Googlebot adalah web crawler dari Google yang kerap disebut juga dengan spider.
Googlebot adalah web crawler dari Google yang kerap disebut juga dengan spider.
Sementara web crawler adalah program sederhana yang melakukan scan atau crawl pada banyak halaman di mesin pencari dengan menggunakan metode tertentu. Hal ini juga yang dilakukan oleh Googlebot.
Agar dapat memahami dengan lebih jelas apa itu Googlebot, cara kerja Googlebot, dan cara settingnya, baca artikel ini sampai selesai ya.
Pengertian Googlebot adalah program yang digunakan oleh Google untuk mengumpulkan berbagai halaman yang ada di mesin pencari guna mengumpulkan informasi.
Lalu, semua informasi tersebut akan dikelompokkan, kemudian digunakan sebagai dasar dalam menentukan indeks Google.
Proses inilah yang nantinya akan menentukan situs Anda mudah ditemukan audiens di search engine atau tidak.
Suatu situs bisa muncul di halaman pencarian mesin pencari karena adanya proses web crawling dan juga indexing. Hanya bot atau web crawler yang bisa melakukan proses crawling, di mana Googlebot adalah salah satunya.
Setelah itu, search engine akan menampilkan konten website di SERP sesuai dengan permintaan pengguna internet yang memasukkan kata kunci tertentu.
Pembahasan lengkap mengenai bagaimana bot melakukan crawling hingga indexing bisa Anda baca pada artikel berjudul Cara Kerja Search Engine.
Cara kerja Googlebot bisa digambarkan sebagai robot yang merayapi atau melakukan crawl ke setiap halaman website yang sudah didaftarkan pemiliknya.
Robot kemudian menemukan konten di dalam berbagai situs, mengumpulkan dan menyimpan informasi yang mereka dapatkan berdasarkan kategori tertentu di dalam database Google. Baru setelahnya bot melakukan indexing di mesin pencarian.
Jika dijabarkan dalam langkah-langkah atau proses kerjanya, maka akan tampak sebagai berikut:
Robot Google mengunjungi suatu website serta seluruh link, baik internal backlink maupun eksternal backlink, yang ada di dalamnya.
Keberadaan backlink dofollow penting dalam hal ini. Ada banyak manfaat backlink yang bisa didapatkan suatu website, terutama website bisnis.
Apabila website Anda termasuk website yang baru dibangun dan belum memiliki link lain di dalamnya, lakukan permintaan indeks atau request indexing.
Caranya, masukkan URL situs Anda ke Google Search Console untuk memancing robot Google berkunjung dan melakukan crawling di situs Anda.
Googlebot akan mencatat semua link yang berhasil ditemukan, kemudian memasukkannya ke dalam database Google untuk diindeks.
Tentunya link yang dapat diindeks hanya link dari halaman yang bersifat publik. Sebab web crawler tidak mencatat halaman yang tidak bisa diakses karena private.
Selain itu, informasi yang disimpan Googlebot berupa tulisan serta meta tag.
Semua informasi yang sudah Googlebot kumpulkan akan masuk ke indeks mesin pencari. Nanti ketika ada audiens melakukan pencarian dengan memasukkan kata kunci tertentu, baru informasi yang paling relevan yang muncul pada halaman hasil pencarian.
Pada dasarnya, Googlebot merayap melalui HTTP/1.1. Namun sejak bulan November 2020 setting Googlebot dapat mengunjungi situs yang support ke HTTP/2.
Proses ini tidak berpengaruh pada indeks maupun penentuan peringkat situs, tetapi mampu menghemat resource komputasi pada Googlebot dan juga situs.
Apabila tidak ingin Googlebot merayapi situs Anda, ada beberapa opsi yang bisa Anda lakukan. Namun, pastikan Anda sudah paham benar mengenai perbedaan mencegah Googlebot merayapi halaman, mencegah proses pengindeksan halaman, serta menutup akses sama sekali baik oleh crawler maupun pengguna.
Sementara untuk memverifikasi user yang mengakses server benar-benar Googlebot dan bukan spammer, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:
Sementara jika ingin mengoptimalkan situs web saat di-crawl, pastikan konten Anda mudah dilihat di browser teks.
Selain itu, gunakan halaman kanonis sehingga membantu Googlebot memperoleh halaman duplikat yang tepat. Arahkan Googlebot melalui situs Anda dengan memanfaatkan meta tag, meta description, maupun robots.txt.
Selanjutnya, Anda perlu memastikan isi konten relevan, artikel sesuai kaidah SEO friendly, situs web sudah memiliki peta situs atau sitemap, serta terdapat tautan internal. Dengan cara ini, kemungkinan situs Anda diindeks akan lebih sering dan juga cepat.
Googlebot adalah web crawler yang membantu memastikan web Anda diindeks serta dirayapi secara menyeluruh oleh robot Google sehingga mampu memberi hasil terbaik.
Maka manfaatkan hal ini dengan bijak dan maksimalkan kinerjanya agar website mudah ditemukan pengguna internet di mesin pencari, yang kemudian berdampak pada penjualan atau pengembangan bisnis.
Masih belum benar-benar paham mengenai apa itu Googlebot dan cara kerjanya? Tenang! Anda bisa berkonsultasi dengan tim SEO dari digital agency Jakarta terpercaya.
Salah satu digital agency yang bisa Anda hubungi adalah RedComm Indonesia. Tim RedComm akan dengan senang hati membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan akan digital campaign atau penerapan digital marketing strategist.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC