MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Googlebot Itu Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?

12 Jun  · 
2 min read
 · 
eye 9.902  
Website & Mobile Apps

redcomm

Googlebot adalah web crawler dari Google yang kerap disebut juga dengan spider. Agar dapat memahami dengan lebih jelas apa itu Googlebot, Anda perlu terlebih dahulu memahami tentang web crawler.

 

Web crawler merupakan program sederhana yang melakukan scan atau crawl pada banyak halaman di mesin pencari dengan menggunakan metode tertentu. Hal ini juga yang dilakukan oleh Googlebot. Lalu, apa sebenarnya Googlebot dan bagaimana cara kerja Googlebot? 

 

Pengertian Googlebot

Googlebot adalah program yang digunakan oleh Google untuk mengumpulkan berbagai halaman yang ada di mesin pencari guna mengumpulkan informasi, di mana informasi-informasi tersebut akan dikelompokkan, kemudian digunakan sebagai dasar dalam menentukan indeks Google. Hal ini dibutuhkan agar situs Anda bisa dengan mudah ditemukan oleh search engine.

 

Sebuah situs bisa muncul pada mesin pencari karena adanya proses web crawling dan juga indexing. Proses tersebut bisa dilakukan dengan bantuan bot yang disebut web crawler, di mana Googlebot adalah salah satunya. Setelah itu search engine akan menampilkan konten website di SERP sesuai dengan permintaan pengguna internet yang memasukkan kata kunci tertentu. Pembahasan mengenai cara kerja search engine secara lengkap, bisa Anda baca pada artikel yang berjudul 7 Hal Penting Tentang Cara Kerja Search Engine.

 

 

Cara Kerja Google bot

Cara kerja Googlebot bisa digambarkan sebagai robot yang merayapi atau melakukan crawl ke setiap halaman website yang sudah didaftarkan pemiliknya, menemukan konten di dalam berbagai situs, kemudian informasinya dikumpulkan dan disimpan berdasarkan kategori tertentu di dalam database Google. Baru kemudian dilakukan indexing di mesin pencarian. 

 

Jika dijabarkan dalam langkah-langkah atau proses kerjanya, maka akan tampak sebagai berikut:

 

  • Robot Google mengunjungi sebuah website serta seluruh link, baik internal backlink maupun eksternal backlink, yang ada di dalamnya. Keberadaan backlink dofollow penting dalam hal ini, banyak manfaat backlink yang bisa didapatkan sebuah website, terutama website bisnis.
  • Apabila website Anda merupakan website yang baru dibangun dan belum terdapat link lain di dalamnya, Anda dapat memasukkan URL dari situs Anda ke dalam Google Search Console, yang memancing robot Google untuk mendatangi situs Anda. 
  • Googlebot akan mencatat link yang ditemukan kemudian memasukkannya ke dalam database Google untuk diindeks (request indexing). Tentunya link yang dapat diindeks hanya link dari halaman yang bersifat publik. Sebab web crawler tidak mencatat halaman yang tidak bisa diakses karena private.
  • Informasi yang disimpan Googlebot adalah berupa tulisan serta meta tag.
  • Selanjutnya, informasi tersebut akan disimpan ke dalam indeks mesin pencarian, agar dapat muncul ketika user melakukan pencarian pada keyword serupa.

 

 

Setting Googlebot

Pada dasarnya, Googlebot merayap melalui HTTP/1.1. Namun sejak bulan November 2020 setting Googlebot dapat mengunjungi situs yang support ke HTTP/2. Proses ini tidak berpengaruh pada indeks maupun penentuan peringkat situs, tetapi mampu menghemat resource komputasi pada Googlebot dan juga situs.

 

Apabila Anda tidak ingin Googlebot merayapi situs Anda, ada beberapa opsi yang bisa Anda lakukan. Namun, pastikan Anda sudah paham benar perbedaan mencegah Googlebot merayapi halaman, mencegah proses pengindeksan halaman, serta menutup akses sama sekali baik oleh crawler maupun pengguna.

 

Sementara untuk memverifikasi bahwa yang mengakses server benar-benar Googlebot dan bukan spammer, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini: 

 

  • Gunakan pencarian DNS pada alamat IP akses dari log Anda dengan bantuan perintah host.
  • Pastikan nama domain google.com atau googlebot.com.
  • Gunakan pencarian DNS pada nama domain yang diambil dari langkah pertama melalui perintah host. Verifikasi alamatnya sama dengan alamat IP asli dari log Anda

 

 

Sementara jika Anda ingin mengoptimalkan situs web saat di-crawl, pastikan konten Anda mudah dilihat di browser teks. Selain itu, gunakan halaman kanonis sehingga membantu Googlebot memperoleh halaman duplikat yang tepat. Arahkan Googlebot melalui situs Anda dengan memanfaatkan meta tag, meta description, maupun robots.txt

 

Pastikan juga isi konten Anda relevan, berisi artikel yang SEO friendly, serta terdapat tautan internal. Pastikan pula website Anda memiliki peta situs. Dengan begitu, kemungkinan situs Anda diindeks akan lebih sering dan juga cepat.

 

Googlebot adalah web crawler yang membantu memastikan web Anda diindeks serta dirayapi secara menyeluruh oleh robot Google sehingga mampu memberi hasil terbaik. Maka manfaatkan hal ini dengan bijak dan maksimalkan kinerjanya agar website mudah ditemukan pengguna internet di mesin pencari, yang kemudian berdampak pada penjualan atau pengembangan bisnis.

 

Jika Anda masih bingung dengan apa itu Googlebot dan cara kerjanya, Anda bisa berkonsultasi dengan tim SEO dari digital agency Jakarta terpercaya. Salah satu digital agency yang bisa Anda hubungi adalah RedComm Indonesia. Tim RedComm akan dengan senang hati membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan akan digital campaign atau penerapan digital marketing strategist.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER