Pernahkah mendengar tentang Pewdiepie? Ia adalah salah satu YouTuber terkenal dan memiliki sekitar 100 juta followers, serta dikenal pula sebagai influencer gaming populer. Bahkan, ia sudah pernah bekerja sama dengan banyak brand besar, seperti Razer Kraken dan Volvo. Lalu, bagaimana cara berkolaborasi dengan gaming influencer untuk promosi produk?

 

Prediksi Industri Game tahun 2021

Sama halnya dengan influencer pada niche lain, seperti kecantikan, fashionfood, dan sebagainya, influencer gaming memiliki tempat tersendiri di bidang yang mereka tekuni. Kepopuleran mereka tidak hanya dilihat dari jumlah pengikut akun media sosial mereka saja, namun bisa pula dilihat dari jumlah penonton ketika mereka melakukan live streaming game di berbagai platform, misalnya Twitch, YouTube, atau Mixer.

 

Mereka menghasilkan uang dari memainkan permainan online selama berjam-jam melalui tayangan streaming. Kadang, mereka dibayar untuk melakukan uji coba game baru, review game yang baru dirilis, serta melakukan kolaborasi dengan brand atau sponsor. Berbagai produk dan nama brand, sering terucap dari mulut mereka selama bermain, atau malah menikmati suatu produk sambil bermain. 

 

Salah satu studi yang dilakukan oleh platform analisis digital marketing menemukan data bahwa sebanyak 71% brand telah terhubung dengan pelanggan dan mendapatkan traffic dari influencer marketing jauh lebih banyak dibandingkan sumber lain.

 

 

Prediksi terkait industri game pun bermunculan di akhir tahun 2020 lalu, dan menyebutkan bahwa permainan mobile dan online game akan semakin digemari. Hal ini karena orang-orang sudah mulai bosan terkurung di rumah akibat dampak pandemi yang masih terjadi hingga saat ini. 

 

Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik usaha, baik dari brand kecil maupun brand besar, harus pandai membaca peluang. Manfaatkan dengan maksimal popularitas para gamer atau gaming influencer. Ajak mereka bekerja sama atau berkolaborasi memasarkan produk atau brand Anda dengan cara yang lebih menyenangkan dan jangkauan pasar yang lebih spesifik.

 

Cara Berkolaborasi dengan Gaming Influencer untuk Promosi Produk

Pertanyaan yang mungkin melintas dalam kepala Anda ketika membaca artikel ini, pastilah tentang cara berkolaborasi dengan gaming influencer untuk promosi produk, kan? Berikut ini beberapa cara yang perlu dicoba ketika hendak bekerja sama dengan para gamer yang juga menjadi influencer.

 

 

  1. Tetapkan Target Spesifik dari Penyelenggaraan Social Media Campaign

Hal pertama dan yang paling penting, Anda harus menetapkan target spesifik atau tujuan utama dari penyelenggaraan social media campaign yang ingin Anda kerjakan bersama para gamer. Lebih baik lagi kalau Anda sekaligus sudah menentukan KPI yang ingin Anda capai. 

 

Setelahnya, baru Anda mulai memilih mau bekerja sama dengan influencer yang seperti apa, misalnya yang sesuai dengan produk atau layanan yang hendak Anda promosikan, dengan tujuan, atau bisa pula berdasarkan target market yang hendak didapatkan. Prinsipnya, identifikasi sedetail mungkin kebutuhan campaign Anda dan jangan lupa sesuaikan pula dengan influencer marketing tren 2021

 

Memilih influencer memang gampang-gampang susah. Anda perlu tahu juga beda influencer dengan Key Opinion Leader (KOL) agar tak salah sasaran. Kemudian, agar terhindar dari terjadinya kesalahan dalam memilih influencer, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia. Atau, jika Anda berada di kota Jakarta, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan digital marketing agency Jakarta.

 

  1. Briefing dan Cara Kerja Influencer

Setelah menentukan tujuan yang spesifik, selanjutnya Anda juga bisa menambahkan tujuan secara umum. Contohnya, membangun brand awareness atau kesadaran merek sehingga semakin melekat di benak pelanggan, atau meningkatkan jumlah calon pelanggan yang nanti bisa ditargetkan ulang dalam bentuk kampanye promosi berikutnya. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk. 

 

Semakin jelas tujuan yang ingin Anda capai, semakin terarah dan terencana dengan baik pula setiap langkah digital marketing yang Anda lakukan. Hanya saja, caranya harus tepat. Dalam hal ini, Anda perlu menyusun brief untuk influencer secara detail dan brief ini menjadi panduan yang harus diterapkan gaming influencer.

 

Penyesuaian target target audiens yang sedang Anda incar dengan produk yang hendak dipromosikan juga penting dilakukan. Misalnya, produk Anda adalah perangkat digital untuk bermain game dengan target user profesional muda yang senang bermain game, maka ada baiknya influencer game sungguh menggunakan produk tersebut untuk bermain dan minta influencer menyebutkan hal-hal positif terkait produk Anda. 

 

Contoh lain, produk makanan dan minuman. Ini juga bisa dipromosikan melalui influencer gaming. Jadi, influencer bisa bermain sambil menikmati produk makanan dan minuman tersebut. Tidak hanya sekadar menyebutkan rasa saja, tetapi coba masukkan esensi atau manfaat keberadaan produk Anda ketika sedang bermain game. Hal-hal semacam ini jauh lebih mengena daripada hanya menyebutkan nama produknya saja.

 

 

Kesimpulan

Dengan memilih influencer game sebagai partner untuk kerja sama dengan brand, ada banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan. Sebab, influencer gaming memiliki penonton setia yang betah menyaksikan mereka bermain game live, bahkan dengan durasi sampai berjam-jam. Dengan adanya penonton tetap yang mau menonton sampai akhir, sudah jelas jika para influencer ini mampu menciptakan interaksi yang luar biasa dengan para audiens.

 

Sebuah konten yang menghibur bagi para audiens akan membuat mereka kembali lagi dan lagi. Anda bisa memanfaatkannya demi mencapai tujuan-tujuan kampanye marketing yang Anda selenggarakan. Masukkan unsur brand Anda dalam tampilan live streaming mereka dengan cara yang unik dan memikat.