Generasi Z, atau yang akrab disebut Gen Z, adalah kelompok demografi yang lahir antara tahun 1997 dan 2012.
Generasi Z, atau yang akrab disebut Gen Z, adalah kelompok demografi yang lahir antara tahun 1997 dan 2012.
Sebagai generasi yang tumbuh di era digital, mereka memiliki kebiasaan mengonsumsi media yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.
Salah satu tren menarik adalah preferensi Gen Z terhadap iklan bertarget yang relevan dengan minat mereka.
Artikel ini akan membahas mengapa Gen Z menyukai iklan bertarget, didukung data dan fakta dari berbagai sumber terpercaya yang perlu Anda tahu!
Ketika membicarakan iklan yang ditargetkan, banyak dari Anda mungkin khawatir tentang privasi online.
Tetapi berita baiknya, ada penelitian terbaru yang menunjukkan kalau Generasi Z lebih nyaman dengan iklan yang ditargetkan dan bahkan mungkin lebih menyukainya.
Penelitian lain dari Tinuiti menunjukkan kalau Generasi Z tiga kali lebih cenderung untuk mengizinkan pelacakan ketika disajikan dengan promosi, seperti App Tracking Transparency dari Apple, dibandingkan dengan konsumen yang lebih tua.
Buktinya bisa Anda lihat pada data berikut: sekitar 37% dari Generasi Z memilih mengizinkan pelacakan demi melihat iklan yang lebih relevan, sementara 43% lainnya memilih tidak melakukannya.
Sementara itu, sebagian besar konsumen dari kelompok usia baby boomers memilih tidak mengizinkan pelacakan demi alasan privasi.
Cara Generasi Z melindungi diri secara online juga jauh berbeda dibandingkan dengan baby boomers.
Gen Z lebih jarang menghapus cookies browser (41% vs 59%) atau menggunakan ad blocker (27% vs 32%). Namun, Generasi Z lebih sering menggunakan VPN (32% vs 27%).
Andy Taylor, wakil presiden riset di Tinuiti, mengatakan bahwa hal mencolok betapa lebih mungkin Generasi Z mengizinkan pelacakan demi menerima iklan yang relevan, dibandingkan dengan kelompok usia yang lebih tua.
Di saat yang sama, betapa kurang mungkin Generasi Z mengambil tindakan seperti menghapus cookies dan menggunakan ad blocker.
Tidak mengherankan jika TikTok menjadi tempat favorit Gen Z untuk menemukan produk baru, namun influencer juga tidak boleh diabaikan.
Lebih dari 75% Gen Z mengatakan mereka membeli suatu produk dalam satu tahun terakhir setelah mendapatkan rekomendasi dari seorang influencer, jauh lebih banyak dibandingkan generasi baby boomer.
Khusus untuk produk kecantikan, makanan dan minuman, nilainya mencapai 85%. Bahkan Taylor mengatakan, “Influencer dengan cepat menjadi sumber rujukan terpercaya bagi banyak konsumen, terutama Gen Z. Peran influencer tersebut dalam penemuan dan pembelian produk akan terus berkembang.
Generasi Z lebih cenderung meneliti produk sebelum membeli dibandingkan generasi lainnya. Hal ini berlaku untuk belanja online dan pengecer alat tulis.
Generasi Z dilaporkan lebih mungkin dibandingkan generasi Baby Boomer untuk mencari produk dan merek di mesin pencari (43% vs 36%), di media sosial (33% vs 7%), atau di QR.
Ada juga hasil penelitian yang menyebutkan Gen Z lebih sering melakukan pembelian dalam QR atau pemindaian kode (25% vs 9%).
Selain mencari informasi produk, 74% konsumen Gen Z berbelanja produk kategori barang rumah tangga mengatakan mereka setidaknya sampai batas tertentu peduli terhadap nilai dan keyakinan merek tempat mereka membeli, lebih tinggi dibandingkan generasi lainnya
Gen Z juga memiliki lokasi belanja yang berbeda dengan konsumen usia lanjut. Menurut laporan tersebut, 59% generasi Z membeli produk CPG di toko kelontong, dibandingkan dengan 79% generasi baby boomer.
Sekitar 20% konsumen Gen Z membeli secara grosir melalui platform pengiriman dibandingkan dengan hanya 5% pada generasi baby boomer.
“Dampak media sosial, khususnya TikTok, terhadap penemuan produk Generasi Z sangat mengagumkan dan Anda sebagai pebisnis harus menganggapnya serius dalam upaya mereka,” kata Taylor untuk meningkatkan kesadaran dan pertimbangan di kalangan konsumen muda.
Pengaruh media sosial bahkan meluas ke pengalaman berbelanja di dalam toko, karena Gen Z lebih cenderung meneliti merek di media sosial dibandingkan generasi yang lebih tua ketika melakukan penelusuran di dalam toko.
Lalu, bagaimana kalau target bisnis Anda adalah generasi milenial yang bisa jadi saat ini lebih mapan dibandingkan Gen Z? Simak ulasannya di sini: Cara Promosi Bisnis di TikTok Agar Lebih Dikenal Generasi Milenial.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC