MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Animation Flipbook untuk Media Promosi Terkini

04 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 3.705  
Digital Video Production

redcomm

Penggunaan smartphone tak hanya memiliki banyak dampak positif bagi kebanyakan orang. Namun juga membuka banyak peluang bagi para pebisnis untuk menarik perhatian masyarakat melalui promosi digital.

Promosi digital menjadi lebih efisien dari segi sumber daya maupun biaya dibandingkan cara promosi konvensional. Apalagi jika fokus utama target pemasarannya adalah pengguna smartphone

Nah, menggunakan animation flipbook sebagai salah satu media promosi online adalah pilihan cerdas di era perkembangan teknologi yang kian pesat. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang animation flipbook di artikel ini.

Apa Itu Animation Flipbook?

Animation flipbook adalah serangkaian gambar yang disusun secara berurutan dan bisa menciptakan ilusi gerak yang menarik dan menyenangkan. 

Cara Kerja Animation Flipbook

Prinsip dasar di balik animasi flipbook adalah persistensi penglihatan atau persistence of vision. Ketika Anda melihat serangkaian gambar yang berubah dengan cepat, mata Anda jadi tidak mampu membedakan antara satu gambar dengan gambar berikutnya dalam urutan tersebut. Sebagai hasilnya, gambar-gambar tersebut terlihat seolah-olah bergerak.

Ini mirip dengan prinsip kerja film atau animasi digital, namun flipbook tidak memerlukan peralatan khusus atau teknologi canggih.

5 Manfaat Animation Flipbook untuk Promosi Digital

Animation flipbook dapat menarik perhatian audiens dan memberikan pengalaman yang berbeda dalam mengonsumsi konten. Itulah sebabnya, ada banyak manfaat penggunaan konten animasi berbentuk flipbook ini untuk promosi digital, seperti

1. Memikat Perhatian

Animation flipbook menarik perhatian secara instan karena kesederhanaan dan daya tarik visualnya. 

Dengan cepatnya perubahan konten digital di berbagai platform, flipbook bisa menjadi penyegar dan akan terlihat lebih unik.

2. Mengkomunikasikan Pesan dengan Efektif

Anda dapat menyampaikan pesan atau cerita secara singkat, namun efektif menggunakan animasi visual. Apalagi audiens behavior saat ini juga lebih menyukai konten visual yang bisa mereka konsumsi sebagai hiburan, sekaligus menambah pengetahuan. 

Nah, agar pesan pemasaran bisa sampai kepada audiens, coba sisipkan cerita tertentu yang relevan dengan keseharian atau permasalahan yang banyak audiens hadapi. Jangan lupa, sertakan juga solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3. Meningkatkan Engagement

Animasi flipbook dapat meningkatkan keterlibatan (engagement) audiens. Mereka lebih cenderung untuk berinteraksi dengan konten yang dinamis dan menarik, atau terlihat seperti motion picture.

Hal ini karena konten berbentuk flipbook juga mudah dibagikan ke berbagai platform media sosial, situs web, atau media promosi lainnya, sehingga mudah ditemukan audiens.

Karena bentuk konten yang berbeda dari kebanyakan konten promosi online yang sudah ada, tentu akan mendorong audiens untuk memberi komentar, like, membagikan ulang, atau malah mengajukan pertanyaan karena masih penasaran dengan konten yang baru saja mereka tonton.

Cara Membuat Animation Flipbook

Animation flipbook adalah salah satu bentuk konten animasi berbentuk video dengan tampilan unik. Untuk membuatnya, Anda tak perlu lagi menggunakan cara manual. 

Saat ini, sudah banyak platform digital yang memudahkan proses pembuatan animation flipbook, seperti FlipHTML5, Adobe Animate, dan lainnya. 

Berikut langkah-langkah sederhana dalam pembuatan animation flipbook.

  1. Siapkan materi atau adegan yang ingin Anda buat sebagai animasi, lengkap dengan alur ceritanya.
  2. Pilih media sesuai keinginan. Bisa menggunakan platform digital atau lembaran kertas. Pastikan Anda sudah menguasai media tersebut, sehingga tidak ada kesulitan dalam proses pembuatan animation flipbook.
  3. Buatlah gambar animation flipbook dari halaman terakhir. Memulai karya flipbook dari belakang akan menghindarkan Anda dari kesalahan.
  4. Teruskan menggambar pada halaman selanjutnya. Goreskan pensil sedikit bergeser apabila animation flipbook yang Anda buat bersifat dinamis. Sedangkan pada gambar yang bersifat statis, goreskan pensil di tempat yang sama.
  5. Lanjutkan layering per halaman hingga selesai.

Jika menggunakan cara manual, sebaiknya Anda menggunakan pensil dibanding pena. Hal ini bertujuan memudahkan Anda dalam mengoreksi ketika terjadi kesalahan.

Animation flipbook sebenarnya tidak harus terpaku pada gambar yang seolah bergerak. Anda bisa membuat bentuk unik, seperti menggunakan kertas yang dilubangi hole punch untuk menghasilkan bentuk atraktif.

Untuk contoh video animasi bertema animation flipbook, ada banyak yang bisa Anda temukan di internet dan bisa membantu memancing inspirasi atau sebagai referensi. Atau kalau membutuhkan bantuan dari seseorang yang sudah berpengalaman dalam membuat konten animasi, hubungi saja digital marketing agency Jakarta dengan klik Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER