Tahukah Anda bahwa warna, simbol, maupun logo dapat mengasosiasikan ingatan dan perspektif seseorang terhadap suatu merek pada produk atau jasa tertentu? Contoh, ketika ada pengendara motor mengenakan helm dan jaket berwarna hijau, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Atau ketika melihat tampilan permukaan laptop yang melambangkan apel yang digigit, pastilah Anda langsung tahu apa merek laptop itu, kan? Nah, inilah yang disebut dengan brand awareness. Maka pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian brand awareness dan manfaatnya bagi pemilik usaha.

 

Pengertian Brand Awareness

Dalam bahasa Indonesia, brand awareness lebih dikenal dengan sebutan kesadaran merek. Pengertian brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik warna, logo, image, dan sebagainya, yang menggambarkan identitas suatu brand

 

Kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek ini perlu sekali diciptakan dan dipelajari karena akan jadi faktor utama yang menentukan perilaku konsumen pada saat pengambilan keputusan untuk melakukan suatu pembelian. 

 

 

Di saat yang sama, pemilik brand juga penting mempelajari perilaku konsumen demi meningkatkan awareness konsumen terhadap produk dan jasa mereka, sekaligus untuk pengembangan strategi promosi, penjualan, bahkan strategi pengembangan usaha secara keseluruhan. 

 

Sebelum Anda bisa memiliki suatu merek dengan tingkat kesadaran yang tinggi dari para konsumen, Anda perlu melakukan branding terlebih dahulu. Branding adalah sebuah proses atau usaha yang berguna untuk memberikan makna pada produk atau jasa.  

 

Artinya, Anda selaku pemilik brand, perlu menciptakan image yang baik dan kuat ke dalam ingatan masyarakat sekaligus menjadi strategi yang bisa dirancang oleh perusahaan untuk membantu proses identifikasi dengan cepat. Dengan cara ini, produk dan jasa Anda jadi memiliki pembeda di antara produk dan jasa yang sudah beredar di pasaran. 

 

Tujuan utama dari brand awareness tentu saja untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui banyak cara. Seperti contoh yang diungkapkan di awal artikel, ketika melihat pengendara motor berjaket dan mengenakan helm hijau maka ingatan Anda akan langsung tertuju pada dua merek ojek online dengan fitur dan layanan mereka masing-masing. Ketika Anda membeli air mineral, tentu Anda teringat pada satu dua merek air mineral yang mereknya sudah tertanam kuat dalam ingatan Anda. 

 

Dalam proses branding demi menanamkan identitas merek, Anda bisa menciptakan suatu kesan yang mendalam, entah dalam penciptaan nama produk, warna yang khas, logo yang unik, serta yang penting adalah menjaga kualitas dan layanan yang selalu sama. Semakin kuat image yang Anda ciptakan, maka semakin kuat pula kesadaran konsumen akan merek yang Anda usung. Malah kalau loyalitas mereka meningkat, mereka bisa jadi “corong” promosi bagi produk Anda tanpa perlu Anda minta.

 

 

Manfaat Brand Awareness Bagi Pemilik Usaha

Dengan menerapkan strategi branding dan meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan merek sebuah produk tertentu, maka akan mendatangkan reaksi dan feedback yang besar untuk perusahaan. Branding yang bagus bisa mengubah dan mendorong perspektif serta opini masyarakat menjadi positif dan akhirnya target pasar pun akan menjadi semakin luas.

 

Fakta tersebut memberi kesimpulan bahwa brand awareness bisa membuat sebuah produk yang ditawarkan perusahaan melejit di pasaran. Berikut ini beberapa manfaat brand awareness bagi pemilik usaha:

  1. Meningkatkan Kesadaran dan Keberadaan Merek

Masyarakat akan menyadari kehadiran sebuah brand apabila brand tersebut bisa menanamkan hal unik yang bisa konsumen ingat dengan baik. Dalam hal ini, bisa melalui penggunaan logo, nama, simbol, dan sebagainya. Setelahnya, coba buat iklan promosi yang unik, berkesan, dan membuat konsumen selalu ingat akan merek Anda. Semakin konsumen mengingat merek Anda, maka hal ini bisa meningkatkan kesadaran dan keberadaan merek Anda. Malah efek positifnya, konsumen pergi ke mana pun akan lebih memilih merek Anda dibandingkan merek kompetitor. 

 

  1. Bisa Digunakan untuk Menarik Pelanggan Baru

Jika sebuah branding mampu meninggalkan kesan yang baik dan mendalam, bisa jadi akan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru. Apalagi kalau produk dengan merek Anda tadi memang memiliki kualitas yang bagus dan bisa memenuhi apa yang diinginkan konsumen. Ingat hukum pemasaran yang menyebutkan bahwa satu konsumen yang puas akan merek produk Anda akan mengajak 10 orang temannya untuk menggunakan produk dari merek yang sama. Promosi dari mulut ke mulut seperti ini masih berlaku hingga zaman sekarang.

 

  1. Meningkatkan Nilai Jual

Branding yang bagus akan meningkatkan brand awareness. Jika peningkatan tersebut didukung pula dengan kualitas produk serta layanan pendukung lainnya yang sangat baik, tidak heran kalau suatu ketika Anda menaikkan harga, konsumen akan tetap membeli produk Anda. Ada banyak cara untuk meningkatkan nilai jual ini, misalnya dengan packaging yang unik, penjualan dengan sistem bundling, atau banyaknya dukungan review positif dari pelanggan setia yang telah puas dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan. 

 

 

  1. Sebagai Bentuk Kepercayaan

Menggunakan cara branding yang benar dan profesional tentu bisa mendongkrak banyak sekali kepercayaan yang datang, entah dari sisi konsumen maupun investor. Oleh karena itu, susun dan bangunlah branding dengan menekankan pada expertise dalam bidang tertentu.

 

Semoga setelah memahami pengertian brand awareness dan manfaatnya bagi pemilik usaha ini, Anda bisa mengambil langkah-langkah strategis untuk melakukan branding yang tepat sasaran dan terukur. Anda bisa mengajak salah satu brand consultant atau brand marketing agency yang menguasai strategi branding atau digital marketing strategist untuk hasil branding yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa diaplikasikan dalam bisnis Anda nanti.