Apakah Anda pernah mendengar tentang web data integration? Web data adalah poin vital yang digunakan oleh pemilik bisnis untuk mengambil keputusan strategis yang berhubungan dengan marketing. Seperti kita tahu, website adalah sumber data yang bersifat real time

 

Itu sebabnya, memahami web data integration dalam bisnis digital sangat penting dilakukan, apa pun bisnis yang Anda jalankan. Jika tidak, ada banyak kerugian yang Anda alami. Contoh kasus yang pernah terjadi, IBM memperkirakan bisnis di Amerika Serikat mengalami kerugian lebih dari 3 triliun dolar per tahun akibat buruknya kualitas data yang dimiliki.

 

Pemanfaatan Web Data secara Optimal

Saat ini, ada banyak pemanfaatan web data dengan berbagai metode, salah satunya web scraping. Sama halnya dengan internet dan manfaatnya, adanya pendekatan web data integration (WDI) memungkinkan pelaku bisnis melakukan tindakan yang lebih baik dalam menggunakan web data untuk pengembangan usaha.

 

Meski demikian, web scraping secara tradisional harus ditinggalkan seiring adanya WDI yang lebih revolusioner. Pendekatan baru dengan memanfaatkan web data integration bisa memberikan Anda kemudahan untuk memperoleh dan mengelola web data dengan fokus khusus pada kontrol dan kualitas data

 

Tujuannya sebenarnya sama dengan web scraping tradisional, hanya saja WDI lebih canggih dan mampu memberi solusi dalam berbagai kondisi bisnis yang Anda jalani. 

 

Web scraping sendiri merupakan salah satu komponen yang ada di dalam WDI. Namun, dengan memilih WDI, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

 

 

  • Mengekstrak data dari output yang tersembunyi.
  • Mengekstrak data secara terprogram sampai kedalaman tertentu dalam aliran transaksi sehingga hasilnya lebih detail.
  • Anda dapat melakukan penghitungan dan kombinasi data sehingga menciptakan data yang lebih bermakna dan beragam.
  • Membersihkan data yang akan digunakan.
  • Menormalkan data.
  • Menyematkan proses QA tambahan.
  • Mengubah data.
  • Mengintegrasikan data, bukan hanya lewat file saja, melainkan juga dengan format API dan berbagai kemampuan streaming.
  • Memungkinkan Anda mengekstrak data sesuai permintaan.
  • Mendapatkan kemudahan menganalisis data dengan perubahan, perbandingan, dan juga laporan custom.

 

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Opimas Research, ditemukan fakta bahwa perkiraan total pengeluaran yang digunakan untuk Integrasi web data di tahun 2019 mencapai 5 miliar dolar.

 

 

Dengan adanya laporan mengenai perkiraan pengeluaran tersebut, masyarakat bisa melihat tren di kalangan pebisnis tentang analisis data yang terintegrasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk transformasi digital di mana para pelaku bisnis tak ketinggalan meningkatkan kemampuannya dalam urusan nilai serta web data untuk peningkatan kerja sama. 

 

Berdasarkan riset dari Ovum, jika ingin web data Anda menghasilkan insight berharga, lakukan alur kerja holistik dengan tingkat kedisiplinan validasi data yang disesuaikan dengan BI konvensional. Itulah cara kerja web data menggunakan pendekatan web data integration

 

Oleh karena itu, penting adanya mengembangkan website yang menerapkan web data integration sehingga data berharga dapat terbaca secara real time terhubung dan kebutuhan pengguna terlayani dengan baik. 

 

Seiring berjalannya waktu, seluruh elemen bisnis, seperti tim riset pasar, tim analis, intelijen bisnis, bahkan tim data yang ada dalam perusahaan dari berbagai jenis industri semakin menyadari manfaat web data yang dimiliki. Ternyata, banyak kumpulan data yang bisa ditemukan dari luar perusahaan hanya dengan memanfaatkan website.

 

Dengan menerapkan web data integration berkualitas tinggi, Anda dapat melakukan otomatisasi pengambilan dan agregasi web data yang up to date. Bahkan, web data juga bisa diulang untuk menghasilkan berbagai macam strategi penting, misalnya:

 

 

  1. Bermanfaat agar Anda berada selangkah lebih maju dalam persaingan ketat dunia bisnis, yakni dengan memantau harga dari pengecer maupun para produsen kompetitor Anda.
  2. Menilai kesehatan keuangan perusahaan yang dapat dilihat dari berbagai indikator, misalnya dari sentimen yang diungkapkan di website industri, berdasarkan media sosial, atau dari situs agregator berita.
  3. Mengukur risiko yang mungkin terjadi, dengan cara menelusuri ulasan produk yang diberikan para pengguna untuk mendapatkan wawasan tentang kualitas atau persepsi terhadap produk dari para pengguna.

 

Kesimpulannya, jadilah perusahaan yang menyadari kebutuhan dengan cara meninggalkan web scraping secara manual atau tradisional. Kemudian, beralih pada web data integration untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang diharapkan. 

 

Anda juga bisa berdiskusi lebih banyak dengan tim dari digital marketing agency Jakarta terpercaya yang sudah menangani banyak brand di seluruh Indonesia. Pengembangan web dan bisnis secara keseluruhan untuk menjadi lebih baik memang butuh fokus dan konsistensi. Tim Redcomm, sebagai digital marketing agency Indonesia, siap membantu Anda.