MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Kesalahan Strategi Pemasaran Saat Musim Liburan yang Harus Diwaspadai

 · 
1 min read
 · 
eye 643  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Musim belanja liburan dikenal dengan permintaan akan penawaran dan promo yang menggila. Untuk memanfaatkan kemauan para pembeli untuk berbelanja, bisnis dari segala ukuran memerlukan strategi pemasaran yang kokoh. 

Berikut adalah tujuh kesalahan umum yang perlu dihindari ketika merancang kampanye pemasaran liburan Anda.

1. Melupakan diskon atau penjualan musiman

Orang-orang menyukai penjualan. Namun, dengan begitu banyak pembeli online yang membandingkan penawaran dan harga, Anda harus mempertimbangkan harga dengan hati-hati. 

Pastikan Anda menemukan keseimbangan yang tepat antara nilai dan pengembalian investasi, dan kemudian beritahukan kepada pembeli tentang harga liburan Anda di setiap saluran pemasaran.

2. Tidak memperhatikan perjalanan pelanggan

Karena musim liburan adalah waktu tersibuk untuk belanja online, pelanggan Anda tidak akan menghargai jika mereka dibanjiri dengan iklan yang sama di setiap saluran. 

Sebaliknya, pertimbangkan bagaimana berbagai upaya pemasaran Anda dapat bekerja bersama idealnya dalam strategi omnichannel untuk menghindari kejenuhan merek dan meningkatkan penjualan.

3. Menargetkan audiens terlalu terbatas

Salah satu pelajaran pemasaran liburan yang paling penting untuk diingat adalah targeting yang kritis. Ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan iklan Anda relevan bagi semua calon pembeli. 

Sebagian besar merek dan pengecer mengalami peningkatan lalu lintas organik selama musim liburan, tetapi jangan biarkan hal itu membuat Anda membatasi target hanya pada pembeli dengan potensi tertinggi.

Ini adalah waktu yang tepat untuk menarik pengunjung situs baru, menarik calon pembeli untuk melakukan pembelian dengan penawaran menarik, dan mengembalikan pembeli sebelumnya agar membeli lebih banyak. 

Pastikan campuran pemasaran Anda mencakup rencana untuk semua tahap pembeli, karena besar kemungkinan Anda akan kehilangan calon pembeli baru jika hanya fokus pada beberapa orang saja.

4. Melupakan email atau tidak menghubungkannya dengan iklan Anda

Strategi online Anda harus ada dimanapun pelanggan berada. Meskipun iklan tampilan dan sosial memiliki dampak besar, jangan lupa untuk mencapai pelanggan melalui kotak masuk email mereka juga.

Email adalah cara berharga untuk terhubung dengan pembeli yang tepat, terutama saat Anda menggabungkannya dengan iklan. 

Penelitian menunjukkan bahwa ketika dua taktik ini bekerja bersama, pembeli dua kali lebih mungkin untuk melakukan konversi. Pastikan Anda memiliki pesan yang menarik, visual yang fantastis, dan panggilan tindakan yang jelas.

5. Mengasumsikan biaya media Anda tidak akan berubah

Tidak mengherankan, dengan semakin banyak pembeli yang menelusuri toko online selama musim liburan, semakin banyak bisnis yang beriklan, sehingga meningkatkan biaya ruang iklan. 

Untuk mencapai orang yang tepat pada waktu yang tepat dengan anggaran, Anda perlu menjadi lebih fleksibel dan kreatif daripada di waktu lain dalam setahun.

Jangan hanya menghabiskan lebih banyak uang, tetapi gunakanlah dengan lebih cerdas dengan bermitra dengan platform yang dapat membantu Anda memanfaatkan otomatisasi pemasaran dan kecerdasan buatan untuk meningkatkan kinerja pemasaran Anda. 

Bagian terbaiknya? Anda akan mendapatkan akses ke data sehingga Anda dapat mengambil tindakan untuk mendapatkan hasil investasi iklan yang paling tinggi.


Sekarang Anda sudah mengetahui tentang kesalahan pemasaran yang harus dihindari saat musim liburan. Ketahui juga Kesalahan dalam Twitter Marketing yang Harus Dihindari.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER