Pada tahun 2018 silam, Google telah melakukan penyempurnaan layanan iklan miliknya yang bernama Google Adwords menjadi Google Ads. Tentunya bukan hanya perubahan nama dan penyempurnaan layanan, tetapi Google juga menghadirkan berbagai fitur baru yang semakin memudahkan pengguna untuk memaksimalkan penerapan digital marketing strategist. Jika Anda belum mengetahui perubahan serta fitur terbaru di Google Ads yang dapat mendukung bisnis Anda melalui kegiatan pemasangan iklan, berikut ini Redcomm Knowledge merangkumkan detail informasi untuk Anda!

 

Google Ads Gantikan Adwords dan Hadirkan Smart Campaign

Berubahnya Google Adwords sekaligus mengakhiri era Double Click. Meskipun demikian, ditutupnya Google Adwords bukan berarti menutup seluruh default atau nilai periklanan yang sebelumnya telah dirancang Google. Pasalnya, perusahaan raksasa ternama dunia ini telah mengembangkan tipe default periklanan baru untuk mempermudah tahapan promosi secara online, yaitu menghadirkan fitur smart campaign pada Google Ads.  

 

Smart campaign adalah pengalaman iklan default yang diciptakan Google dengan menggabungkan teknologi machine learning Google Ads dan inovasi untuk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Tujuan dari penciptaan fitur ini, untuk membantu pelaku UKM agar dapat memaksimalkan pendapatan dengan upaya yang minimal. Harapannya, para pelaku UKM bisa tetap fokus mengembangkan bisnis tanpa perlu khawatir biaya iklan yang dikeluarkan.

 

 

Perlu diketahui, Google Ads saat ini dianggap sebagai pintu gerbang bagi pengiklan untuk beriklan dengan leluasa di berbagai platform Google, baik iklan dalam bentuk search, display, video, iklan aplikasi di Google Play, listing lokasi pada Google Maps, dan lain sebagainya. 

 

Kemudahan pengiklan pun semakin terasa dengan adanya fitur smart campaign. Fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengiklan untuk mengidentifikasi tindakan, seperti panggilan telepon, kunjungan toko, dan sebagainya. Google Ads nantinya akan menggunakan machine learning dalam mengoptimalkan teks dan gambar sehingga penargetan dapat diarahkan untuk mendorong tindakan yang  lebih banyak lagi. Namun Anda harus ingat, fitur smart campaign hanya disediakan bagi pelaku UKM saja.

 

Keunggulan Memanfaatkan Fitur Smart campaign di Google Ads Bagi Pelaku UKM

Tentunya ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki fitur smart campaign ini. Beberapa diantaranya: 

 

  1. Lebih Mudah saat Memasang Iklan

Dengan adanya fitur smart campaign, kini proses memasang iklan di platform Google semakin mudah dilakukan. Tahapan yang ditawarkan lebih sederhana sehingga pelaku UKM bisa belajar dan memahaminya dengan cepat. Kampanye ini sepenuhnya berjalan secara otomatis, mulai dari materi iklan hingga pengoptimalan penayangan produk atau layanan yang ditetapkan. Sasaran smart campaign mencakup panggilan telepon, permintaan petunjuk arah, keuntungan web, dan sebagainya.

 

 

  1. Hasil yang Tepat Sasaran

Selain prosedur yang serba otomatis, smart campaign juga dirancang secara khusus untuk mampu menampilkan iklan ke sasaran yang tepat, sehingga mampu memberikan hasil sesuai keinginan Anda sebagai pembuat iklan.

 

  1. Mendapatkan Hasil Konversi Maksimal

Audiens yang tepat merupakan faktor penting dalam mengukur tingkat keberhasilan kampanye iklan sehingga bisa menghasilkan konversi atau Return of Investment (ROI) yang maksimal. Konversi ini tentunya berlaku secara online maupun offline

 

Nah, untuk mendapatkan target audiens yang tepat, pengiklan tidak sekadar wajib memiliki materi iklan yang berkualitas, namun harus pula tepat sasaran. Meski begitu jangan khawatir, karena kini fitur smart campaign mampu melakukan optimalisasi penargetan yang berjalan secara otomatis. Lebih tepatnya, kampanye ini bisa menganalisa perilaku, lokasi, perangkat, dan beberapa kriteria lainnya.

 

Smart campaign hanya akan menampilkan iklan yang relevan untuk menghasilkan konversi yang baik. Contohnya, iklan penumbuh jenggot hanya akan ditampilkan pada pemirsa berjenis pria saja, dengan harapan target audiens ini tertarik, kemudian melanjutkan ke tahapan pembelian.

 

 

Terdapat Fitur Image Picker di Google Ads

Terakhir, smart campaign bukan satu-satunya fitur baru yang dikembangkan pada Google Ads. Ada pula fitur tambahan lain yang tidak kalah keren bernama image picker. Fitur ini akan membantu pemilik produk untuk memperlihatkan sekitar tiga gambar terbaik yang mampu menonjolkan produk atau layanan yang ditawarkannya kepada audiens. Gambar ini nantinya dapat digabungkan dengan teks yang sudah tersedia, sehingga bisa membuat iklan yang tayang semakin efektif.

 

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap menggunakan fitur smart campaign dari Google Ads untuk mengembangkan usaha? Jika iya, semua kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan kolaborasi bersama digital marketing agency terpercaya. Anda akan diarahkan untuk memilih pengalaman Google Ads paling lengkap di berbagai tingkat otomatisasi sekaligus membuat keputusan melalui machine learning. Tunggu apalagi? Kini kampanye iklan bisnis semakin mudah dilakukan dengan smart campaign di Google Ads.