WhatsApp adalah aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Aplikasi pengiriman pesan singkat ini telah diunduh lebih dari lima miliar kali di Google Playstore. Dengan jumlah pengguna yang sangat besar jelas merupakan kesempatan yang bagus bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Caranya, dengan menerapkan digital marketing strategy menggunakan WhatsApp. Untuk itu, Anda perlu mengetahui berbagai fitur unik di WhatsApp Bisnis yang membantu Anda mengelola bisnis. 

 

Sejumlah Fitur Unik di WhatsApp Bisnis

WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi yang sudah seharusnya dimiliki oleh pemilik usaha yang ingin memberikan pelayanan profesional kepada calon pelanggan. Untuk bisa menggunakan berbagai fitur unik di WhatsApp Bisnis, tentu Anda perlu terlebih dahulu mengubah pengaturan aplikasi WhatsApp Anda menjadi WhatsApp Bisnis. 

 

 

Caranya, Anda hanya perlu klik tanda titik tiga di pojok kanan atas pada homepage WhatsApp Business. Lalu pilih menu Fitur Bisnis. Jika sudah, baru Anda bisa mencoba menggunakan berbagai fitur unik di WhatsApp bisnis yang sudah terbukti membantu banyak pengusaha UKM dan UMKM mengelola bisnis online mereka.

 

Penasaran dengan fitur unik di WhatsApp Bisnis tersebut? Berikut uraian selengkapnya.

 

  1. Pengiriman Pesan Otomatis

Sesuai namanya, fitur ini berguna untuk membalas atau mengirim pesan kepada pelanggan secara otomatis. Sangat berguna apabila Anda sedang offline, Anda tetap bisa memberikan informasi tertentu kepada pelanggan yang mengirimkan pesan ke WhatsApp Anda.

 

Fitur pengiriman pesan otomatis yang dimiliki WhatsApp bisnis terbagi dalam beberapa jenis. Pertama, ada Pesan di Luar Jam Kerja. Fitur ini memungkinkan Anda mengatur pesan balasan di luar jam kerja. 

 

Misalnya jam kerja usaha online Anda adalah antara jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Setelahnya, Anda kemungkinan melakukan hal lain dan tidak melulu online menjalankan bisnis. Jadi, Anda tinggal melakukan pengaturan pada bagian pengiriman pesan, mengetikkan pesan tertentu yang menjelaskan kondisi usaha Anda, bahkan memberitahu pelanggan bahwa toko Anda sedang tutup dan Anda segera memberi jawaban ketika toko sudah buka. Intinya, isi pesan bisa Anda atur sendiri sesuai dengan kebutuhan. Lalu ketika ada pelanggan yang menghubungi WhatsApp Bisnis Anda pada jam 7 malam, misalnya, maka pesan jawaban yang sudah Anda atur akan terkirim secara otomatis. 

 

Kedua, ada Fitur Salam. Fitur ini secara otomatis mengirimkan pesan setiap bisnis Anda menerima chat dari nomor baru. Selain itu, pesan ini juga bisa dikirim kepada pelanggan yang 14 hari tidak aktif melakukan interaksi sebagai salah satu bentuk untuk memancing kembali agar pelanggan menghubungi Anda lagi.

 

Ketiga, tersedia Fitur Balas Cepat. Ini merupakan fitur untuk membuat pintasan chat yang sering digunakan. Ada dua pilihan balas cepat, yaitu isi pesan dan pintasan. Sebagai contoh, kolom Pesan diisi “terima kasih sudah menghubungi toko kami, semoga bisa bekerja sama di lain waktu,” dan kolom Pintasan diisi “terima kasih”. 

 

Dengan menggunakan fitur pintasan yang tersedia, setiap kali mengetik terima kasih, maka otomatis muncul pesan seperti yang sudah diatur sebelumnya. Fitur ini jelas sangat membantu untuk menghemat waktu Anda dalam memberi pelayanan terbaik bagi pelanggan. Anda jadi tidak perlu mengetikkan hal yang sama secara berulang.

 

 

  1. Kode QR

Fitur kode QR disediakan untuk memudahkan pengguna dalam menjalankan bisnis. Jika sebelumnya Anda hanya menambahkan akun WhatsApp Bisnis dengan mengetik nomor telepon setiap kali membutuhkan, maka dengan fitur Kode QR ini, Anda cukup satu kali saja melakukannya, yaitu memindai kode QR di jendela produk, kemasan produk, atau tanda terima belanja, sebelum akhirnya bisa memulai obrolan dengan pelanggan.

 

Untuk pengguna WhatsApp bisnis, kode QR dapat diperoleh dengan membuka Pengaturan, kemudian masuk ke Fitur Bisnis, dan terakhir Tautan Pendek. Klik atau tekan bagikan tautan dan lihat kode QR. Kode ini dapat dibagikan kepada kontak Anda atau kepada calon pelanggan.

 

  1. Bagikan Katalog

Selain kode QR, saat ini pengguna WhatsApp Bisnis dapat membuat tautan untuk seluruh katalog atau setiap produk yang dijual. Tautan atau URL ini dapat dibagikan pada situs bisnis, atau saluran lain di Facebook dan Instagram milik bisnis Anda. Jadi, ketika ada pelanggan atau calon pembeli ingin memberikan katalog kepada teman dan keluarga mereka dengan maksud mempromosikan produk Anda, cukup salin tautan dan kirimkan melalui WhatsApp atau media lain. Memanfaatkan WhatsApp untuk melakukan promosi seperti ini dikenal dengan istilah WhatsApp marketing.

 

  1. Label

Fitur Label pada WhatsApp Bisnis berfungsi untuk mengelompokkan atau menetapkan kategori percakapan berdasarkan kriteria tertentu, dengan tujuan untuk memudahkan Anda melakukan follow up secara tepat kepada pelanggan. 

 

Beberapa pilihan label yang tersedia: pelanggan baru, pemesan baru, pending payment, pelanggan yang telah melakukan pembayaran, hingga pemesanan selesai. Fitur unik di WhatsApp Bisnis ini sangat memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola pelanggan serta dapat pula membantu Anda dalam membuat laporan bulanan.

 

 

  1. Paket Stiker

WhatsApp juga menyediakan paket stiker untuk pengguna WhatsApp Bisnis dalam bentuk stiker “Bisnis Kami Terbuka”. Stiker ini tersedia bagi lebih dari dua miliar pengguna global dan 50 juta pengguna WhatsApp bisnis. Paket stiker ini sesuai dengan tema bisnis dan jual beli, misalnya ada stiker untuk Free Shipping atau Already Transferred. Khusus untuk pengguna Indonesia, paket stiker ini merupakan karya dua seniman lokal asal Yogyakarta, yaitu TEMPA.

 

Demikianlah sedikit ringkasan mengenai lima fitur unik di WhatsApp Bisnis yang dapat membantu Anda menjalankan usaha online dengan lebih efektif dan efisien. Selamat berkarya dan semoga sukses mengiringi setiap langkah Anda.