Selain melakukan social media campaign, di era digital business seperti sekarang mengelola toko online melalui sebuah situs khusus juga penting dilakukan oleh pelaku usaha, termasuk para pelaku bisnis UKM. Dengan adanya situstoko online, pelanggan akan lebih nyaman dalam berbelanja dan mencari tahu detail informasi mengenai produk. 

 

Situs toko online memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan situs biasa. Di dalam situs toko online, perlu ada sejumlah fitur pendukung yang harus disediakan untuk membuat pelanggan betah dan nyaman saat berbelanja. Fitur-fitur tersebut memang sebaiknya bisa bekerja layaknya fitur atau menu yang ada di situs e-commerce maupun marketplace.

 

Inilah Fitur yang Wajib Ada di Toko Online

Walaupun toko online atau online shop ini lebih lazim ditemukan di media sosial, namun beberapa pelaku usaha ada juga yang membuat situs toko online untuk memanjakan para pelanggannya. Nah, jika saat ini Anda hanya mengelola online shop di media sosial saja, maka tak ada salahnya untuk membuat versi situsnya. 

 

 

Berikut ini adalah  fitur-fitur yang wajib dimiliki situs online shop agar bisa memaksimalkan kemungkinan terjadinya konversi dalam bentuk transaksi pembelian yang dilakukan oleh para pelanggan di toko Anda. 

 

  1. Keranjang Belanja

Pada situs toko online, kehadiran keranjang belanja atau shopping cart sangatlah penting. Adanya keranjang belanja mampu meningkatkan kemungkinan pelanggan membeli banyak barang di toko Anda. Tanpa adanya fitur keranjang belanja, bagaimana mungkin pelanggan bisa membeli produk yang Anda tawarkan?

 

  1. Tampilan yang Mudah Dipahami dan Mobile Friendly

Para pelanggan yang berbelanja secara online berasal dari banyak kalangan. Di antara mereka, tidak semuanya memahami cara kerja menu yang tersedia di suatu website. Untuk itu, sangat disarankan agar Anda membuat tampilan situs yang mudah dipahami orang awam, termasuk pilihan bahasa. Ada baiknya situs dibuat multilingual agar membuka peluang untuk mendapatkan pelanggan lintas bahasa.

 

Saat ini, mayoritas pengguna internet lebih banyak mengakses berbagai hal melalui ponsel, mulai dari mencari informasi, belajar, berinteraksi, bahkan melakukan kegiatan berbelanja. Oleh karena itu, Anda harus memuat situs toko online yang mobile friendly. Jika hal ini tidak Anda perhatikan, pelanggan bisa saja berpaling ke toko lain atau memilih berbelanja di toko kompetitor. Dengan kata lain, buatlah situs online shop yang ramah bagi pengguna, baik melalui website maupun gadget..

 

  1. Sediakan Fitur Wishlist

Selain menyediakan shopping cart, Anda perlu menghadirkan menu wishlist. Tujuannya, agar pelanggan yang baru melihat-lihat bisa menandai barang yang diinginkan. Nanti ketika mereka kembali mengunjungi situs Anda, lalu melihat daftar keinginan yang sebelumnya telah dibuat, bisa jadi mereka akan langsung memutuskan untuk membeli produk tersebut. 

 

  1. Menu Pencarian

Fitus ini sangat penting dimunculkan di semua jenis website, termasuk toko online. Fungsinya, supaya para calon pelanggan bisa langsung melakukan pencarian barang yang mereka butuhkan dengan lebih cepat. Mereka jadi tak perlu lagi mencari satu demi satu diantara sekian banyak produk yang tersedia. Masyarakat modern saat ini mengutamakan kecepatan dan efisiensi waktu, sehingga toko online yang mampu memenuhi kebutuhan mereka dengan cepat pastilah akan jadi pilihan utama. 

 

 

  1. Fitur Rekomendasi Produk Serupa

Biasanya orang akan mencari produk yang paling sering mereka lihat di kehidupan sehari-hari. Jika Anda tidak menjual produk tersebut, Anda masih bisa merekomendasikan produk yang serupa agar pelanggan tidak pindah ke toko lain.

 

  1. Tombol Call to Actions yang Menarik dan Tombol Check Out yang Ringkas

Banyak sekali toko online di internet yang hanya memberikan informasi produk saja, namun tidak dilengkapi dengan tombol call to actions (CTA) yang menarik. Padahal tombol CTA ini tidak bisa dianggap remeh, karena dapat mempengaruhi niat awal pengunjung yang pertamanya hanya ingin melihat-lihat, tapi karena terselip penawaran menarik, lalu malah tertarik untuk melakukan checkout. Fitur ini bisa meningkatkan keinginan pelanggan untuk melakukan pembelian. 

 

  1. Informasi Ongkos Kirim

Sebagai toko yang memanfaatkan internet, tentunya pelanggan yang berkunjung berasal dari berbagai tempat, baik yang dekat ataupun yang jauh. Untuk itu, cobalah memberikan menu informasi mengenai ongkos kirim beserta pilihan jasa pengirimannya agar mereka tetap tertarik berbelanja di toko Anda. Alangkah baiknya jika Anda juga menjalin kerja sama dengan berbagai jasa pengiriman sehingga pelanggan bisa memutuskan hendak menggunakan jasa pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. 

 

  1. Layanan Informasi Berupa Live Chat dan FAQ

Selain membaca informasi terkait produk pada menu keterangan, biasanya pelanggan juga tetap membutuhkan layanan informasi lain secara langsung. Untuk itu, Anda bisa menyediakan fitur live chat atau informasi nomor penting yang bisa dihubungi dengan cepat, seperti menambahkan tombol untuk terhubung langsung ke percakapan whatsapp. Jangan lupa untuk membuat halaman khusus mengenai pertanyaan umum atau FAQ yang sering ditanyakan pelanggan. Seperti informasi pembatalan, refund, dan lainnya.

 

  1. Informasi Promo

Bagi setiap pelanggan, kehadiran promo atau diskon tentu menjadi suatu hal yang menarik. Anda bisa menghadirkan halaman tersendiri yang memberikan informasi mengenai promo menarik ataupun membuatnya dalam bentuk slide di bagian header situs. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya dalam bentuk pesan pop-up saat pertama kali pengunjung datang.

 

  1. Halaman Produk Baru

Untuk memberitahu pelanggan terkait produk baru yang sudah tersedia, Anda bisa memberikan halaman tersendiri. Di dalam halaman ini, lengkapi informasi mengenai produk baru dengan ulasan menarik yang sayang bila dilewatkan. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan satu bagian di halaman beranda, yang akan secara langsung menarik perhatian pengunjung saat pertama mereka membuka situs Anda.

 

 

  1. Layanan Pembayaran yang Beragam

Saat ini transaksi pembayaran sudah sangat beragam. Anda bisa memberikan informasi mengenai layanan pembayaran yang tersedia hingga pelanggan yang melakukan pembelian suatu produk, bisa memilih sendiri layanan pembayaran yang sesuai dengan kebiasaan mereka. Karena jika pilihan layanan pembayaran terbatas dan pelanggan tidak memiliki jenis pembayaran yang tersedia, mereka bisa beralih ke tempat lain. 

 

Demikianlah artikel singkat mengenai beberapa fitur yang wajib ada di situs toko online. Jangan lupa menyediakan tombol atau formulir log in yang ringkas. Kalau saat ini Anda belum memiliki toko online dan belum tahu cara membuatnya, Anda bisa menghubungi Redcomm yang akan dengan senang hati membantu Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang mengelola toko secara online. Selamat mencoba!