Pemilihan dan pemanfaatan masing-masing jenis kampanye akan menentukan tempat audiens bisa melihat iklan yang Anda tayangkan.
Misalnya pada Jaringan Penelusuran, iklan bisa muncul di mana saja, entah itu di samping, di atas, di tengah, di bawah hasil penelusuran aktual di Google, baik Google Maps, Google Shopping, Google Play, dan Google Gambar.
Iklan yang ditampilkan pun tak terbatas pada iklan teks saja.
Sementara pada Jaringan Display, iklan akan muncul pada situs-situs favorit, video YouTube, akun Gmail, atau saat sedang menggunakan aplikasi dan perangkat mobile.
Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mempelajari masing-masing jenis kampanye Google Ads berikut:
1. Google Search Network
Jaringan penelusuran Google atau Google Search Network adalah sekumpulan situs dan aplikasi yang memiliki hubungan dan relevansi terhadap hasil pencarian tertentu.
Saat Anda memasang iklan di Jaringan Penelusuran Google, iklan Anda dapat tampil dalam pencarian seseorang yang mengetikkan kata kunci sesuai dengan kata kunci yang Anda bidik.
Memanfaatkan pemasangan iklan dengan jaringan penelusuran ini memungkinkan iklan tampil dengan jangkauan yang lebih luas.
Misalnya bisa tampil di samping, di atas, di bawah, atau bisa juga di tengah hasil penelusuran di Google Shopping, Google Map, Google Gambar, Google Play, bahkan di aplikasi yang berpartner dengan penelusuran Google.
Bentuk iklan yang bisa ditayangkan di Google Search Network ini bisa berupa, iklan dalam bentuk teks yang dilengkapi dengan kata kunci tertentu, iklan shopping yang biasanya menampilkan gambar produk disertai link ke produk tersebut.
Iklan yang muncul di Google Shopping umumnya disertai label "bersponsor". Selain dalam bentuk teks dan gambar, iklan juga bisa muncul dalam bentuk video.