Belakangan ini, banyak sekali remaja, bahkan orang dewasa, menjadikan game sebagai cara mendapatkan penghasilan. Anda pun bisa lho melakukan hal yang sama.
Belakangan ini, banyak sekali remaja, bahkan orang dewasa, menjadikan game sebagai cara mendapatkan penghasilan. Anda pun bisa lho melakukan hal yang sama.
Memanfaatkan Twitch, Facebook, YouTube, dan berbagai platform media live streaming lainnya, Anda dapat menayangkan siaran langsung saat bermain game.
Dengan cara ini, Anda tidak hanya mendapatkan banyak followers, tetapi bisa sekaligus mengisi pundi-pundi rekening.
Untuk memulai profesi sebagai influencer gaming, Anda perlu membuat audiens mengenal skill gaming yang Anda miliki.
Selain mendapat penghasilan dari streaming video, Anda juga bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai brand kenamaan. Bahkan, bisa memanfaatkan komunitas loyal yang brand miliki untuk mendukung bisnis Anda pribadi.
Jadi, semua pihak sebenarnya bisa mendapatkan keuntungan dari industri ini. Audiens bisa mendapatkan hiburan serta berbagai official stuff yang menarik.
Anda sebagai influencer bisa mendapat penghasilan, baik berupa uang, ketenaran, hingga kontrak kerja sama dengan banyak brand.
Di saat yang sama, brand juga akan jadi lebih mudah mempromosikan dan memasarkan produk, menjangkau audiens yang lebih spesifik, dan akhirnya bisa meningkatkan penjualan.
Lalu, bagaimana cara jadi gaming influencer yang sukses? Lanjutkan membaca ya.
Gaming influencer adalah salah satu profesi yang tengah naik daun di era digital. Tidak hanya menjadi hiburan, live streaming di platform, seperti Twitch, YouTube Gaming, atau Facebook Gaming bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.
Namun, untuk mencapai kesuksesan, Anda memerlukan strategi yang tepat. Berikut tips dan cara efektif yang bisa Anda terapkan untuk memulai perjalanan sebagai gaming influencer sukses.
Menjadi gaming influencer bukan hanya tentang bermain game, tetapi bagaimana Anda membangun personal branding dengan cara cepat.
Untuk itu, Anda perlu memiliki ciri khas yang membedakan Anda dari streamer lainnya. Caranya, pilih niche game yang paling sesuai dengan diri Anda, tapi juga banyak digemari audiens.
Beberapa niche game yang populer, antara lain:
Memilih niche memungkinkan Anda menarik audiens yang spesifik dan lebih loyal. Tak melulu menampilkan skill bermain game secara live streaming.
Lalu supaya bisa membangun komunitas yang positif untuk mendukung perkembangan Anda sebagai gaming influencer, sesekali, Anda bisa membuat review berbagai game terbaru, melakukan challenges, atau membuat game tutorial.
Dengan cara ini, Anda jadi lebih mudah berinteraksi dengan para pengikut, membuat mereka terus menunggu-nunggu jadwal live Anda, dan jalan Anda untuk bisa bekerja sama dengan brand semakin terbuka lebar.
Untuk bisa jadi gaming influencer sukses, pemilihan platform dan target audiens juga penting lho. Hal ini berkaitan dengan proses membangun audiens yang loyal.
Misalnya, Anda memilih Twitch, platform ini memang ideal untuk gamer yang berfokus pada interaksi langsung dengan audiens.
Pengguna Twitch di tahun 2023 ada sekitar 7 juta streamer aktif bulanan dengan 31 juta penonton harian di tahun 2023. Artinya, peluang Anda untuk jadi streamer gaming di sini masih terbuka lebar.
Sementara YouTube gaming lebih cocok untuk konten yang terstruktur, seperti review game, walkthrough, atau tutorial bermain game.
Bagaimana dengan Facebook gaming? Nah, platform yang satu ini lebih tepat untuk menghubungkan Anda dengan berbagai komunitas gamer lokal maupun internasional.
Kenapa penting bergabung dalam komunitas? Ini cara terbaik untuk melakukan riset mengenai:
Dengan mengetahui apa yang para pengikut sukai, Anda bisa membangun engagement yang lebih baik serta membuat mereka jadi lebih loyal kepada Anda.
