Memiliki usaha kecil maupun besar saat ini bisa dilakukan siapa pun. Namun, Anda harus mempersiapkan dan membekali diri dengan baik, mengingat persaingan bisnis di masa sekarang ini sedemikian ketat. Alih-alih menjalankan bisnis, terutama bisnis UMKM, secara konvensional, lebih baik Anda mulai memanfaatkan teknologi.

 

Salah satu cara mengembangkan bisnis UMKM dengan memanfaatkan teknologi adalah membuat toko online. Ada banyak alasan kenapa Anda harus membuat toko yang bisa Anda jalankan hanya dengan memanfaatkan perangkat laptop atau smartphone dan akses internet ini. 

 

Mengembangkan Bisnis UMKM dengan Membuat Toko Online

Persaingan bisnis yang ketat dan kondisi ekonomi saat ini, terutama sejak pandemi melanda dunia, termasuk Indonesia, mendorong setiap orang melakukan perubahan besar-besaran. Jika sebelumnya banyak yang berbisnis dengan menggunakan toko offline, di mana pembeli dan penjual bisa berinteraksi secara tatap muka, maka model bisnis seperti itu sudah tak efektif lagi dilakukan di masa sekarang. 

 

Maka supaya Anda tetap memiliki peluang besar untuk mengembangkan bisnis UMKM, ada baiknya Anda mulai membuat toko online. Bisa dikatakan, progres usaha yang tidak memanfaatkan media online lama-lama akan redup karena kalah dengan para kompetitor yang telah lebih dulu menjalankan bisnis secara online

 

Lalu, bagaimana caranya memulai bisnis secara online? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan ketika Anda membuat toko online agar usaha semakin berkembang:

 

 

  1. Memanfaatkan Platform Pemasaran

Pelaku usaha atau UMKM bisa dengan mudah memanfaatkan website marketing yang tersedia saat ini. Buatlah brand yang menarik agar usaha atau produk yang Anda tawarkan lebih mudah untuk dikenal masyarakat. Ketika membuka toko online, Anda jangan hanya fokus pada penjualan, namun buat orang tertarik dan kenal dengan produk Anda melalui interaksi yang baik sehingga mereka jadi merasa dekat dengan bisnis Anda, kemudian merekomendasikannya ke teman-teman dalam jaringan pertemanan mereka. 

 

Ada banyak platform pemasaran yang bisa Anda coba selain menggunakan website bisnis untuk toko online, misalnya memanfaatkan media sosial, e-commerce, marketplace, dan sebagainya. Hanya saja, Anda perlu mencari tahu juga tentang toko online vs marketplace mana yang lebih cocok untuk bisnis Anda.  

 

  1. Mengenali Target Market

Tips berikutnya yang harus dilakukan setelah Anda membuat toko online adalah mengenali target market. Sebuah produk tentu saja tidak selalu bisa menarik semua orang. Produk akan lebih mudah dilirik oleh mereka yang membutuhkan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui kira-kira siapa saja target pemasaran untuk bisnis atau usaha yang Anda kembangkan. Ini cara terbaik untuk mempromosikan produk agar laku keras.

 

Saat ini untuk memfokuskan target pemasaran bisa dilakukan dengan mudah melalui fitur-fitur yang ada pada media online. Gunakan media online yang efektif untuk mendatangkan pelanggan dan memiliki fitur yang lengkap seperti Facebook, Instagram, atau website toko online. Platform tersebut sudah menyediakan fitur yang memudahkan para pelaku usaha untuk membuat target yang akurat.

 

 

  1. Gunakanlah Iklan Berbayar

Jika Anda sudah memiliki atau membuat toko online, Anda bisa mulai melakukan eksplorasi yang lebih mendalam pada platform yang Anda gunakan, termasuk berbagai fitur yang tersedia. Cari tahu pula, apakah memungkinkan untuk menggunakan iklan berbayar. 

 

Beberapa fitur iklan berbayar yang mudah Anda gunakan, seperti Facebook ads, Google ads, atau Instagram ads. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang dibutuhkan untuk beriklan menggunakan media seperti ini, karena Anda bisa mengatur sendiri berapa biaya yang harus dihabiskan untuk beriklan.

 

  1. Berikan Layanan Terbaik

Tips berikutnya yang juga perlu Anda lakukan agar usaha yang dijalani semakin besar adalah memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pelanggan. Memaksimalkan layanan mulai dari customer service hingga pengiriman produk atau barang. Semakin bagus pelayanan yang diberikan, akan semakin membuat customer tertarik untuk menjadi pelanggan setia.

 

 

  1. Dapatkan Review Positif dari Pelanggan

Memiliki website untuk usaha memang terbukti bisa membantu untuk mengembangkan usaha. Pada website, Anda bisa menyematkan informasi menarik serta review positif dari pelanggan. Dengan begitu akan membuat usaha yang Anda jalani semakin memiliki citra baik di masyarakat.

 

 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin membuat toko online untuk mengembangkan bisnis UMKM. Manfaatkan kemajuan teknologi yang ada agar usaha semakin menghasilkan, dan jangan lupa terapkan digital marketing strategist, social media campaign, digital marketing campaign, dan solusi promosi digital lainnya.