3. Mobile Marketing
Di masa sekarang, banyak orang yang lebih sering menggunakan perangkat mobile untuk berselancar dan mengakses internet dan media sosial, baik menggunakan smartphone atau jenis gadget lain.
Itulah sebabnya, saat ini sudah ada yang namanya mobile marketing, yaitu strategi pemasaran yang fokus untuk menjangkau pengguna perangkat mobile. Untuk menerapkannya, Anda perlu mengikuti tahapan berikut:
- Situs web bisnis harus responsif dan bisa diakses dengan baik di perangkat mobile. Jadi ketika audiens mengakses situs Anda menggunakan smartphone, misalnya, maka tampilan halaman web akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan audiens.
- Membuat aplikasi mobile jika memungkinkan. Adanya aplikasi akan membuat audiens lebih nyaman berinteraksi dengan brand, layanan bisnis, bahkan produk yang ditawarkan.
- Dalam penerapan mobile marketing, Anda juga bisa menerapkan mobile advertising. Dengan cara ini, iklan yang Anda pasang akan muncul di aplikasi maupun di situs web yang dikunjungi audiens menggunakan perangkat mobile.
- Pilih iklan yang paling sesuai dengan preferensi audiens. Bisa berupa banner, video, atau iklan interstitial (layar penuh) yang tampil di antara konten.
- Sesekali, Anda bisa menerapkan SMS marketing atau pengiriman pesan teks untuk mengirim penawaran khusus, pengingat pembayaran, atau pemberitahuan produk baru. SMS marketing juga salah satu cara efektif untuk menjangkau pengguna perangkat mobile.
- Terapkan geolocation marketing, yaitu strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi GPS. Anda bisa mengirimkan penawaran khusus atau rekomendasi berdasarkan lokasi audiens pengguna perangkat mobile.
- Pastikan semua konten yang Anda buat memang sesuai untuk perangkat mobile, misalnya video dan image menggunakan posisi vertikal. Ini bisa membantu meningkatkan keterlibatan dan pengalaman audiens yang lebih baik.
Penerapan mobile marketing menjadi solusi yang bagus untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan potensial yang lebih sering menggunakan perangkat mobile.
Setelah mengenai jenis-jenis digital marketing, sekarang sudah waktunya Anda mencoba sendiri. Kemudian, tentukan strategi mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda. Hal ini karena ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan digital marketing. Apa saja manfaatnya? Cek di sini, yuk: Manfaat Digital Marketing bagi Pelaku Usaha.