MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Meta Meluncurkan Alat AI Generatif untuk WhatsApp, Messenger & Instagram; Merencanakan Hackathon Internal

21 Jun  · 
2 min read
 · 
eye 882  
Technology

redcomm

Meta, perusahaan di balik platform media sosial terkenal seperti Facebook, telah mengumumkan peluncuran alat AI generatif baru yang ditujukan untuk produk konsumen, termasuk Instagram, WhatsApp, dan Messenger, serta beberapa alat yang akan digunakan secara internal di dalam perusahaan. 

CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengungkapkan beberapa teknologi AI yang sedang dikembangkan dalam pertemuan all-hands terbaru. Ini termasuk pengembangan chatbot AI untuk Messenger dan WhatsApp, stiker AI, serta alat pengeditan foto di Instagram Stories. Selain itu, Meta juga mengumumkan produk internal khusus seperti asisten produktivitas AI dan antarmuka eksperimental untuk berinteraksi dengan agen AI yang didukung oleh model bahasa Meta yang besar, LLaMA.

Mengumumkan Rencana Hackathon Internal dengan Fokus pada AI Generatif

Meta mengumumkan rencana untuk mengadakan hackathon internal di bulan Juli dengan fokus pada pengembangan AI generatif. Acara ini diharapkan dapat menghasilkan pengembangan produk AI baru yang kemudian dapat diperkenalkan kepada pengguna Meta.

Pengumuman ini sesuai dengan komentar Zuckerberg saat presentasi hasil keuangan Q1 Meta, di mana ia menyebutkan bahwa perusahaan sedang mengeksplorasi cara menerapkan teknologi AI baru dalam produk yang mencapai miliaran pengguna di seluruh dunia.

Membawa AI Generatif ke Pengeditan Foto dan Stiker di Messenger dan Instagram

Meta juga berencana menghadirkan stiker AI di Messenger yang dapat dihasilkan dari perintah teks. Proyek lainnya yang masih dalam tahap pengujian internal akan memungkinkan pengguna untuk memberikan petunjuk tentang bagaimana mengedit foto yang akan mereka unggah di Instagram Stories.

Zuckerberg Mengungkap Rencana Meta untuk Pengembangan AI di WhatsApp, Messenger, dan Media Sosial

Selama panggilan dengan investor, Zuckerberg pertama kali mengindikasikan rencana Meta untuk mengeksplorasi pengalaman obrolan di WhatsApp dan Messenger, serta alat pembuatan visual untuk posting media sosial di Facebook dan Instagram. Dalam kolaborasinya dengan Ahmad Al-Dahle, VP of Engineering, Generative AI di Meta, Zuckerberg memberikan informasi lebih lanjut tentang proyek ini selama pertemuan.

Meskipun Meta berencana untuk pertama kalinya meluncurkan agen AI-nya di Messenger dan WhatsApp, Zuckerberg membayangkan potensi yang lebih luas untuk teknologi ini, termasuk kemungkinan mengembangkan kacamata pintar. Dalam skenario ini, pengguna dapat mengenakan kacamata pintar, mirip dengan Cerita Ray-Ban Meta, untuk berinteraksi dengan agen AI melalui suara.

Menggunakan AI Generatif untuk Pengembangan Internal

Selain itu, pertemuan tersebut menyoroti bagaimana Meta memanfaatkan AI generatif untuk keperluan internal. Ini termasuk antarmuka eksperimental khusus internal ke "taman bermain agen" yang didukung oleh LLaMA, yang memungkinkan karyawan Meta untuk berinteraksi dengan agen AI dan memberikan umpan balik guna meningkatkan sistem. Meta saat ini bekerja sama dengan MetaGen, yang menyediakan API untuk model pembuatan teks dan gambar Meta untuk penggunaan eksperimental dan pembuatan prototipe. Selain itu, sedang dikembangkan juga Metamate, asisten produktivitas internal yang didorong oleh permintaan teks pengguna, untuk membantu karyawan dalam berbagai tugas.

Meta Menjanjikan Alat AI Generatif untuk Konsumen dalam Waktu Singkat

Seorang juru bicara Meta telah mengkonfirmasi kepada TechCrunch bahwa alat-alat awal perusahaan yang menghadap konsumen akan tersedia tahun ini, kemungkinan dalam beberapa bulan mendatang.

Zuckerberg menunjukkan optimisme dalam presentasinya, mengatakan, "Pada tahun lalu, kami telah melihat terobosan yang sangat luar biasa dalam AI generatif. Ini memberi kami kesempatan untuk sekarang mengambil teknologi tersebut, mendorongnya maju, dan membangunnya ke dalam setiap produk kami." Ia juga menekankan peran unik Meta dalam industri ini, karena Meta siap menghadirkan kemampuan ini kepada miliaran orang dengan cara yang tidak tertandingi.

Terutama, platform tanpa kode AppMaster menawarkan serangkaian alat yang mengesankan untuk membuat aplikasi web, seluler, dan backend. Hal ini dapat menjadi sumber daya yang berharga bagi perusahaan seperti Meta yang ingin dengan cepat dan efisien memanfaatkan AI dan teknologi canggih lainnya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER