Konten audio adalah sebuah tren baru yang sangat populer dua atau tiga tahun belakangan. Bahkan, hasil survei Nielsen Homescan, yang tertuang dalam Fanlinks 2016 Survey, menyebutkan kalau 50% pemilik rumah di Amerika adalah fans berat Podcast. Padahal, jumlah total rumah di Amerika Serikat kurang lebih 60 juta rumah. Artinya, angka tersebut termasuk fantastis, mengingat selain di Amerika, ada banyak penggemar Podcast pula dari seluruh dunia. Melihat banyaknya orang yang menggemari Podcast, sudah seharusnya para pebisnis mulai melirik Podcast sebagai media promosi. Kali ini, Redcomm Knowledge akan membahas mengenai cara terbaik memanfaatkan Podcast untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda. 

 

Ini Cara Terbaik Memanfaatkan Podcast untuk Meningkatkan Brand Awareness

Berapa banyak jumlah pendengar Podcast di Indonesia? Data yang pernah dihimpun Dailysocial menyebutkan bahwa di tahun 2018 saja, Spotify menjadi salah satu layanan pemutar Podcast paling populer di Indonesia. Ini berarti, ada banyak orang di Indonesia, yang jadi pendengar Spotify sekaligus mendengarkan konten audio di Podcast. 

 

Ada beberapa alasan mengapa Podcast begitu mudah menarik perhatian dan digemari masyarakat dunia, antara lain pilihan konten yang beragam dan tidak hanya sekadar musik saja. Selain itu, kemunculan para Podcaster milenial yang mampu menghadirkan berbagai konten audio yang menarik, menghibur, serta bermanfaat sebagai pengisi waktu dan penambah ilmu. 

 

Karena ada banyak pengguna Podcast di Indonesia, sudah seharusnya para pemilik usaha memanfaatkan Podcast sebagai media promosi sekaligus untuk meningkatkan brand awareness. Podcast bisa menjadi sarana pemasaran brand yang sesuai tujuan dan target market yang tepat. Alasannya, para pendengar akan merasa lebih akrab atas suara yang sering mereka dengarkan, termasuk isi kontennya. Jika ada promosi brand di dalamnya, otomatis kalau didengarkan berulang-ulang, akan ikut menjadi familiar di telinga pendengar. 

 

 

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membangun brand awareness di Podcast, antara lain:

 

  1. Memulai Podcast Anda Sendiri

Setelah Anda siap untuk mulai merekam Podcast Anda sendiri, tentunya membutuhkan hosting service yang mampu merekam setiap episode dengan baik. Ada banyak sekali platform yang bisa menjadi pilihan, akan tetapi berikut adalah beberapa yang paling populer di tengah masyarakat:

 

  • Skype

Sangat mudah sekali menggunakan platform ini untuk merekam Podcast, utamanya untuk remote Podcast. Caranya, cukup dengan memanggil tamu lewat Skype, kemudian tekan record. Setelah selesai dengan semua topik yang dibahas, maka Anda akan diarahkan untuk mengakses file audionya. Anda bisa melakukan editing terlebih dahulu sesuai kebutuhan. Memang bukan yang terbaik, tetapi cukup worth it untuk Anda coba.

 

  • Anchor (dari Spotify)

Anchor bisa Anda gunakan juga untuk merekam Podcast via ponsel pintar Anda. Bukan cuma untuk merekam Podcast sendirian, namun juga bisa digunakan untuk mengundang beberapa tamu, lalu merekam audionya. Setelah selesai, Anda bisa langsung mengeditnya serta menambahkan beberapa musik efek yang sudah tersedia di dalam aplikasi. Jika sudah selesai dengan proses pengeditan, Anda tinggal menerbitkan rekaman Anda langsung ke Spotify, Apple Music, atau Google Podcast dengan cepat dan mudah.

