MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Ini Lho Pekerjaan yang Dilakukan Digital Marketing Agency

23 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 1.963  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Agensi pemasaran digital atau digital marketing agency adalah perusahaan atau organisasi yang menyediakan berbagai layanan pemasaran digital untuk membantu perusahaan, bisnis kecil, atau individu dalam mempromosikan brand secara online. 

Agensi ini biasanya terdiri dari berbagai spesialis di bidang pemasaran digital. Apa yang dilakukan digital marketing agency? Adapun pekerjaan digital marketing agency, antara lain SEO, PPC, social media marketing, content marketing, email marketing, dan masih banyak lagi. 

Cari tahu lebih lengkap pekerjaan yang biasa dilakukan agensi pemasaran digital di Redcomm Knowledge kali ini, yuk.

9 Pekerjaan yang Dilakukan Digital Marketing Agency

1. Menganalisis Kebutuhan Klien

Sebelum mulai melakukan pemasaran digital, tim agensi harus memahami kebutuhan klien terlebih dahulu. Itulah sebabnya, digital marketing agency akan mencari tahu apa tujuan bisnis yang mau Anda capai ketika Anda memutuskan bekerja sama dengan mereka. 

Lalu, mereka juga akan mencari tahu pangsa pasar, target audiens, dan pesaing bisnis.  Setelah memahami hal ini, baru mereka bisa merancang strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis tersebut.

2. Merancang Strategi Pemasaran Digital

Digital marketing agency dapat membantu Anda merancang strategi pemasaran digital yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Dalam perancangan strategi digital marketing, mereka menggunakan data dan alat analitik untuk melakukan analisis pasar, segmentasi target, rencana pemasaran, dan penentuan metrik untuk mengukur keberhasilan kampanye. 

3. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses mengoptimalkan situs web agar mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, dan jenis mesin pencari lainnya. Beberapa pekerjaan berkaitan dengan SEO, antara lain:

  • Menganalisis kata kunci.
  • Membuat konten berkualitas tinggi.
  • Optimalisasi teknis.
  • Mendapatkan backlink berkualitas tinggi.

4. PPC Advertising

PPC atau Pay-Per-Click adalah iklan di mana Anda membayar setiap kali iklan diklik. Jika bekerja sama dengan digital marketing agency, maka tugas mereka membantu Anda menargetkan kata kunci yang tepat serta membuat iklan yang menarik dan relevan. 

Mereka juga membantu mengelola anggaran iklan dengan baik agar mendapatkan Return of Investment (ROI) yang maksimal. Ini cara terbaik agar biaya iklan tidak boncos tanpa hasil.

5. Social Media Marketing

Ada banyak manfaat online presence bagi bisnis. Maka saat Anda bekerja sama dengan digital marketing agency, mereka akan membantu Anda meningkatkan online presence di media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Caranya, bisa dengan membuat konten kreatif dan menargetkan iklan kepada pengguna media sosial yang tepat.

6. Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada konten yang berkualitas tinggi. Digital agency biasanya memiliki tim khusus yang fokus pada pembuatan konten, seperti artikel blog, infografis, video, dan lainnya.

Anda pun jadi tak perlu repot lagi mengurusi konten. Cukup tim agensi saja yang bekerja membuat konten untuk membantu bisnis Anda membangun brand awareness, meningkatkan keterlibatan dengan audiens, dan memperbesar potensi terjadinya konversi.

7. Email Marketing

Jika ingin melakukan promosi dan pemasaran melalui email, Anda juga bisa menugaskan tim dari agensi digital yang Anda ajak bekerja sama. 

Mereka nanti yang memikirkan strategi konten untuk email marketing, mempersonalisasi email agar lebih menarik perhatian, sekaligus membuatkan database email untuk mengelola pelanggan potensial. 

8. Web Design and Development

Web design and development adalah layanan yang bertujuan untuk membuat website yang menarik, responsif, dan mudah digunakan. 

Selain membantu merancang situs web yang ramah pengguna, tim digital agensi juga bisa membantu mengoptimalkan kinerja website, menerapkan SEO, bahkan membuat website mudah ditemukan di mesin pencari.

9. Analisis dan Pelaporan

Digital marketing agency menggunakan data dan analisis untuk memahami efektivitas strategi pemasaran yang diterapkan. 

Mereka memberikan laporan bulanan atau mingguan kepada Anda mengenai kinerja kampanye dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan jika diperlukan.


Banyak ya ternyata pekerjaan yang bisa dilakukan digital marketing agency. Bahkan jika ada kebutuhan lain yang tak tercantum di atas, bisa saja Anda konsultasi dulu dengan tim digital marketing agency Jakarta. Lalu, cek juga nih waktu yang tepat untuk bekerja sama dengan mereka dengan klik link berikut: Kapan Waktu yang Tepat untuk Bekerja sama dengan Digital Marketing Agency?

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER