Belakangan ini, banyak sekali remaja dan bahkan orang dewasa yang memilih menjadikan game sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan. Melalui Twitch, Facebook, YouTube, dan berbagai platform media live streaming lainnya, mereka menayangkan siaran langsung saat mereka bermain game. Dengan cara ini, tidak hanya mendapatkan banyak followers, mereka juga bisa mengisi pundi-pundi rekening mereka.

 

Berawal dari para pengikut yang tertarik dengan skill gaming mereka, maka seorang influencer gaming bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Selain mendapat penghasilan dari streaming video, mereka juga bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai brand kenamaan. Bahkan, bisa memanfaatkan komunitas loyal yang mereka miliki untuk mendukung bisnis pribadi sang influencer. Hal ini, tentu memberikan keuntungan pula bagi pihak-pihak yang terlibat. Para pengikut mendapatkan hiburan serta berbagai official stuff yang menarik, para influencer mendapat hasil kerja kerasnya, dan brand bisa menjadikan mereka sebagai media promosi yang menjanjikan.

 

7 Langkah Menjadi Gaming Influencer di Twitch dan Platform Live Streaming Lainnya

Ingin jadi seorang gaming influencer? Coba ikuti 7 langkah berikut ini. 

 

  1. Siapkan Diri dengan Memilih Niche Gaming Favorit

Dalam rangka membangun personal branding dengan cara cepat untuk diri Anda sendiri, cobalah berfokus menemukan niche game yang paling sesuai dengan selera serta kemampuan Anda. Apakah Anda lebih enjoy dalam memainkan game racing, RPG game, atau mungkin lebih nyaman membuat review berbagai game terbaru, melakukan challenges, atau hanya senang membuat game tutorial?

 

 

Supaya bisa membangun komunitas yang positif untuk mendukung perkembangan Anda sebagai gaming influencer, penting sekali membangun segmen sendiri dalam pasar game. Dengan memiliki komunitas yang suportif dan aktif, maka Anda bisa dengan lebih mudah mendapatkan kerja sama dengan berbagai brand.

 

  1. Ciptakan Audiens yang Loyal

Seorang influencer gaming akan berkembang pesat jika bisa menciptakan sebuah lingkungan digital bagi komunitasnya. Anda bisa mengetahui apa yang audiens inginkan saat menonton siaran langsung yang dilakukan. Memang, perlu riset untuk menentukan seperti apa siaran langsung yang mereka inginkan. Dengan mengetahui apa yang para pengikut sukai, Anda bisa membangun engagement yang lebih baik serta membentuk mereka menjadi pengikut yang loyal.

 

  1. Ciptakan Interaksi dengan Sesama Influencer yang Satu Niche

Jangan merasa eksklusif dan enggan berinteraksi dengan sesama influencer yang satu niche, karena menganggap mereka saingan yang harus dikalahkan. Apalagi, jika masih sangat baru di dunia gaming live stream, Anda perlu membangun awareness dengan cara melakukan kolaborasi bersama influencer lainnya.

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari melakukan siaran langsung bersama, atau menjadi sponsor giveaway, dan sebagainya. Tidak hanya berkolaborasi dengan sesama streamer Twitch, namun juga pastikan berinteraksi pula di platform lainnya.

 

  1. Kembangkan Strategi Streaming yang Menarik

Jangan asal streaming saat main game. Pastikan, Anda memiliki rencana yang terstruktur, mulai dari game apa yang akan dimainkan, seperti apa format streaming yang dilakukan, seberapa sering streaming dilakukan dalam satu minggu, bagaimana cara berinteraksi dengan audiens, dan sebagainya. Melalui rencana streaming yang tersusun rapi, Anda bisa menentukan rencana mana yang hasilnya bagus untuk perkembangan channel dan mana yang gagal.

 

 

  1. Bekerja sama dengan Non Gaming Partner

Karena brand yang berfokus pada gaming masih terbilang jarang, kalaupun ada mereka memiliki standar yang tinggi untuk menjalin kerja sama. Oleh sebab itu, bagi yang masih pemula, tidak ada salahnya membuka diri bekerja sama dengan brand non gaming. Banyak bukti jika influencer gaming mampu membangun kerja sama yang sukses dengan brand non gaming, seperti provider internet, KFC, Doritos, GUESS, dan lain sebagainya.

 

Sebagai contoh, saat Slade yang seorang streamer di Twitch bekerja sama dengan  Sennheiser mempromosikan GSP 500 headset. Saat itu, bahkan pengikutnya hanya sekitar 50 ribu saja, namun ternyata menghasilkan impact yang bagus sekali untuk kedua belah pihak.

 

  1. Perpanjang Kerja sama dengan Promosi Multi Platform

Perlu diketahui, video streaming yang ditayangkan di Twitch tidak akan berumur panjang untuk ditonton berkali-kali, seperti halnya YouTube yang bisa ditonton bahkan puluhan tahun setelah video tersebut diunggah. Oleh karena itu, bekerja sama dengan  influencer di Twitch pendek umur promosinya, bahkan bisa langsung dilupakan jika promosinya tak memuaskan.

 

Sebagai cara untuk memperpanjang kerjasama dan membuat brand bisa mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan, mintalah model kerja sama dengan melakukan promosi di multi platform. Bukan hanya mempromosikannya selama streaming Twitch saja, namun manfaatkan juga YouTube, Twitter, dan media sosial lainnya.

 

 

  1. Bekerja sama dengan Digital Agency

Banyak sekali keuntungan bagi seorang influencer pemula untuk bergabung dengan digital agensi khususnya menjadi influencer gaming. Agensi memiliki pengalaman untuk berkomunikasi dengan brand, juga meng-handle gaming campaign berbagai level, membantu brand menemukan gamer yang sesuai dengan kriteria mereka, dan membantu Anda menemukan kerjasama pertama Anda.

 

Setelah Anda memiliki cukup pengalaman dan pengaruh di dunia streaming game online, maka Anda pastinya juga akan memiliki banyak pengalaman dalam menjalin kerjasama yang lebih luas lagi. Brand besar juga biasanya mengandalkan best digital agency Jakarta yang berpengalaman untuk handling campaign mereka.

 

Pada akhirnya, semua gaming streamer harus memulai dari awal dengan mengikuti satu persatu langkah yang dituliskan dalam artikel ini. Memang membutuhkan banyak waktu, kesabaran, semangat yang tak putus, dan jangan malas untuk mempelajari hal baru. Namun satu hal yang pasti, mereka yang memiliki skill bagus dan kesabaran untuk memulai, bisa mencapai puncak di dunia streaming game