 

  • SquadCast

SquadCast bisa digunakan untuk merekam episode Podcast Anda via desktop. Hasilnya akan lebih bagus apabila diimbangi dengan mikrofon kualitas terbaik. Itulah mengapa, orang-orang yang memilih platform ini memiliki siaran Podcast dengan kualitas suara yang jernih.

 

 

Satu manfaat terbesar dengan memilih untuk memulai Podcast Anda sendiri, dalam rangka membangun brand awareness, adalah membuka banyak kesempatan kerja sama. Anda bisa membangun brand awareness sekaligus membuka jaringan bisnis yang baru.

 

Podcast Anda akan menemukan banyak jalan untuk berinteraksi dengan koneksi-koneksi bisnis baru, yang mungkin sebelumnya tak pernah ada kesempatan untuk saling bertemu satu sama lain. Lewat Podcast yang Anda rekam sendiri, Anda bisa melakukan soft selling pada para pendengar dan mengubah mereka menjadi customer yang loyal.

 

Selain itu, Anda juga bisa mengundang banyak tamu untuk meramaikan Podcast serta membuat mereka mengenali Anda sebagai expert di suatu bidang. Kelak, ketika mereka sedang dalam project, atau mungkin ada tawaran project yang sesuai dengan kemampuan Anda, maka mereka akan menghubungi Anda lebih dulu ketimbang yang lain. Hal itu pun, berlaku untuk brand bisnis Anda.

 

  1. Guesting Podcast

Menjadi tamu dalam sebuah siaran Podcast bisa menjadi cara untuk membangun brand awareness. Sebagai seorang tamu, Anda akan membagikan pendapat dan pandangan mengenai beberapa hal yang sedang dibahas oleh sang host, tentunya yang berhubungan dengan bidang bisnis Anda.

 

Sebagai seorang expert, pendapat Anda akan menambah nilai dari siaran Podcast tersebut. Bukan hanya akan memberikan pandangan baru bagi para subscribers akun Podcast tersebut, namun juga pada para pendengar baru.

 

Tidak sulit untuk menjadi seorang tamu dalam siaran Podcast. Sebab di luar sana, banyak sekali host yang sedang mencari guest seorang expert dalam berbagai bidang. Jadi, saat bisnis Anda, atau kemampuan yang Anda miliki, sesuai dengan topik yang akan mereka bahas, maka dengan cepat mereka akan mengontak untuk mengajak collab.

 

Keuntungan guesting Podcast adalah tak perlu capek-capek mengedit hasil rekaman. Anda juga tak perlu membuat banner promosi dan lain sebagainya, karena semuanya akan dilakukan oleh sang host selaku pemilik channel. Anda cukup hadir saat recording dan asyiknya lagi, proses ini bisa dilakukan remoted, di rumah masing-masing tanpa perlu saling bertemu.

 

 

  1. Membuat Iklan di Podcast

Anda bisa memanfaatkan Podcast untuk mengiklankan bisnis yang sedang dijalankan. Ada dua cara yang bisa dipilih untuk membuat iklan. Pertama, adalah membuat konten iklan yang akan muncul di sela-sela siaran Podcast (seperti iklan di radio). Cara yang kedua, bekerja sama dengan host Podcast.

 

Anda bisa meminta host tersebut untuk membahas sesuatu dalam Podcast mereka, yang berhubungan dengan brand Anda. Kemudian, mereka juga akan menyebut brand Anda dalam siaran mereka. Host bahkan bisa menjelaskan berbagai layanan yang tersedia dalam bisnis Anda, atau merekomendasikan produk terbaik yang bisa digunakan.

 

Tak ada pilihan yang buruk dari keduanya. Sebab, sama-sama bisa memberikan hasil yang maksimal apabila dilakukan dengan cara yang benar. Anda diberi kebebasan untuk memilih memasang iklan seperti di radio, atau menjadi sponsor bagi siaran seorang host. Bisa juga melakukan keduanya, untuk menemukan metode apa yang paling bagus dampaknya bagi brand Anda.