Membangun hubungan di sini tidak hanya dengan target audiens yang mau dijangkau dan dijadikan pengikut, tetapi penting untuk membangun hubungan dengan sesama influencer, baik yang satu niche maupun yang berbeda niche.
Prinsipnya, hindari merasa eksklusif dan enggan berinteraksi dengan sesama influencer, apalagi sampai menganggap mereka saingan yang harus dikalahkan.
Di era sekarang, lebih baik berkolaborasi dengan lebih banyak orang, terutama kalau Anda masih baru di dunia gaming live stream, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk membangun awareness.
Bentuk kolaborasi yang bisa dilakukan, misalnya:
Tidak hanya berkolaborasi dengan sesama streamer Twitch, namun juga pastikan berinteraksi pula di platform lainnya.
Jangan lupa, bangun juga hubungan baik dengan audiens supaya mereka merasa diperhatikan dan dihargai. Caranya:
Sudah banyak streamer yang membuktikan kalau memiliki engagement tinggi, Anda jadi memiliki peluang dua kali lebih besar untuk mendapatkan pengikut setia dibandingkan streamer yang jarang berinteraksi.
Jangan asal streaming saat main game. Pastikan, Anda memiliki rencana yang terstruktur, misalnya:
Melalui rencana streaming yang tersusun rapi, Anda bisa menentukan rencana mana yang hasilnya bagus untuk perkembangan channel, serta mana yang gagal dan butuh perbaikan.
Jangan lupa, pastikan Anda selalu tampil percaya diri saat live streaming. Karena jika tidak, penonton akan menyadari hal ini dan profesionalitas Anda pun jadi dipertanyakan.
Brand yang berfokus pada gaming memang masih terbilang jarang. Kalaupun ada, brand tersebut biasanya memiliki standar yang tinggi untuk menjalin kerja sama.
Oleh sebab itu, bagi yang masih pemula, tidak ada salahnya membuka diri untuk bekerja sama dengan brand non gaming.
Misalnya, memulai kerja sama dengan brand non gaming, seperti provider internet, KFC, Doritos, GUESS, dan lain sebagainya. Lalu, ini jadi jalan yang malah membuat influencer gaming bisa sukses.
Contohnya bisa Anda lihat pada pengalaman Slade, streamer di Twitch, yang bekerja sama dengan Sennheiser untuk mempromosikan GSP 500 headset.
Saat itu, pengikut Slade masih sekitar 50 ribu-an orang saja. Tetapi karena kerja sama tersebut memberi impact yang bagus sekali untuk kedua belah pihak, Slade jadi semakin sukses.
Video streaming yang ditayangkan di Twitch tidak akan berumur panjang layaknya video di YouTube yang bisa ditonton bahkan setelah beberapa tahun video diunggah.
Artinya, bekerja sama dengan influencer di Twitch pendek umur promosinya, bahkan bisa langsung dilupakan jika promosinya tak memuaskan.
Maka Anda perlu bisa memperpanjang kerjasama dan membuat brand mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan, dengan cara melakukan promosi multi platform.
Artinya, Anda mempromosikan brand tidak hanya selama streaming Twitch saja, namun rekaman video streaming tersebut juga akan Anda tayangkan di YouTube, Twitter, dan media sosial lainnya. Tentunya harga kerjasama seperti ini akan lebih tinggi ya.
Banyak sekali keuntungan bagi seorang influencer pemula untuk bergabung dengan digital agency, khususnya menjadi influencer gaming, antara lain:
Setelah Anda memiliki cukup pengalaman dan pengaruh di dunia streaming game online, Anda pastinya juga akan memiliki banyak pengalaman dalam menjalin kerjasama yang lebih luas lagi.
Brand besar juga biasanya mengandalkan best digital agency Jakarta yang berpengalaman untuk handling campaign mereka.
Pada akhirnya, semua gaming streamer harus memulai dari awal dengan mengikuti satu persatu langkah yang sudah dijelaskan di artikel ini.
Memang membutuhkan banyak waktu, kesabaran, semangat yang tak putus, dan jangan malas untuk mempelajari hal baru.
Namun satu hal yang pasti, mereka yang memiliki skill bagus dan kesabaran untuk memulai, bisa mencapai puncak di dunia streaming game.
Ngomong-ngomong, sudah tahu belum kalau ada fitur streaming baru di YouTube? Cek di sini ya: YouTube Rilis Fitur Vertical Live Streaming.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC