas sebuah website. Dengan tool ini, Anda bisa membandingkan situs Anda dengan situs kompetitor. Selain itu, dengan menggunakan SimilarWeb, Anda tidak hanya bisa melihat kondisi web kompetitor, tetapi bisa digunakan untuk link building. SimilarWeb menyediakan banyak daftar situs yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan peringkat dan score SEO Anda. Peningkatan SEO tentu menjadi bagian yang sangat penting agar Anda bisa bersaing dengan kompetitor.

 

 

  1. Searchmetrics

Searchmetrics merupakan salah satu tool yang menunjukkan seberapa baik peringkat sebuah domain. Anda dapat dengan mudah memasukkan beberapa kompetitor Anda dan melihat bagaimana kinerja domain website mereka. Tool yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar ini, juga memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan skor visibilitas SEO.

 

  1. Prisync

Prisync bisa Anda gunakan untuk melacak sekaligus menganalisis harga pesaing, juga mengetahui stok yang tersedia secara otomatis melalui dashboard web ataupun email. Tool ini sangat direkomendasikan bagi pemilik e-commerce agar bisa memantau harga pasar berbagai produk. 

 

Memantau pangsa pasar global untuk jutaan produk secara manual tentu menghabiskan banyak waktu. Sementara menggunakan Prisync, tugas Anda dalam melakukan analisis kompetitor menjadi lebih ringan, mengingat perangkat lunak ini mudah digunakan. Anda hanya perlu memasukkan produk Anda ke dalam akun Prisync, kemudian Anda akan mendapatkan perbandingan harga produk tersebut. Nah selanjutnya, Anda tinggal import saja data yang didapat sehingga bisa diunduh dalam bentuk CSV atau file Excel.

 

 

  1. Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu tools analisis SEO off-page dan kata kunci terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis kompetitor. Pada tools ini Anda dapat menggunakan fitur berikut ini:

 

  • Mudah melihat peringkat kompetitor dan berapa banyak traffic organik yang mereka dapatkan.
  • Dapat melihat konten kompetitor yang memiliki peminat yang banyak dan melacak kata kunci tertentu dari waktu ke waktu.
  • Membandingkan domain agar Anda dapat melihat celah konten.
  • Melihat di mana saja kompetitor Anda menanam backlink serta dapat mempelajari kualitas backlink yang mengarah ke situs web.

 

  1. Moz

Moz merupakan salah satu tools yang paling populer saat ini. Banyak orang menggunakan Moz untuk melihat Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) sebuah website. Memeriksa dan mengetahui DA pada website sangat penting karena DA menjadi salah satu measurement popularitas website secara off-page. Jika Anda ingin melihat bagaimana DA dan PA kompetitor bisnis Anda, maka Anda bisa menggunakan tool ini.

 

Itulah beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis kompetitor. Menjalankan bisnis memang penuh tantangan tersendiri, maka hal yang perlu Anda persiapkan dalam menghadapi segala tantangan adalah dengan belajar banyak hal dan mengikuti perkembangan yang sedang terjadi. Jika Anda ingin bisnis Anda semakin maju, mulailah memanfaatkan tools analisis kompetitor di atas.

 

Selain mengetahui tentang tools analisis kompetitor, sebenarnya ada cara lain yang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui dan mempelajari strategi kompetitor. Salah satunya, menjalin kerja sama dengan digital agency Jakarta yang memiliki tenaga profesional berpengalaman untuk membantu memudahkan pekerjaan Anda.