MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Langkah Memulai Digital Marketing Bagi Pemula

22 Feb  · 
3 min read
 · 
eye 6.201  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Bagaimana seorang pemula dapat memulai digital marketing? Mungkin pertanyaan ini yang muncul dalam kepala Anda sehingga menemukan artikel ini. Nah, bagi Anda yang masih pemula, Anda dapat memulai pemasaran digital dengan cara melakukan riset dan segmentasi pasar. Selain itu, harus punya tujuan bisnis yang jelas, membuat database calon konsumen potensial, dan sebagainya. Simak penjelasan lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

7 Langkah Memulai Digital Marketing Bagi Pemula

1. Harus Punya Tujuan Bisnis yang Jelas

Sama seperti orang yang mau memulai suatu perjalanan, maka harus ada tujuan yang jelas supaya bisa membuat rencana perjalanan yang terstruktur dan sistematis. 

Begitu pula kalau mau memulai pemasaran digital untuk mempromosikan bisnis, Anda harus punya tujuan bisnis yang jelas dan spesifik. Contohnya: 

  • Apakah penerapan digital marketing untuk membangun brand awareness
  • Ingin memperkenal brand dan produk kepada masyarakat luas.
  • Anda ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial yang mau membeli produk yang Anda tawarkan.

Kalau punya tujuan yang jelas dan kuat, Anda akan lebih mudah menyusun rencana terkait penerapan pemasaran digital untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Melakukan Riset dan Segmentasi Pasar

Setelah punya tujuan, jangan langsung tergesa-gesa menerapkan strategi digital marketing. Sebab, penerapan yang tidak tepat sasaran hanya membuat semua upaya promosi dan pemasaran yang Anda lakukan jadi sia-sia. 

Supaya berhasil bagaimana? Ya, Anda lakukan riset dulu mengenai calon konsumen yang sesuai dengan bisnis dan produk Anda. Cari tahu daya beli mereka apakah sudah sesuai dengan harga produk yang dijual, bahkan Anda juga perlu tahu gaya berbelanja mereka. 

Selain itu, penting untuk melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah pengelompokan calon konsumen menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan indikator tertentu. Misalnya berdasarkan demografi, daya beli, usia, sosial media yang digunakan, dan lainnya.

3. Membuat Database Konsumen Loyal dan Calon Konsumen Potensial

Jika riset dan segmentasi pasar telah Anda lakukan, maka tahap berikutnya Anda perlu membuat database konsumen. Di dalam database ini, simpan dan tata rapi setiap data konsumen berdasarkan kategori tertentu. 

Misalnya, pelanggan loyal yang rutin berbelanja, pelanggan yang hanya datang sesekali, atau konsumen yang baru melihat-lihat produk di website, namun belum melakukan pembelian.

Di saat yang sama, jangan hanya fokus pada konsumen yang sudah jadi pelanggan saja. Anda juga harus terus berupaya mendatangkan pelanggan baru. Itulah sebabnya, usahakan untuk membuat database calon konsumen yang potensial dan memiliki kemungkinan besar untuk membeli dan menggunakan produk dari bisnis Anda.

4. Memastikan Bisnis Sesuai Kebutuhan Pelanggan

Dari data di dalam database pelanggan, Anda bisa mempelajari perilaku pelanggan ketika mencari barang atau jasa yang mereka butuhkannya. Cari tahu sebanyak mungkin mengenai kebutuhan dan permasalahan yang pelanggan hadapi. Kemudian, jadikan produk dan layanan bisnis Anda sebagai solusi.

Hal penting yang perlu Anda pahami, bisnis yang sukses adalah bisnis yang bisa menjawab rasa frustasi pelanggan, sekaligus memberi solusi untuk membantu menyelesaikan masalah mereka. 

Anda bisa menyediakan berbagai konten sebagai salah satu kanal pemasaran digital. Konten-konten tersebut jangan cuma jualan produk saja, tetapi sediakan berbagai informasi, edukasi, bahkan tips dan trik yang berguna bagi pelanggan.

5. Riset Kompetitor dan Strategi Mereka

Menganalisis kompetitor juga menjadi salah satu cara memulai digital marketing bagi pemula. Anda perlu melakukan riset kompetitor sehingga bisa mempelajari cara mereka menerapkan strategi digital marketing yang tepat sasaran, jenis konten yang mereka tayangkan, cara mereka berinteraksi dengan konsumen mereka, dan sebagainya. 

Hasil riset ini nanti bisa Anda gunakan untuk menyusun strategi Anda sendiri. Untuk ulasan yang lebih lengkap mengenai strategi digital marketing dan cara menerapkannya, bisa Anda baca di beberapa artikel berikut:

6. Membangun Website dan Media Sosial Bisnis

Untuk dapat memulai pemasaran secara digital, Anda perlu memilih dan menggunakan platform yang tepat, seperti menggunakan website dan media sosial. Maka, bangun website dan media sosial bisnis. Siapkan berbagai artikel yang bermanfaat bagi konsumen dalam website dan bantu mereka untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan konten yang menarik, bermanfaat, serta edukatif di media sosial. Sebab, ada konsumen yang senang mencari informasi langsung di website bisnis dan ada juga konsumen yang merasa lebih nyaman berselancar di media sosial. Jangan lupa, lakukan optimasi pada kedua platform tersebut ya.

7. Lakukan Segera dan Evaluasi Rutin Hasilnya

Jika keenam langkah di atas sudah Anda lakukan, maka lanjutkan langkah terakhir, yaitu eksekusi dan mulailah pemasaran digital untuk bisnis Anda. Apalagi kalau seluruh perencanaan sudah dilakukan, termasuk sudah membangun dan membuat website serta media sosial bisnis. Beberapa langkah lanjutan yang juga perlu Anda lakukan, antara lain:

  • Kumpulkan data audiens secara lebih spesifik dan prioritaskan calon pelanggan yang berpotensi melakukan pembelian pertama.
  • Pahami cara kerja digital marketing funnel dan optimalkan. Digital marketing funnel adalah salah satu jenis pemasaran yang berupaya mengubah traffic kunjungan audiens menjadi konversi. Termasuk memelihara audiens tersebut sehingga menjadi pelanggan setia bisnis Anda.
  • Buat content plan dan terapkan content marketing yang terstruktur serta tepat sasaran.
  • Teruslah belajar agar pengetahuan dan keterampilan digital marketing Anda meningkat dan bisa membantu bisnis lebih berkembang

Setelah melakukan semua langkah-langkah tersebut, jangan lupa untuk mengevaluasi kinerja berbagai platform digital secara berkala. Jika perlu perbaikan, lakukan dengan segera sehingga setiap langkah digital marketing yang Anda lakukan bisa berjalan baik dan memberi hasil sesuai harapan. Selain itu, usahakan untuk menghindari berbagai hal saat menerapkannya. Cek di sini apa saja Hal-hal Penting yang Harus Anda Hindari Saat Menerapkan Digital Marketing.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER