Dunia sudah mengalami banyak perubahan dalam hal melakukan kegiatan berbelanja, dari kebiasaan belanja konvensional menjadi online. Usaha Kecil Menengah (UKM) harusnya dapat menjadi bagian dari perubahan ini dan menuai keuntungan. Apalagi jika melibatkan e-commerce berskala internasional, seperti Amazon, Etsy, dan lainnya. Usut punya usut, e-commerce kelas dunia ini memiliki potensi membantu UKM, benarkah?

 

Di Indonesia saat ini terdapat sekitar 59,26 juta UKM dan UMKM yang tersebar di berbagai daerah. Jumlah tersebut menguasai hampir 80 persen pasar UKM Asia Tenggara. Jika bisa dikembangkan lebih baik ke berbagai negara di luar Asia, tentu akan sangat menguntungkan. Bukan saja bagi para pelaku UKM-nya, namun juga bagi Indonesia secara keseluruhan, terutama dalam kondisi seperti sekarang di mana banyak negara, termasuk Indonesia, terancam resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

 

Peran E- Commerce Dunia Sekelas Etsy dan Amazon yang Dapat Dongkrak UKM

Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari keberadaan e-commerce internasional, yang juga sudah dikenal di Indonesia. E-commerce dunia sekelas Etsy, Amazon, dan sebagainya ini bisa dimanfaatkan untuk membantu UKM mencapai titik tertinggi dalam penjualan, perluasan bisnis, dan pencapaian target keuntungan. Berikut peran penting e-commerce kelas dunia bagi bisnis UKM.

 

 

  1. Menggali Kreativitas UKM

UKM yang punya karakter hebat dalam layanan dan produknya akan semakin kreatif untuk menghasilkan produk terbaik. Jika Anda menargetkan pasar internasional, maka Anda dituntut mampu melakukan peningkatan kualitas produk dan layanan yang disesuaikan dengan standar internasional.

 

  1. Kerjasama Saling Menguntungkan

Sama halnya dengan platform marketplace lain di dunia, duo e-commerce yang berbasis di Amerika Serikat, Etsy dan Amazon, juga akan membantu UKM dengan terciptanya kerjasama saling menguntungkan antara UKM dan e-commerce itu sendiri. Bukan saja dalam hal finansial, tapi juga ilmu seputar penjualan online yang semakin diminati.

 

  1. Meningkatkan Keuntungan Jangka Panjang

Ketika UKM berhasil menemukan jati dirinya dalam produk yang dijual, maka keuntungan jangka panjang bisa didapat. Sebab, ketika UKM sudah mendunia melalui e-commerce internasional, maka konsumen akan terus datang dari berbagai penjuru dunia.

 

 

  1. Semua Jenis UKM Bisa Bergabung

E-commerce internasional membuka peluang bagi UKM dengan produk apa pun untuk bergabung dan memasarkan produknya. Ini akan sangat membantu pemilik UKM yang sebelumnya hanya menargetkan pasar nasional sehingga dapat melebarkan sayap dengan target pasar skala internasional.

 

Contoh, UKM produk homemade aksesoris, seperti tas dan sepatu, hingga pebisnis kecil yang menjual produk-produk unik Indonesia. UKM seperti ini memiliki kesempatan yang sama untuk bergabung!

 

  1. Mendeteksi Potensi Bisnis Lebih Luas

Ketika tanggapan dunia akan UKM sangat bagus, maka UKM bisa mendeteksi potensi bisnis lain dari hasil pencapaiannya bersama e-commerce internasional itu. Jadi tidak terbatas hanya pada satu jenis bisnis online saja.

 

  1. Menjangkau Konsumen dari Berbagai Negara

E-commerce internasional akan membantu UKM untuk memasarkan produknya ke berbagai penjuru dunia. Apalagi saat ini Etsy dan Amazon sudah digunakan di hampir semua negara di dunia.

 

 

Bagaimana UKM Memulai Strategi Bidik Pasar Internasional?

Pastinya masih banyak kalangan UKM yang berpikir akan sangat sulit untuk melakukan kerjasama dengan e-commerce internasional. Faktanya, hal ini tidaklah sulit karena sebagai e-commerce berpengalaman tentu akan memberikan layanan yang mudah untuk diterapkan calon mitra.

 

Contohnya, Etsy dan Amazon sudah menggandeng banyak industri kecil dunia untuk bergabung. Prosesnya mudah dan dalam jangka pendek saja sudah terlihat hasil menakjubkan dari usaha kecil tersebut. Harusnya pengalaman usaha kecil lain di luar negeri itu bisa jadi cambuk dan semangat bagi pelaku UKM lain di Indonesia untuk ikut tren sukses di luar negeri.

 

Pada akhirnya, memang sudah banyak bukti mengenai e-commerce sekelas Amazon bisa membantu UKM Indonesia untuk go international! Asalkan ada agresivitas dari pelaku UKM sendiri untuk mengambil kesempatan tersebut. Jika Anda salah satunya, maka mulailah dari sekarang mempersiapkan diri menjadi pebisnis skala internasional dengan menambah wawasan dan berkolaborasi dengan e-commerce dunia.