Jika ingin mempromosikan usaha di internet, Anda bisa mencoba memanfaatkan Facebook sebagai media promosi online. Hingga hari ini, Facebook masih merupakan salah satu media sosial yang sangat efektif untuk mempromosikan brand sekaligus produknya. Interface yang menarik serta ditunjang dengan kemudahan mencari audiens menjadi salah satu alasan mengapa Facebook sampai detik ini menjadi alat promosi yang tepat. Hanya saja, promosi produk di Facebook tak bisa asal pasang foto, ini cara yang benar. 

 

Promosi Produk di Facebook Tak Bisa Asal Pasang Foto

 

 

  1. Buat Follower Facebook Mencoba dan Mencintai Produk Anda

Secara manusiawi ketika seseorang sudah mencintai sesuatu, ia akan berusaha untuk mendapatkan apa yang dicintainya tersebut. Oleh karena itu, social media strategy di Facebook yang harus dibangun adalah mendorong orang untuk mencoba sendiri produk Anda hingga akhirnya mereka mencintai produk tersebut, lalu melakukan pembelian berkali-kali di kemudian hari. 

 

Mari kembalikan dulu ke diri Anda sendiri. Bisakah Anda menyebutkan satu produk yang sudah sejak lama Anda gunakan hingga Anda tak ingin menggantinya dengan produk lain yang sejenis? Apa yang membuat Anda mencintai produk tersebut? Jawaban Anda akan kurang lebih sama dengan jawaban pelanggan Anda. Kebanyakan dari mereka yang telah jatuh cinta dengan suatu produk, sulit menggantikan produk tersebut dengan produk lain, meski dengan banyak tawaran promosi yang menggiurkan, misalnya. Nah, membuat produk Anda dicintai inilah yang jadi tugas utama Anda. 

 

Cara paling efektif ketika Anda melakukan promosi produk di Facebook adalah memikirkan social media campaign yang tepat, yang bisa membuat calon pelanggan tertarik untuk mencoba produk Anda. Jadi ketika Anda sudah mengunggah produk Anda ke Facebook, jangan segan untuk memberikan tester agar orang-orang bisa mencoba sendiri produk Anda. Jangan lupa, mintalah review agar mereka menceritakan pengalaman menggunakan produk Anda. Selanjutnya, tugas Anda menayangkan setiap kisah dari pengalaman pelanggan yang puas dalam bentuk caption yang menyertai foto atau video produk yang Anda unggah di Facebook. 

  

 

  1. Berikan Giveaway atau Bonus Pembelian

Hampir semua orang senang dengan pemberian bonus ketika melakukan suatu pembelian. Fakta ini tak bisa dipungkiri. Dan fakta inilah yang seharusnya Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi digital marketing yang masih memberi dampak efektif bagi peningkatan penjualan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengadakan giveaway di akun Facebook Anda dengan ketentuan tertentu agar produk Anda bisa lebih dikenal banyak orang, misalnya peserta giveaway perlu membagikan postingan produk (share) serta mention beberapa teman mereka untuk ikut giveaway yang Anda adakan. Pemenang giveaway juga perlu diberikan syarat, misalnya memberikan tanggapan atau review atas produk Anda dan lain sebagainya.

 

Anda juga bisa memberi bonus pembelian. Maksudnya, ketika ada pelanggan yang membeli produk A, Anda bisa sekalian memberi mereka bonus pembelian berupa produk B sebagai tester. Tujuannya agar pelanggan menjadi pelanggan setia untuk banyak produk usaha Anda. 

 

Pengumuman giveaway atau adanya bonus pembelian sertakan pula dalam banner yang mempromosikan produk Anda, baik berupa image atau foto maupun video promosi. Dengan cara ini, diharapkan Anda tetap bisa melakukan promosi di Facebook demi menjangkau orang-orang yang belum jadi pelanggan Anda. 

 

  1. Tunjukkan Kepuasaan Pelanggan Atas Produk Anda

Sekarang ini dunia digital adalah dunia user generated content (UGC), yang merupakan salah satu cara pembuatan konten marketing yang efektif. Michael Brenner, salah satu marketing di Insider Group pernah mengatakan, satu-satunya cara agar target market yang Anda tuju mau memperhatikan dan terlibat dengan promosi yang Anda lakukan adalah dengan memahami hal-hal yang sesuai dan mereka minati.

 

Menerapkan user generated content (UGC) saat melakukan promosi di Facebook akan memberi banyak manfaat bagi Anda. Pertama, UGC akan sangat membantu dalam menjaga klien atau customer agar tetap senang ketika Anda memposting kembali (re-posting) apa yang dibuat atau diposting oleh pelanggan di media sosial bisnis Anda. 

 

Kedua, dengan Anda menunjukkan user generated content kepada orang lain, pelanggan baru akan tahu bahwa sudah banyak loyal customer yang senang dan puas dengan produk Anda. Akhirnya, calon pelanggan baru ini pun menjadi tertarik untuk mencoba, bahkan ikut melakukan pembelian untuk membuktikan sendiri manfaat yang bisa mereka dapat seperti yang dikisahkan oleh pengguna lainnya. Mereka juga akan melihat bahwa produk Anda merupakan produk yang sangat bagus dan dapat digunakan dengan baik. 

 

 

  1. Pasang Iklan Berbayar di Facebook dan Manfaatkan Penargetan Spesifik pada Fitur yang Tersedia 

Iklan retargeting dan Lookalike Audience merupakan suatu metode periklanan yang sangat bagus di Facebook untuk produk-produk e-commerce, terutama jika menyangkut postingan tentang produk baru atau mempromosikan halaman suatu produk dengan format iklan klik website.

 

Dalam kaitannya dengan retargeting ads, Anda bisa gunakan data-data usaha Anda sendiri untuk menargetkan audiens serupa dengan pembeli yang compatible saat ini. Kemudian, jika Anda telah mengumpulkan alamat email dari pelanggan, lakukan import daftar alamat email tersebut ke Facebook untuk membuat atau create Lookalike audience

 

Dari artikel berjudul Promosi Produk di Facebook Tak Bisa Asal Pasang Foto, semoga Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur unggul yang tersedia di Facebook sekaligus melakukan promosi tidak hanya asal foto. Selain itu perlu diingat, ada hal-hal lain yang perlu Anda lakukan agar promosi yang dilakukan mencapai hasil yang diharapkan. Kalau masih bingung dan belum paham benar cara promosi produk di Facebook, Anda juga bisa minta bantuan social media agency.