Dunia sudah mengalami banyak perubahan dalam hal melakukan kegiatan pemasaran dan berbelanja, dari kebiasaan belanja konvensional menjadi online.
Dunia sudah mengalami banyak perubahan dalam hal melakukan kegiatan pemasaran dan berbelanja, dari kebiasaan belanja konvensional menjadi online.
Usaha Kecil Menengah (UKM) harusnya dapat menjadi bagian dari perubahan ini dan menuai keuntungan.
Apalagi jika melibatkan e-commerce berskala internasional, seperti Amazon, Etsy, dan lainnya. Usut punya usut, e-commerce kelas dunia ini memiliki potensi membantu UKM, benarkah?
Cari tahu jawaban dan cara UKM memperluas jaringan pemasaran ke pasar global dengan membaca artikel ini sampai selesai.
Di Indonesia saat ini terdapat sekitar 59,26 juta UKM dan UMKM yang tersebar di berbagai daerah. Jumlah tersebut menguasai hampir 80 persen pasar UKM Asia Tenggara.
Jika bisa membangun bisnis e-commerce dengan lebih baik ke berbagai negara di luar Asia, tentu akan sangat menguntungkan. Bukan saja bagi pelaku UKM-nya, namun juga bagi Indonesia secara keseluruhan.
Jika Anda adalah pemilik bisnis UKM, coba mulai memanfaatkan keberadaan e-commerce skala internasional, sekelas Etsy dan Amazon.
Tak hanya dapat membantu UKM memperluas pangsa pasar, tetapi kedua platform tersebut juga dapat membantu Anda mencapai titik tertinggi dalam penjualan, pengembangan bisnis berkesinambungan, dan pencapaian target keuntungan.
Etsy adalah platform e-commerce skala internasional yang menjadi wadah bagi para pelaku produk kreatif untuk memasarkan dan menjual produk mereka.
Jika produk dari bisnis Anda termasuk produk unik, kerajinan tangan, barang vintage, dan produk buatan tangan lainnya, pertimbangkan untuk mulai berbisnis di platform ini.
Dengan lebih dari 90 juta pembeli aktif dari seluruh dunia di tahun 2023, Etsy membuka peluang yang sangat luas bagi Anda yang ingin menjangkau konsumen dengan minat yang spesifik pada produk kreatif.
Sebagai raksasa e-commerce kelas dunia, sudah tak diragukan lagi ada jutaan pembeli dari seluruh dunia berkumpul di platform tersebut untuk melakukan pembelian.
Maka sebagai pemilik bisnis UKM, sangat sayang kalau Anda melewatkan peluang memasarkan produk ke pasar internasional melalui Amazon.
Beberapa keuntungan berjualan online di Amazon, salah satunya adalah sistem logistik dan pengirimannya yang sudah canggih.
Mereka memiliki sistem logistik yang dikenal dengan sebutan Fulfillment by Amazon (FBA). Sistem ini memungkinkan pebisnis UKM menyimpan produk di gudang Amazon.
Ketika terjadi transaksi penjualan, maka tim Amazon yang melakukan proses pengemasan dan pengiriman produk kepada konsumen.
Dengan memanfaatkan sistem ini, tentu Anda bisa menghemat beban operasional dan mempercepat proses pengiriman produk ke konsumen internasional.
Selain itu, Amazon terus melakukan inovasi hingga hari ini untuk membuat platformnya makin unggul dalam perdagangan online internasional. Salah satunya dengan menyediakan asisten AI cerdas bernama Rufus untuk memudahkan belanja online.
UKM yang punya karakter hebat dalam layanan dan produknya pun berkualitas akan memiliki peluang untuk merambah pasar yang lebih luas.
Hal yang sama juga berlaku ketika Anda ingin menargetkan pasar internasional, maka ada tuntutan untuk melakukan peningkatan kualitas produk dan layanan sesuai dengan standar internasional.
Sama halnya dengan platform marketplace lain di dunia, duo e-commerce yang berbasis di Amerika Serikat, Etsy dan Amazon, juga akan membantu UKM.
Bentuk kerjasamanya tentu saja akan saling menguntungkan antara UKM dan e-commerce itu sendiri. Bukan saja dalam hal finansial, tetapi juga ilmu seputar penjualan online yang semakin diminati.
Ketika UKM berhasil menemukan jati dirinya dalam produk yang dijual, maka keuntungan jangka panjang bisa Anda dapat secara berkesinambungan.
Sebab, ketika UKM sudah mendunia melalui e-commerce internasional, maka konsumen akan terus datang dari berbagai penjuru dunia.
Selain menyediakan platform penjualan, Etsy memiliki komunitas penjual yang kuat serta sumber daya edukasi untuk membantu UKM dalam mengembangkan bisnis.
Misalnya, Etsy sering mengadakan webinar dan menyediakan panduan tentang cara meningkatkan penjualan, mengelola toko, hingga strategi pemasaran.
Hal yang sama juga dilakukan Amazon dengan program Amazon Global Selling. Program ini dirancang untuk membantu penjual menembus pasar global.
e-Commerce internasional membuka peluang bagi UKM dengan produk apa pun untuk bergabung dan memasarkan produknya.
Ini akan sangat membantu Anda sebagai pemilik UKM yang sebelumnya hanya menargetkan pasar nasional. Artinya, memanfaatkan peluang ini akan membantu Anda melebarkan sayap bisnis dan menargetkan pasar skala internasional.
Contoh, UKM produk homemade aksesoris, seperti tas dan sepatu, hingga pebisnis kecil yang menjual produk-produk unik Indonesia.
Sudah banyak lho pelaku industri kreatif dari Indonesia yang sukses memasarkan produknya ke pasar internasional melalui Etsy dan Amazon.
Ketika tanggapan dunia akan UKM sangat bagus, maka UKM bisa mendeteksi potensi bisnis lain dari hasil pencapaiannya bersama e-commerce internasional itu. Jadi tidak terbatas hanya pada satu jenis bisnis online saja.
e-Commerce internasional akan membantu UKM untuk memasarkan produknya ke berbagai penjuru dunia. Apalagi saat ini Etsy dan Amazon sudah digunakan di hampir semua negara di dunia.
Pastinya masih banyak kalangan UKM yang berpikir akan sangat sulit untuk melakukan kerjasama dengan e-commerce internasional.
Faktanya, hal ini tidaklah sulit karena sebagai e-commerce berpengalaman tentu akan memberikan layanan yang memudahkan calon mitranya, bahkan bagi calon mitra pemula yang baru mau berjualan online di Etsy atau Amazon.
Contohnya, Etsy dan Amazon sudah menggandeng banyak industri kecil dunia untuk bergabung. Prosesnya mudah dan dalam jangka pendek saja sudah terlihat hasil menakjubkan dari usaha kecil tersebut.
Harusnya pengalaman usaha kecil lain di luar negeri itu bisa jadi cambuk dan semangat bagi pelaku UKM lain di Indonesia untuk ikut tren sukses di luar negeri.
Pada akhirnya, memang sudah banyak bukti kalau memanfaatkan peluang yang disediakan berbagai e-commerce internasional, sekelas Amazon dan Etsy, bisa membantu UKM Indonesia go international!
Yuk, siapkan diri Anda sebaik mungkin agar bisa mengambil kesempatan tersebut. Misalnya dengan mulai membuat website untuk pemasaran digital UKM, lalu mempelajari tentang seberapa penting digital marketing untuk UKM.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC