Hingga hari ini, Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif dari berbagai kalangan usia.
Hingga hari ini, Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif dari berbagai kalangan usia.
Itulah sebabnya, media sosial yang satu ini bisa Anda manfaatkan sebagai media promosi produk dan untuk berjualan.
Sayangnya, masih banyak orang yang ternyata asal pasang foto produk, mulai berpromosi, dan akhirnya kecewa karena hasil yang didapatkan tak sesuai harapan.
Padahal, cara promosi produk di Facebook yang benar tak sekadar asal pasang foto. Simak ulasan lengkapnya di artikel Knowledge ini, yuk.
Secara manusiawi ketika seseorang sudah mencintai sesuatu, ia akan berusaha untuk mendapatkannya.
Oleh karena itu, penerapan strategi social media di Facebook harus mampu mendorong orang untuk mencoba produk Anda, hingga akhirnya mereka mencintai produk tersebut.
Kalau hal ini yang terjadi, jangan heran mereka akan melakukan pembelian berulang.
Logika sederhananya, coba kembalikan ke diri Anda sendiri. Sebutkan nama produk dari brand mana pun yang sudah sangat Anda sukai sampai tak ingin menggantinya dengan produk serupa dari brand lain.
Lalu, coba cari penyebab mengapa Anda sangat mencintai produk tersebut. Jawaban Anda akan kurang lebih sama dengan jawaban konsumen di luar sana.
Kebanyakan dari mereka yang telah jatuh cinta dengan suatu produk, sulit menggantikan produk tersebut dengan produk lain.
Maka tugas Anda sebagai pebisnis adalah membuat produk Anda dicintai sebanyak mungkin konsumen.
Sebelum bisa membuat produk dicintai banyak konsumen, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan social media campaign yang tepat, agar konsumen mau mencoba produk Anda.
Salah satu caranya, bisa dengan bagi-bagi tester atau sampel gratis begitu sudah mengunggah produk ke Facebook.
Setelahnya, mintalah review agar konsumen yang sudah mencoba produk Anda mau menceritakan pengalaman mereka menggunakan produk.
Jangan lupa, tayangkan setiap kisah dari pengalaman pelanggan yang puas ke dalam bentuk foto, video produk, ulasan di website, dan media promosi lainnya. Kemudian tayangkan di media digital yang Anda gunakan untuk melakukan promosi.
Hampir semua orang senang saat tahu ia dapat bonus setelah melakukan pembelian.
Fakta ini tak bisa dipungkiri dan seharusnya Anda manfaatkan sebagai strategi digital marketing yang berdampak efektif bagi peningkatan penjualan.
Maka, mengadakan giveaway di akun Facebook dengan ketentuan tertentu bisa menjadi salah satu cara yang wajib Anda coba.
Misalnya dengan ketentuan giveaway, seperti berikut:
Anda juga bisa memberi bonus pembelian. Maksudnya, ketika ada pelanggan yang membeli produk A dengan nominal tertentu, mereka berhak mendapatkan bonus pembelian berupa produk B sebagai tester.
Tujuannya agar pelanggan menjadi pelanggan setia untuk banyak produk usaha Anda.
Pengumuman giveaway atau adanya bonus pembelian sertakan pula dalam banner yang mempromosikan produk, baik berupa image, foto, maupun video promosi.
Ingin promosi produk di Facebook dengan benar? Jangan asal pasang foto, lalu sudah ya. Terapkan strategi di atas untuk menjangkau lebih banyak orang dan membuat produk Anda jadi dikenal luas.
Dunia digital saat ini adalah dunia user generated content (UGC), yang merupakan salah satu cara pembuatan konten marketing yang efektif.
Michael Brenner, salah satu marketing di Insider Group pernah mengatakan, satu-satunya cara agar target market yang dituju mau memperhatikan dan terlibat dengan promosi yang Anda lakukan adalah dengan memahami hal-hal yang sesuai dan mereka minati.
Menerapkan user generated content (UGC) saat melakukan promosi di Facebook akan memberi banyak manfaat bagi Anda, di antaranya:
UGC akan sangat membantu dalam menjaga klien atau customer agar tetap senang berinteraksi dengan produk dan brand.
Ketika ada konsumen memposting produk atau pengalamannya dengan layanan bisnis dan Anda mengetahui hal ini dari mention, tag, atau hashtag, segera lakukan posting ulang atau reposting.
Menampilkan user generated content dari pelanggan yang puas akan menarik perhatian calon konsumen dan memancing mereka untuk jadi pelanggan baru di bisnis Anda.
Mereka juga akan melihat produk Anda merupakan produk yang sangat bagus dan dapat digunakan dengan baik, karena sudah banyak yang mencoba dan memberi ulasan positif.
Iklan retargeting dan lookalike audience adalah metode periklanan yang sangat bagus di Facebook untuk produk-produk e-commerce.
Ini termasuk postingan tentang produk baru atau mempromosikan halaman suatu produk dengan format iklan klik website.
Dalam kaitannya dengan retargeting ads, Anda bisa menggunakan data pelanggan untuk menargetkan audiens serupa dengan pembeli yang compatible saat ini.
Sementara jika Anda telah mengumpulkan alamat email dari pelanggan, lakukan import daftar alamat email ke Facebook untuk membuat atau create Lookalike audience.
Nah, Anda sudah tahu kan, kalau cara promosi produk di Facebook yang benar tak asal pasang foto dan bikin caption saja.
Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kerja konten, seperti memanfaatkan fitur yang sudah tersedia di Facebook.
Kalau masih bingung dan belum paham benar cara promosi produk di Facebook, Anda juga bisa minta bantuan dari social media agency atau tim digital agency Indonesia. Mereka punya tim yang profesional dan berpengalaman.
Bahkan Anda bisa lho memilih bekerja sama dengan Redcomm Indonesia. Sebagai agensi digital yang 6 tahun berturut-turut meraih gelar Agency of the Year skala Asia Tenggara, sudah tentu mereka siap membantu Anda mempromosikan bisnis dengan lebih menguntungkan. Klik link Kontak Redcomm ini untuk menghubungi mereka.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC