MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Pengertian Brand Awareness dan Manfaatnya Bagi Pemilik Usaha

03 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 73.559  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Apakah yang dimaksud dengan brand awareness dan contohnya? Brand awareness adalah kesadaran merek atau kemampuan konsumen mengingat dan mengenali suatu merek dengan baik. Contohnya, ketika Anda melihat laptop dengan logo apel digigit, pasti Anda langsung teringat pada produk Apple, kan? 

Nah, warna, simbol, jenis huruf, maupun logo dapat mengasosiasikan ingatan dan perspektif seseorang terhadap suatu merek, produk, atau jasa tertentu. 

Sama halnya ketika ada pengendara motor mengenakan helm dan jaket berwarna hijau, ingatan Anda langsung tertuju pada brand ojek online, seperti Gojek atau Grab, kan? Inilah yang disebut dengan brand awareness

Untuk lebih jelasnya, baca penjelasan lengkap mengenai pengertian brand awareness dan manfaatnya bagi pemilik usaha di artikel kali ini, yuk.

Brand Awareness adalah …

Pengertian kesadaran merek atau brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat ciri khas tertentu, seperti warna, logo, image, dan sebagainya, yang menggambarkan identitas suatu brand

Kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek ini perlu sekali diciptakan dan dipelajari karena akan jadi faktor utama yang menentukan perilaku konsumen pada saat mereka perlu mengambil keputusan untuk melakukan suatu pembelian. 

Di saat yang sama, pemilik brand juga penting mempelajari perilaku konsumen demi meningkatkan kesadaran konsumen berkaitan dengan produk maupun layanan bisnis sehingga dapat merancang strategi promosi dan pemasaran yang tepat.

Lalu, bagaimana caranya agar konsumen memiliki kesadaran merek yang tinggi? Ya, Anda perlu membangunnya.

Cara Membangun Brand Awareness

Sebelum bisa memiliki suatu merek dengan tingkat kesadaran yang tinggi dari para konsumen, Anda perlu melakukan branding terlebih dahulu. 

Branding adalah proses atau upaya untuk memberikan makna pada produk atau jasa. Artinya, Anda selaku pemilik brand, perlu menciptakan image yang baik dan kuat ke dalam ingatan masyarakat. 

Dalam proses membangun brand awareness demi menanamkan identitas merek, Anda bisa menciptakan suatu kesan yang mendalam, entah dalam penciptaan nama produk, warna yang khas, logo yang unik, serta yang penting adalah menjaga kualitas dan layanan yang selalu sama. 

Dengan cara ini, brand identity akan terbangun lebih cepat, bahkan produk, jasa, maupun layanan bisnis Anda jadi terlihat berbeda dibandingkan dengan produk sejenis yang sudah beredar di pasaran.

Tujuan Brand Awareness

Tujuan utama dari brand awareness tentu saja untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui banyak cara. 

Seperti yang diungkapkan di awal artikel, ketika melihat pengendara motor berjaket dan mengenakan helm hijau, maka ingatan Anda akan langsung tertuju pada dua merek ojek online dengan fitur dan layanan mereka masing-masing. 

Ketika Anda membeli air mineral, tentu Anda teringat pada satu dua merek air mineral yang mereknya sudah tertanam kuat dalam ingatan Anda. 

Semakin kuat image yang Anda ciptakan, maka semakin kuat pula kesadaran konsumen akan merek yang Anda usung. Malah kalau loyalitas mereka meningkat, mereka bisa jadi “corong” promosi bagi produk Anda tanpa perlu Anda minta.

Manfaat Brand Awareness Bagi Pemilik Usaha

Dengan menerapkan strategi branding untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan merek tertentu, maka akan mendatangkan banyak manfaat. Apa saja manfaat brand awareness bagi pemilik bisnis?

1. Meningkatkan Kesadaran dan Keberadaan Merek

Masyarakat akan menyadari kehadiran sebuah brand apabila brand tersebut bisa menanamkan hal unik yang bisa konsumen ingat dengan baik. 

Dalam hal ini, bisa melalui penggunaan logo, nama, simbol, dan sebagainya. Setelahnya, coba buat iklan promosi yang unik, berkesan, dan membuat konsumen selalu ingat akan merek Anda. 

Semakin konsumen mengingat merek, maka hal ini bisa meningkatkan kesadaran dan keberadaan merek Anda. Malah efek positifnya, konsumen pergi ke mana pun akan lebih memilih merek Anda dibandingkan merek kompetitor. 

2. Berguna untuk Menarik Pelanggan Baru

Jika branding mampu meninggalkan kesan yang baik dan mendalam, bisa jadi akan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru. 

Apalagi kalau produk dengan merek Anda tadi memang memiliki kualitas yang bagus dan bisa memenuhi apa yang diinginkan konsumen.

Ingat hukum pemasaran yang menyebutkan bahwa satu konsumen yang puas dengan merek atau produk Anda, akan mengajak 10 orang temannya untuk menggunakan produk dari merek yang sama. Promosi dari mulut ke mulut seperti ini masih berlaku hingga zaman sekarang.

3. Meningkatkan Nilai Jual

Branding yang bagus akan meningkatkan brand awareness. Jika peningkatan tersebut didukung dengan kualitas produk serta layanan yang sangat baik, konsumen akan tetap membeli dan menggunakan produk Anda bahkan saat Anda menaikkan harganya.

Ada banyak cara meningkatkan nilai jual, misalnya dengan packaging yang unik, penjualan dengan sistem bundling, atau banyaknya dukungan review positif dari pelanggan setia yang telah puas dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan.

4. Sebagai Bentuk Kepercayaan

Membangun branding yang benar dan profesional tentu bisa mendongkrak banyak sekali kepercayaan yang datang, entah dari sisi konsumen maupun investor. 

Oleh karena itu, susun dan bangunlah branding dengan menekankan pada expertise dalam bidang tertentu.

 

Semoga setelah memahami pengertian brand awareness dan manfaatnya bagi pemilik usaha ini, Anda bisa mengambil langkah-langkah strategis untuk melakukan branding yang tepat sasaran dan terukur. Misalnya dengan menerapkan 5 Tips Membangun Brand Awareness Agar Produk Makin Terkenal.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER