WhatsApp adalah aplikasi yang memiliki banyak pengguna, bahkan hingga saat ini sudah diunduh lebih dari lima miliar kali di Google Play Store.
WhatsApp adalah aplikasi yang memiliki banyak pengguna, bahkan hingga saat ini sudah diunduh lebih dari lima miliar kali di Google Play Store.
Dengan jumlah pengguna yang sangat besar, WhatsApp membuka peluang yang sangat luas bagi siapa pun untuk mengembangkan bisnis. Terutama kalau Anda ingin menerapkan strategi WhatsApp marketing.
Untuk mendukung hal tersebut, WhatsApp bahkan menyediakan berbagai fitur unik yang bisa membantu Anda mengelola bisnis di WhatsApp Bisnis. Apa saja fitur tersebut? Cek langsung di bawah ini.
WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang sudah seharusnya Anda miliki kalau ingin memberikan pelayanan profesional kepada calon pelanggan.
Untuk bisa menggunakan berbagai fitur di WhatsApp Bisnis, Anda perlu terlebih dahulu mengubah pengaturan aplikasi WhatsApp biasa menjadi WhatsApp Bisnis.
Caranya, klik tanda titik tiga di pojok kanan atas pada homepage WhatsApp Business. Lalu pilih menu Fitur Bisnis.
Jika sudah, baru Anda bisa mencoba menggunakan berbagai fitur di WhatsApp Bisnis yang sudah terbukti membantu banyak pengusaha UKM dan UMKM mengelola bisnis online mereka.
Penasaran apa saja fitur di WhatsApp yang bisa Anda gunakan untuk mengelola bisnis? Berikut ulasan lengkapnya.
Sesuai namanya, fitur ini berguna untuk membalas atau mengirim pesan kepada pelanggan secara otomatis.
Bahkan ketika Anda sedang offline pun Anda tetap bisa memberikan informasi tertentu kepada pelanggan yang mengirimkan pesan ke WhatsApp Bisnis Anda.
Fitur pengiriman pesan otomatis yang dimiliki WhatsApp Bisnis terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:
Fitur ini memungkinkan Anda mengatur pesan balasan di luar jam kerja. Misalnya jam kerja usaha online Anda antara jam 8 pagi hingga jam 5 sore.
Setelahnya, Anda kemungkinan melakukan hal lain dan tidak melulu online menjalankan bisnis. Nah, Anda tinggal melakukan pengaturan pada bagian pengiriman pesan, seperti:
Intinya, isi pesan bisa Anda atur sendiri sesuai dengan kebutuhan. Lalu ketika ada pelanggan yang menghubungi WhatsApp Bisnis di luar jam kerja, maka pesan jawaban yang sudah Anda atur akan terkirim secara otomatis.
Fitur ini secara otomatis mengirimkan pesan setiap bisnis Anda menerima chat dari nomor baru.
Selain itu, pesan ini juga bisa dikirim kepada pelanggan yang 14 hari tidak aktif melakukan interaksi sebagai salah satu bentuk memancing kembali agar pelanggan menghubungi Anda lagi.
Fitur balas cepat adalah fitur membuat pintasan chat yang sering Anda gunakan. Ada dua pilihan balas cepat, yaitu isi pesan dan pintasan.
Sebagai contoh, kolom Pesan diisi “Terima kasih sudah menghubungi toko kami, semoga bisa bekerja sama di lain waktu,” dan kolom Pintasan diisi “Terima kasih”.
Dengan menggunakan fitur pintasan yang tersedia, setiap kali mengetik terima kasih, maka otomatis muncul pesan seperti yang sudah diatur sebelumnya.
Fitur ini jelas sangat membantu menghemat waktu Anda dalam memberi pelayanan terbaik bagi pelanggan. Anda jadi tidak perlu mengetikkan hal yang sama secara berulang.
Fitur kode QR tersedia untuk memudahkan pengguna dalam menjalankan bisnis. Jika sebelumnya Anda perlu mengetik nomor telepon setiap kali ingin menambahkan akun WhatsApp Bisnis.
Maka adanya fitur Kode QR ini, Anda cukup satu kali saja melakukannya, yaitu memindai kode QR di jendela produk, kemasan produk, atau tanda terima belanja, sebelum akhirnya bisa memulai obrolan dengan pelanggan.
Untuk pengguna WhatsApp Bisnis, kode QR dapat diperoleh dengan cara:
Kode ini dapat Anda bagikan kepada kontak atau calon pelanggan agar mereka jadi lebih mudah saat ingin menghubungi Anda.
Selain kode QR, Anda juga dapat membuat tautan untuk seluruh katalog atau setiap produk yang dijual.
Tautan atau URL ini dapat Anda bagikan di situs bisnis, atau saluran lain di Facebook dan Instagram milik bisnis Anda.
Jadi, ketika ada pelanggan atau calon pembeli ingin memberikan katalog kepada teman dan keluarga mereka dengan maksud mempromosikan produk Anda, cukup salin tautan dan kirimkan melalui WhatsApp atau media lain.
Memanfaatkan WhatsApp untuk melakukan promosi seperti ini dikenal dengan istilah WhatsApp marketing.
Fitur Label pada WhatsApp Bisnis berfungsi untuk mengelompokkan atau menetapkan kategori percakapan berdasarkan kriteria tertentu. Tujuannya untuk memudahkan Anda melakukan follow up secara tepat kepada pelanggan.
Beberapa pilihan label yang tersedia: pelanggan baru, pemesanan baru, pending payment, pelanggan yang telah melakukan pembayaran, hingga pemesanan selesai.
Fitur unik di WhatsApp Bisnis ini sangat memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola pelanggan serta dapat pula membantu Anda dalam membuat laporan bulanan.
WhatsApp juga menyediakan paket stiker untuk pengguna WhatsApp Bisnis dalam bentuk stiker “Bisnis Kami Terbuka”.
Stiker ini tersedia bagi lebih dari dua miliar pengguna global dan 50 juta pengguna WhatsApp Bisnis.
Paket stiker ini sesuai dengan tema bisnis dan jual beli, misalnya ada stiker untuk Free Shipping atau Already Transferred. Khusus untuk pengguna Indonesia, paket stiker ini merupakan karya dua seniman lokal asal Yogyakarta, yaitu TEMPA.
Demikianlah sedikit ringkasan mengenai lima fitur di WhatsApp Bisnis yang dapat membantu Anda menjalankan usaha online dengan lebih efektif dan efisien.
Selain berbagai fitur WhatsApp Bisnis di atas, ada juga lho fitur baru lainnya, yaitu WhatsApp Channels, bahkan WhatsApp bisa share status langsung ke Instagram.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC