Apabila saat ini, Anda sedang menjalankan bisnis online, tentunya salah satu tujuan Anda adalah mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut, bukan? Halaman produk menjadi tempat paling penting yang bisa membawa pengunjung website bisnis Anda menjadi pembeli dan memberikan profit pada perusahaan.

 

Namun, untuk mendapatkan keuntungan sesuai target, Anda perlu memaksimalkan halaman produk, terutama jika Anda hanya mengandalkan penjualan dari halaman tersebut. Landing page yang baik tidak hanya bisa mendapatkan banyak klik, tapi juga mampu menghasilkan konversi bagi bisnis Anda.

 

Jika halaman produk yang Anda miliki hanya mendapatkan klik, namun tingkat konversinya sangat rendah, bisa dipastikan bahwa ada masalah pada halaman tersebut. Untuk itu, Anda perlu melakukan analisis pada setiap halaman produk.

 

Cara Optimasi Halaman Produk untuk Tingkatkan Penjualan

Sebagai pebisnis, Anda pasti sudah melakukan perencanaan dengan baik, termasuk melakukan riset audiens dan menyusun strategi digital marketing yang sesuai. Berikut beberapa cara optimasi halaman produk yang bisa Anda coba, antara lain:

 

  1. Berikan Kesan Eksklusif pada Produk

Saat merancang halaman produk, Anda harus bisa memanfaatkan sisi psikologi konsumen. Salah satunya, dengan memberikan kesan eksklusif pada produk yang ditawarkan. Dengan begitu, calon pembeli akan merasa mereka harus segera membeli produk tersebut.

 

Untuk melakukannya, Anda bisa memberikan batas waktu pembelian atau mengabarkan jika produk tersebut hanya dibuat dalam jumlah terbatas. Anda juga bisa mencantumkan sisa barang yang masih tersedia. Itu akan membuat pembeli merasa perlu memiliki produk Anda.

 

 

  1. Tambahkan Urgensi

Cobalah memberikan penawaran terbatas pada halaman penjualan Anda, misalnya dengan mencantumkan penawaran diskon 50% hanya untuk 5 jam saja, atau beli satu gratis satu untuk 15 pembeli pertama, dan sebagainya. Dengan memberikan unsur urgensi berupa penawaran terbatas, pembeli akan berlomba-lomba menambahkan produk ke keranjang belanja.

 

  1. Tunjukkan Popularitas Barang

Menunjukkan popularitas barang akan membuat calon pembeli merasa yakin dengan produk yang Anda jual. Pasanglah widget khusus untuk membuat calon pembeli bisa melihat berapa banyak produk yang sudah terjual, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, atau berapa banyak orang yang memberi bookmark pada produk tertentu.

 

  1. Berikan Estimasi Waktu Transaksi

Buatlah para calon pembeli mengetahui perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah transaksi. Sebab, mereka menyukai proses yang cepat dan tidak ribet. Calon pembeli lebih suka dengan kalimat seperti, “Checkout cuma 3 menit saja” daripada “Checkout cuma butuh beberapa menit saja” sebab memberikan kepastian waktu.

 

  1. Berikan Deskripsi Produk yang Tepat Sasaran

Saat membaca deskripsi produk, calon pembeli ingin tahu, apakah produk tersebut bisa mengatasi masalah mereka, daripada membaca deskripsi fisik produk yang sebenarnya tidak terlalu penting.

 

Masukkan informasi secukupnya pada deskripsi produk. Tambahkan dengan bagaimana produk bermanfaat untuk pembeli. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang karena pembeli bisa berpaling. Ini membuat kinerja landing page Anda menjadi lebih optimal.

 

  1. Berikan Listing

Membuat listing pada deskripsi produk akan memudahkan pembeli memahami produk Anda. Hal tersebut juga membuat penjelasan yang Anda berikan lebih informatif. Anda bisa membuat listing menggunakan tanda strip, angka, dan semacamnya.

 

Sebaiknya, berikan hal-hal yang penting saja pada listing tersebut. Itu akan membuat calon pembeli Anda lebih cepat menemukan apa yang mereka butuhkan, kemudian mengambil keputusan untuk melakukan pembelian. Otomatis, cara ini bisa membantu Anda meningkatkan penjualan

 

 

  1. Berikan Gambaran Bentuk dan Rupa Bahan

Sekitar 50% pembeli yang berbelanja online menyatakan jika mereka berharap bisa melihat bagaimana rupa produk sebelum membelinya. Sekalipun produk aslinya sangat bagus, namun jika calon pembeli tak bisa membayangkannya, maka tak akan terjadi pembelian. Maka, masukkan pula penjelasan mengenai bagaimana tekstur, bentuk, aroma, berat, dan detail lain, yang bisa membuat calon pembeli membayangkannya dengan jelas.

 

  1. Sertakan Perbandingan

Memberikan perbandingan antara dua produk yang sebenarnya tidak jauh berbeda akan membuat pembeli melakukan pertimbangan terlebih dahulu. Seperti teknik penjualan minuman ukuran reguler, membandingkannya dengan small dan extra large, di mana yang small terlalu kecil walau murah, dan extra large terlalu mahal. Otomatis, ukuran large adalah ukuran dan harga yang tepat untuk dibeli. Padahal, memang pada dasarnya penjual ingin menjual ukuran large.

 

  1. Jelaskan Pengiriman dan Kemungkinan Retur

Melakukan pengiriman barang secepat mungkin dan memungkinkan pembeli melakukan retur akan membuat mereka sangat bersyukur. Mereka juga akan kembali lagi untuk berbelanja di lain waktu. Sudah tentu, cantumkan syarat dan ketentuan untuk retur barang supaya Anda tidak merugi.

 

  1. Bangun Kepercayaan

Untuk meningkatkan penjualan, bangun kepercayaan di mata calon pembeli. Sertakan halaman testimoni untuk semua produk yang terjual. Cara ini akan mendorong calon pembeli menentukan sendiri, apakah lanjut berbelanja atau tidak.

 

  1. Prioritaskan Pengguna Ponsel

Sebanyak 62% dari pengguna smartphone berbelanja melalui ponsel mereka di berbagai online shop. Oleh sebab itu, sebagai pemilik bisnis Anda harus meraih peluang ini dengan membuat toko Anda ramah pengguna smartphone. Optimalkan halaman produk Anda untuk mereka.

 

 

  1. Cobalah Jadi Mereka

Apabila Anda sudah mencoba semua cara di atas, tetapi tetap saja penjualan stuck, maka cobalah untuk menjadi mereka. Jelajahi halaman produk Anda sendiri, cobalah isi form sign up, atau mencoba checkout, dan lainnya. Temukan apa hal yang menjadi penghalang bagi calon pembeli untuk melakukan transaksi dan selesaikan masalahnya.

 

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kinerja landing page atau halaman produk Anda. Semoga bisa membantu Anda memaksimalkan penjualan. Pastikan untuk selalu melakukan perawatan pada halaman produk. Itu akan membuat halaman produk selalu dalam keadaan terbaik. Jika membutuhkan bantuan dalam meningkatkan performa bisnis, Anda bisa bekerja sama dengan salah satu digital agency Jakarta yang memiliki pengalaman terbaik di bidang digital marketing website dan online shop.