MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Kenali Jenis Digital Marketing Agency di Sini

17 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 1.777  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Apa saja jenis-jenis digital marketing agency? Ada berbagai jenis digital marketing agency, seperti full-service digital marketing agency, Search Engine Optimization (SEO) Agency, Social Media Marketing Agency, dan sebagainya. 

Baca penjelasan lengkapnya di sini agar bisa memilih digital marketing agency seperti apa yang sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Jenis-Jenis Digital Marketing Agency

Jika ingin menggunakan jasa dan layanan digital marketing agency, Anda perlu mengenal jenis-jenisnya terlebih dahulu. Sebab, setiap jenis agensi digital memiliki keahlian yang berbeda-beda dan perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Berikut beberapa jenis digital marketing agency:

1. Full-Service Digital Marketing Agency

Full-service digital marketing agency adalah jenis agensi yang menawarkan layanan pemasaran digital lengkap, mulai dari strategi, penelitian, hingga pelaksanaan kampanye pemasaran.

Bahkan mereka bisa membantu Anda untuk membuat, mendesain, dan mengembangkan website bisnis, serta memproduksi konten untuk media sosial sekaligus menangani manajemen media sosialnya. 

Beberapa layanan yang tersedia pada full-service digital marketing agency, antara lain Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), email marketing, content production, campaign di media sosial, pemasangan iklan berbayar, dan masih banyak lagi.

2. Single Channel Digital Marketing Agency

Single channel digital marketing agency adalah perusahaan agensi yang melayani hanya satu bidang pemasaran digital tertentu saja. 

Misalnya, channel yang digunakan adalah website, maka layanannya berfokus pada semua kebutuhan pemasaran di website. Misalnya untuk mengelola konten, SEO, peningkatan traffic website, menciptakan leads, dan sebagainya.

Karena fokusnya hanya pada satu channel, biasanya hasilnya juga akan lebih baik dan bisa lebih mendominasi pasar dengan target yang lebih spesifik.

3. Search Engine Optimization (SEO) Agency

SEO agency termasuk dalam single channel digital marketing agency. Sebab, layanan yang disediakan hanya berkaitan dengan optimasi search engine

Dalam hal ini, perusahaan agensi akan membantu Anda melakukan optimasi website agar muncul di halaman pertama hasil pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing dan search engine lainnya.

Layanan optimasi situs web di sini bisa berupa analisis kata kunci, produksi konten baru, melakukan optimasi pada konten lama, membangun topik klaster, meningkatkan authority website, optimasi on page SEO dan off page SEO, hingga backlink building.

4. Influencer Marketing Agency

Influencer marketing agency adalah jenis digital marketing agency yang fokusnya menyelenggarakan digital marketing campaign menggunakan influencer, atau orang yang memiliki pengaruh besar di media sosial. 

Tugasnya membangun hubungan dengan influencer di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan lainnya. Ketika Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan promosi dan pemasaran menggunakan influencer, maka mereka akan membantu merekrut, mengelola, dan mengarahkan influencer untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis Anda.

Dalam merekrut influencer sudah tentu tak sembarangan. Mereka harus memastikan dulu influencer cocok dengan brand Anda, punya basis followers yang relevan dengan bisnis yang mau dipromosikan, serta memastikan konten-konten para influencer sesuai dan bisa menggambarkan citra positif bagi bisnis yang diwakili.

Setelah campaign berakhir, tugas digital marketing agency ini belum berakhir. Sebab, mereka harus melakukan analisis, mengukur keberhasilan kampanye pemasaran, serta memberikan laporan kepada Anda terkait data dan usulan untuk pengembangan selanjutnya jika kerja sama masih berlangsung. 

5. Content Marketing Agency

Content marketing agency adalah perusahaan atau agensi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan distribusi konten-konten berkualitas tinggi untuk membantu meningkatkan brand awareness dan engagement dari suatu brand atau bisnis. 

Konten yang mereka buat dapat berupa artikel, infografis, video, Podcast, atau jenis konten lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik target audiens.

Peran content marketing agency sangat penting dalam strategi pemasaran digital, terutama dalam membuat audiens memiliki kesadaran merek yang tinggi serta mau berinteraksi pada konten-konten yang telah dibuat. 

Itu sebabnya, mereka tidak hanya membantu memproduksi, namun juga merancang strategi pendistribusian konten yang dapat menjangkau sebanyak mungkin target audiens.

Selain itu, jenis agensi ini juga bertanggung jawab untuk melakukan pengukuran dan analisis atas performa dari setiap konten yang telah dibuat. Tujuannya, untuk mengetahui efektivitas dari strategi pemasaran yang sudah berjalan, termasuk melakukan perbaikan jika memang diperlukan.

6. Email Marketing Agency

Email marketing agency adalah agensi pemasaran yang dapat membantu Anda melakukan promosi dan pemasaran menggunakan media email. Tujuannya, bisa berupa peningkatan engagement, membangun brand awareness, mendatangkan leads ke website, meningkatkan loyalitas pelanggan, bahkan bisa untuk meningkatkan peluang terjadinya penjualan. 

Untuk bisa mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan, agensi jenis ini akan merancang strategi email marketing yang tepat sasaran, mulai dari menyusun isi email yang menarik dan memberi kesan personal, melakukan pengiriman email secara terjadwal kepada target audiens, serta melakukan analisis terhadap kinerja setiap email yang sudah terkirim. 

Selain itu, email marketing agency merancang strategi follow-up yang efektif untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan, serta mampu melakukan integrasi dengan tools dan software lain, seperti marketing automation dan CRM untuk memaksimalkan performa dari email marketing yang dilakukan.

7. Pay-Per-Click (PPC) Agency

PPC agency membantu bisnis dalam hal pengiklanan online, mulai dari membuat hingga menampilkan iklan online. Biasanya, iklan jenis ini hanya perlu Anda bayar berdasarkan jumlah klik yang diterima iklan tersebut. Layanan yang ditawarkan oleh PPC digital marketing agency, antara lain kampanye iklan, analisis kata kunci, dan penargetan audiens.


Selain 7 jenis digital marketing agency di atas, masih banyak jenis lainnya. Anda bisa bertanya langsung kepada mereka, layanan apa saja yang tersedia dan apakah layanan yang mereka miliki bisa membantu Anda mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Memangnya pebisnis butuh banget kerja bareng digital agensi? Cek jawabannya di sini: Ini Alasan Anda Membutuhkan Digital Marketing Agency.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC