knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Promosi Produk Agar Laku Keras

15 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 27.898  
Digital Marketing

Cara Promosi Produk Agar Laku Keras

Ada berbagai inovasi cara promosi produk yang bisa Anda coba untuk meningkatkan target penjualan di era digital business ini.

Mengandalkan produk kekinian untuk meningkatkan penjualan atau sekadar membuat toko online ternyata tidak menjamin keberhasilan bisnis.

Anda harus tetap mempromosikan produk yang Anda miliki menggunakan strategi digital marketing.

Cara Mempromosikan Produk yang Bisa Anda Coba 

Untuk membantu menyelenggarakan strategi digital marketing dan digital campaign secara efektif, terutama untuk promosi dan pemasaran produk maupun layanan bisnis, Anda bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta.

Selain itu, Anda juga bisa berinovasi menerapkan beberapa strategi pemasaran berikut ini: 

1. Terapkan Copywriting di Media Sosial 

Pemanfaatan media sosial untuk melakukan promosi atau berjualan, tidak lagi sekadar membuat status berupa foto atau video produk dan layanan yang disediakan.

Mengapa? Karena saat ini persaingan bisnis di dunia digital semakin ketat dan ada jutaan pebisnis dari penjuru dunia melakukan strategi serupa.

Oleh karena itu, Anda perlu berinovasi dan membuat konten pemasaran yang berbeda dari para kompetitor. Anda juga perlu mempelajari dan memiliki kemampuan copywriting.

Copywriting adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan bisnis secara lebih efektif di berbagai platform media sosial yang Anda gunakan.

Anda juga bisa melakukan social media campaign untuk membuat calon pelanggan tertarik dan memutuskan membeli produk yang Anda tawarkan.

2. Tidak Hanya Sekadar Membuat Konten yang Menarik 

Faktanya, menyusun strategi konten yang menarik dapat mendongkrak penjualan Anda dari waktu ke waktu. Tetapi bagaimana jika kompetitor juga melakukan hal yang sama?

Mau tidak mau, Anda perlu mengenali kebutuhan pelanggan terlebih dahulu, kemudian membuat konten yang benar-benar mereka butuhkan.

Data mengenai kebutuhan pelanggan bisa Anda dapatkan dengan banyak cara, misalnya mengadakan survei online atau meminta pengikut media sosial Anda mengisi kuesioner.

Agar lebih mudah, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia terpercaya untuk membantu Anda mendapatkan semua data yang dibutuhkan terkait calon pelanggan atau target konsumen. 

Dari data tersebut, Anda bisa membuat konten berupa foto, video, dan infografis sesuai kebutuhan pelanggan.

Dengan tema seputar tips, how to, edukatif, hiburan, atau inspiratif, Anda bisa menyelipkan informasi mengenai produk dan layanan bisnis. 

Cara promosi softselling ini lebih berkesan dan bisa merebut hati calon pelanggan yang menjadi target pasar Anda. Konten yang Anda buat juga bisa menjadi bagian digital marketing websites.

Namun jangan lupa, membangun website maupun toko online juga membutuhkan perhatian khusus.

Mulai dari desain tampilan yang eye-catchy hingga unsur penting, seperti user friendly, tampilan yang konsisten, dan mudah digunakan pada perangkat mobile maupun desktop.

3. Memberikan Penawaran Menarik  

Anda bisa memberikan penawaran, seperti diskon atau potongan harga, bebas ongkos kirim, membagikan kupon promo, hingga cashback, saat melakukan digital marketing campaign.

Penawaran tersebut akan menarik minat calon pelanggan untuk terus berbelanja pada toko Anda karena merasa lebih menguntungkan.

Di Indonesia, penawaran seperti ini sering diadakan saat Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) atau hari spesial lainnya.

4. Mengadakan Flash Sale 

Flash sale adalah strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan untuk menjual produk dengan harga murah, jumlah terbatas, dan dalam durasi waktu singkat.

Penawaran terbatas ini akan membuat pembeli tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut.

Strategi ini cocok Anda terapkan kalau ingin menghabiskan stok barang yang sudah mengendap di gudang atau masuk dalam kategori deadstock.

5. Memberikan Hadiah dan Mengadakan Giveaway 

Memberikan hadiah dan giveaway adalah cara yang banyak dilakukan brand atau perusahaan untuk menarik pelanggan.

Untuk pemberian hadiah, Anda bisa melakukannya dengan menentukan syarat tertentu, menyelenggarakan lomba, atau kuis berhadiah.

Sementara giveaway  sebenarnya kurang lebih ya. Tinggal tentukan sejumlah syarat dan peserta harus memenuhi syarat tersebut untuk jadi pemenang.

Misalnya, salah satu syaratnya adalah mention teman dan tag, karena target Anda menyelenggarakan giveaway untuk menjangkau lebih banyak konsumen baru.

Dari campaign ini akan semakin banyak pengguna media sosial lain yang mendapatkan informasi mengenai brand Anda, sehingga engagement bisnis Anda pun jadi lebih baik.

6. Memberikan Sample Produk 

Memperkenalkan produk baru sebelum dipasarkan juga perlu Anda lakukan. Caranya, dengan memberikan sample produk atau tester untuk pelanggan.

Sample produk bisa Anda berikan dalam kemasan berukuran kecil dan sertakan pada setiap pembelian produk yang Anda jual.

Tujuannya untuk mengetahui respons pembeli. Jika banyak respons positif dari pembeli, Anda bisa menerapkan cara promosi berikutnya untuk menembus pasar yang lebih luas lagi.

7. Review dari Pembeli 

Calon konsumen di era digital business biasanya mencari tahu kualitas produk berdasarkan ulasan pelanggan sebelumnya.

Oleh karena itu, pertahankan kualitas produk dan layanan Anda agar pelanggan selalu memberikan ulasan dan informasi yang positif melalui website maupun media lainnya. 


Persaingan bisnis saat ini memang sangat ketat. Tiap-tiap pemilik bisnis menginginkan lebih banyak konsumen demi mendapatkan lebih banyak keuntungan. Namun jangan khawatir. Dengan strategi pemasaran yang tepat, Anda berpotensi memenangkan persaingan ini.

Untuk itu, terapkan saja campaign marketing yang tepat sasaran. Anda bisa menghubungi Kontak Redcom, yaitu tim digital marketing agency Jakarta, yang siap membantu Anda mewujudkannya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER