Pada tahun 2018 silam, Google telah melakukan penyempurnaan layanan iklan miliknya yang bernama Google Adwords menjadi Google Ads.
Pada tahun 2018 silam, Google telah melakukan penyempurnaan layanan iklan miliknya yang bernama Google Adwords menjadi Google Ads.
Tentunya bukan hanya perubahan nama dan penyempurnaan layanan, tetapi Google juga menghadirkan berbagai fitur smart campaign di Google Ads.
Jika Anda belum mengetahui perubahan serta fitur terbaru di Google Ads yang dapat mendukung bisnis Anda melalui kegiatan pemasangan iklan, berikut ini Redcomm Knowledge merangkumkan detail informasinya untuk Anda!
Berubahnya Google Adwords sekaligus mengakhiri era double click. Meskipun demikian, penutupan Google Adwords bukan berarti menutup seluruh default atau nilai periklanan yang sebelumnya telah Google rancang.
Pasalnya, perusahaan raksasa ternama dunia ini telah mengembangkan tipe default periklanan baru untuk mempermudah tahapan promosi secara online, yaitu menghadirkan fitur smart campaign di Google Ads.
Smart campaign adalah pengalaman iklan default yang diciptakan Google dengan menggabungkan teknologi machine learning Google Ads dan inovasi untuk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).
Tujuan dari penciptaan fitur smart campaign untuk membantu pelaku UKM agar dapat memaksimalkan pendapatan dengan upaya yang minimal.
Harapannya, para pelaku UKM bisa tetap fokus mengembangkan bisnis tanpa perlu khawatir biaya iklan yang dikeluarkan.
Perlu diketahui, Google Ads saat ini dianggap sebagai pintu gerbang bagi pengiklan untuk beriklan dengan leluasa di berbagai platform Google.
Ada banyak fitur terbaru Google Ads, mulai dari baik iklan dalam bentuk search, display, video, iklan aplikasi di Google Play, listing lokasi pada Google Maps, dan lain sebagainya.
Kemudahan pengiklan pun semakin terasa dengan adanya fitur smart campaign.
Fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengiklan untuk mengidentifikasi tindakan, seperti panggilan telepon, kunjungan toko, dan sebagainya.
Google Ads nantinya akan menggunakan machine learning dalam mengoptimalkan teks dan gambar, sehingga penargetan dapat diarahkan untuk mendorong tindakan yang lebih banyak lagi.
Namun Anda harus ingat, fitur smart campaign hanya disediakan bagi pelaku UKM saja.
Tentunya ada banyak sekali keunggulan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau menggunakan fitur smart campaign untuk pemasangan iklan. Beberapa di antaranya:
Dengan adanya fitur smart campaign, kini proses memasang iklan di platform Google semakin mudah. Tahapan pemasangan iklannya juga lebih sederhana sehingga pelaku UKM bisa belajar dan memahaminya dengan cepat.
Kampanye ini sepenuhnya berjalan secara otomatis, mulai dari materi iklan hingga pengoptimalan penayangan produk atau layanan yang ditetapkan.
Ini dapat membantu pengguna pemula menghindari kesalahan pemasangan iklan Google Ads. Apalagi sasaran smart campaign tinggal dipilih saja sesuai kebutuhan, seperti panggilan telepon, permintaan petunjuk arah, keuntungan web, dan sebagainya.
Selain prosedur yang serba otomatis, keunggulan utama dari penggunaan smart campaign, yaitu mampu menampilkan iklan ke target audiens yang tepat dan dengan akurasi tinggi.
Hal ini bisa terjadi karena pengaturan iklan Google Ads menggunakan data yang memang sudah tersedia di mesin pencari, Google Maps, dan aplikasi lain.
Semua data tersebut berguna untuk menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan.
Cara ini memungkinkan iklan Anda jadi lebih relevan, efektif, tidak over budget, dan memiliki peluang lebih besar untuk menghasilkan konversi.
Audiens yang tepat menjadi salah faktor penting dalam mengukur tingkat keberhasilan kampanye iklan, sehingga bisa menghasilkan konversi atau Return of Investment (ROI) yang maksimal. Konversi ini tentunya berlaku secara online maupun offline.
Nah, untuk mendapatkan target audiens yang tepat, Anda sebagai pengiklan tidak sekadar wajib memiliki materi iklan yang berkualitas, namun harus pula tepat sasaran.
Meski begitu jangan khawatir, karena kini fitur smart campaign mampu melakukan optimalisasi penargetan yang berjalan secara otomatis.
Lebih tepatnya, kampanye ini bisa menganalisa perilaku, lokasi, perangkat, dan beberapa kriteria lainnya.
Smart campaign hanya akan menampilkan iklan yang relevan untuk menghasilkan konversi yang baik.
Contohnya, iklan penumbuh jenggot hanya akan ditampilkan pada pemirsa berjenis pria saja, dengan harapan target audiens yang masuk dalam kelompok tersebut akan tertarik, kemudian mau langsung melakukan pembelian.
Smart campaign bukan satu-satunya fitur baru yang dikembangkan pada Google Ads. Ada pula fitur tambahan lain yang tidak kalah keren bernama image picker.
Fitur ini membantu Anda sebagai pemilik produk untuk memperlihatkan sekitar tiga gambar terbaik yang mampu menonjolkan produk atau layanan yang Anda tawarkannya kepada audiens.
Gambar tersebut nantinya dapat Anda gabungkan dengan teks yang sudah tersedia, sehingga bisa membuat iklan yang tayang semakin efektif.
Memanfaatkan fitur smart campaigns yang sudah tersedia di Google Ads memungkinkan Anda mendapatkan otomatisasi dalam penggunaan anggaran iklan.
Hal ini memberi keuntungan karena Anda tidak perlu khawatir akan terjadi pemborosan budget iklan. Mengapa?
Agar lebih mudah memahami, perhatikan cara kerja fitur smart campaign berikut:
Hasil dari proses pengiklanannya nanti bisa Anda lihat pada laporan yang sudah langsung tersedia.
Evaluasi dan analisis hasil ini untuk memahami bagaimana anggaran Anda digunakan. Selanjutnya, gunakan hasil tersebut untuk menjalankan kampanye iklan yang lebih baik di masa depan.
Proses pembuatan iklan dalam smart campaigns sangat sederhana dan cepat.
Anda hanya perlu memasukkan beberapa detail sesuai kebutuhan, seperti deskripsi bisnis, buyer persona, tujuan iklan, dan anggaran.
Setelahnya, Google Ads yang akan mengurus sisanya, mulai dari penulisan materi iklan hingga menentukan format iklan yang paling sesuai untuk audiens target Anda.
Smart Campaigns tidak hanya berjalan secara otomatis, tetapi juga terus-menerus memantau dan mengoptimalkan kinerja iklan berdasarkan data real-time.
Jadi ketika terjadi perubahan tren maupun perubahan perilaku konsumen, fitur smart campaign di Google Ads akan segera menyesuaikan strategi iklan Anda agar tetap relevan dan efektif.
Kecanggihan kinerja smart campaign karena sudah menggunakan machine learning yang mampu memprediksi iklan mana yang paling mungkin menghasilkan konversi.
Berdasarkan prediksi tersebut, Google Ads melakukan penempatan iklan pada platform yang tepat dan pada waktu yang tepat, sehingga meningkatkan peluang terjadinya konversi.
Meskipun dapat bekerja secara otomatis, smart campaigns juga tetap menawarkan fleksibilitas dalam pengaturan kampanye.
Artinya, Anda dapat menyesuaikan target audiens, memilih platform iklan, dan mengatur anggaran sesuai kebutuhan bisnis.
Dengan cara ini, Anda tetap memiliki kendali penuh pada semua iklan yang ingin Anda tayangkan, sembari memanfaatkan fasilitas otomatisasi yang sudah tersedia di Google Ads.
Di saat yang sama, smart campaign sudah bisa Anda integrasikan dengan GMB atau Google My Business.
Mengintegrasikan smart campaign dengan Google My Business memungkinkan Anda menargetkan pelanggan di lokasi tertentu, misalnya di lokasi sekitar toko offline.
Integrasi tersebut pada akhirnya berguna untuk menarik pelanggan lokal yang ada di sekitar lokasi usaha Anda untuk berkunjung dan melakukan pembelian secara langsung (offline selling).
Terakhir, memanfaatkan fitur smart campaigns akan memudahkan Anda mengatur biaya per klik (CPC) yang kompetitif dan sesuai budget yang sudah Anda anggarkan.
Jadi, Anda tidak akan terkena biaya iklan di luar anggaran yang sudah ditetapkan untuk setiap klik yang terjadi. Cara ini tentunya bisa memaksimalkan ROI dan anggaran iklan tetap bisa terkontrol.
Meski begitu, tetap lakukan analisis dan evaluasi dari metrik dan data real time yang Anda dapatkan dalam setiap penyelenggaraan digital campaign.
Tinggal lihat saja pada laporan yang sudah tersedia. Beberapa data penting yang berkaitan dengan kinerja iklan, seperti jumlah klik, tayangan, dan konversi.
Laporan yang real time, lengkap, dan detail bisa memudahkan Anda mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan pada penyelenggaraan kampanye berikutnya.
Bagaimana? Apakah Anda sudah siap menggunakan fitur smart campaign dari Google Ads untuk mengembangkan usaha?
Jika iya, semua kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan kolaborasi bersama digital marketing agency Indonesia terpercaya.
Atau Anda bisa lho menghubungi Redcomm Indonesia, yaitu digital marketing agency Jakarta yang saat ini sudah menjadi Google Partner Premier, dan bisa Anda percaya menjalankan kampanye Google Ads bisnis Anda dengan lebih efektif.
Langsung saja hubungi di Kontak Redcomm. Jangan lupa tuliskan kebutuhan atau masalah yang sedang Anda hadapi. Nanti tim kami akan sesegera mungkin menghubungi Anda beserta solusinya.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC