Ada berbagai inovasi yang bisa Anda coba untuk melakukan promosi produk yang bisa meningkatkan target penjualan di era digital business seperti sekarang ini. Sebab, jika hanya mengandalkan produk kekinian untuk dijual ataupun sekadar membuat toko online, itu tidak menjamin keberhasilan bisnis. Anda harus tetap mempromosikan produk yang Anda miliki menggunakan strategi digital marketing.  

 

Cara Mempromosikan Produk yang Bisa Anda Coba 

Untuk membantu Anda menyiapkan digital marketing strategist  yang sesuai dengan produk maupun layanan yang ditawarkan, Anda bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta yang bisa membantu Anda menyusun digital campaign secara efektif. Selain itu, Anda juga bisa berinovasi dalam menerapkan strategi pemasaran berikut ini: 

 

 

  1. Terapkan Copywriting di Media Sosial 

Pemanfaatan media sosial sebagai wadah untuk melakukan promosi, bahkan untuk berjualan, sudah tak lagi hanya sekadar membuat status tentang produk atau layanan yang disediakan disertai foto atau video. Mengapa? Karena saat ini persaingan bisnis di dunia digital sudah semakin ketat dan ada jutaan pebisnis dari penjuru dunia yang juga melakukan strategi serupa. Oleh karena itu, Anda perlu berinovasi dan membuat konten pemasaran yang berbeda dari para kompetitor agar bisnis Anda lebih terlihat oleh target pelanggan. 

 

Anda juga perlu mempelajari dan memiliki kemampuan copywriting. Kemampuan ini akan sangat membantu Anda untuk mengkomunikasikan bisnis Anda secara lebih efektif di berbagai platform media sosial yang Anda gunakan. Anda juga bisa melakukan social media campaign, sehingga membuat calon pelanggan tertarik dan memutuskan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. 

 

  1. Tidak Hanya Sekadar Membuat Konten yang Menarik 

Menyusun strategi konten yang menarik dapat mendongkrak penjualan Anda dari waktu ke waktu. Ini fakta yang tak bisa dipungkiri. Tetapi bagaimana jika kompetitor juga melakukan hal yang sama? 

 

Oleh karena itu, Anda tidak lagi bisa melakukan promosi hanya dengan membuat konten yang menarik saja. Kadar menarik pada setiap orang itu berbeda. Alangkah lebih baiknya, Anda membuat konten yang benar-benar dibutuhkan oleh target pelanggan Anda. Data mengenai kebutuhan pelanggan bisa Anda dapatkan dengan banyak cara, misalnya dengan mengadakan survei online, meminta sebanyak mungkin orang di jaringan pertemanan Anda di media sosial untuk mengisi kuesioner. Atau bekerja sama saja dengan best digital agency terpercaya yang memiliki kemampuan untuk membantu Anda mendapatkan semua data yang Anda butuhkan terkait calon pelanggan atau target konsumen Anda. 

 

Dari data yang sudah terkumpul itulah kemudian Anda membuat konten sesuai dengan yang pelanggan butuhkan. Konten tetap bisa berupa foto, video, infografis dan sebagainya. Temanya bisa terkait tips, how to, konten edukatif, konten pengetahuan, hiburan, atau inspiratif. Di dalam konten tersebut, baru selipkan mengenai produk dan layanan bisnis Anda. 

 

 

Cara promosi dengan soft selling seperti ini jauh lebih berkesan dan bisa merebut hati calon pelanggan yang menjadi target pasar Anda. Konten-konten yang Anda buat ini bisa menjadi bagian dari kegiatan digital marketing websites. Namun jangan lupa, membangun website maupun toko online juga membutuhkan perhatian khusus, mulai dari desain untuk tampilan situs toko online Anda pun berpengaruh terhadap kesan pertama calon pembeli terhadap produk Anda. Buatlah website atau toko online Anda menggunakan desain yang menarik dengan memperhatikan unsur-unsur seperti user friendly, tampilan yang konsisten, dan mudah digunakan pada perangkat mobile maupun desktop

 

  1. Memberikan Penawaran Menarik  

Penawaran seperti diskon atau potongan harga, bebas ongkos kirim, membagikan kupon promo, hingga cashback, bisa digunakan saat melakukan digital marketing campaign pada produk Anda. Banyaknya penawaran yang Anda berikan akan menarik minat calon pelanggan untuk terus berbelanja pada toko Anda karena merasa lebih menguntungkan. Di Indonesia, biasanya penawaran seperti ini diadakan saat Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) atau hari spesial lainnya. 

 

  1. Mengadakan Flash Sale 

Flash Sale adalah strategi digital marketing yang dilakukan dengan cara menjual produk dengan harga murah dan dalam jumlah yang terbatas. Umumnya, dilakukan dalam durasi waktu yang singkat juga. Dengan memanfaatkan penawaran yang terbatas dan waktu yang singkat seperti ini akan membuat pembeli tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut. Bahkan strategi ini cocok diterapkan untuk stok barang yang sudah mengendap di dalam gudang atau masuk dalam kategori deadstock

 

  1. Memberikan Hadiah dan Mengadakan Giveaway 

Memberikan hadiah dan mengadakan giveaway menjadi cara yang banyak dilakukan oleh brand atau perusahaan untuk menarik pelanggan. Cara promosi produknya mudah dan sederhana, yaitu dengan memberikan hadiah kepada pembeli secara langsung. Sementara giveaway mengharuskan peserta melakukan sejumlah syarat yang sudah ditentukan oleh Anda sebagai penyelenggaranya. 

 

Anda dapat menjangkau banyak konsumen dengan cara ini, karena salah satu syarat yang biasa ditetapkan dalam mengikuti giveaway adalah menyertakan tag dan mention kepada followers masing-masing peserta. Maka dari campaign ini akan semakin banyak pengguna media sosial lain yang mendapatkan informasi mengenai brand Anda, sehingga bisnis Anda pun akan semakin banyak pula dikunjungi orang. 

 

 

  1. Memberikan Sample Produk 

Memperkenalkan produk baru sebelum dipasarkan juga perlu dilakukan. Caranya, dengan memberikan sample produk atau tester untuk pelanggan. Sample produk bisa Anda berikan dalam kemasan berukuran lebih kecil dan disertakan pada setiap pembelian produk yang Anda jual. Tujuannya, tentu saja untuk mengetahui respons para pembeli. Jika banyak respons positif dari pembeli, Anda bisa menerapkan cara promosi berikutnya untuk menembus pasar yang lebih luas lagi. 

 

  1. Review dari Pembeli 

Calon konsumen di era digital business biasanya mencari tahu kualitas produk berdasarkan ulasan yang sudah diberikan oleh pelanggan sebelumnya. Maka dari itu, pertahankan kualitas produk dan layanan Anda agar pelanggan selalu memberikan ulasan dan informasi yang benar serta positif, baik melalui website maupun media lainnya. 

 

Tidak bisa dipungkiri jika persaingan bisnis, terutama di media online sangat sulit untuk dimenangkan jika Anda tidak memahami cara mempromosikan produk yang baik dan benar. Cobalah terapkan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Namun, jika Anda merasa kesulitan melakukannya sendiri, cobalah bekerja sama dengan top digital agencies yang ada di Indonesia. Selamat mencoba!