knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Cara Membuat Fanp...

Cara Membuat Fanpage di Facebook yang Mudah dan Praktis

29 Jul  · 
3 min read
 · 
eye 60.470  
Social Media

Cara Membuat Fanpage Facebook

Fanpage Facebook adalah halaman khusus yang dibuat di platform Facebook untuk merepresentasikan bisnis sekaligus untuk memudahkan interaksi dengan audiens.

Hingga hari ini sudah banyak pebisnis yang membuktikan kalau Fanpage Facebook masih menjadi media yang efektif untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis dengan biaya yang sangat hemat, bahkan bisa gratis.

Lalu, bagaimana cara membuat Fanpage Facebook? Ikuti langkah-langkahnya dalam penjelasan di bawah ini.

7 Langkah Membuat Fanpage di Facebook

Sudah siap membuat dan memiliki halaman penggemar di Facebook? Jika sudah, yuk ikuti step by step cara membuat Fanpage Facebook berikut:

1. Login ke Akun Facebook

Langkah pertama, Anda harus masuk ke akun Facebook personal. Gunakan email dan kata sandi yang Anda gunakan ketika melakukan pendaftaran.

2. Buat Halaman Fanpage

Setelah berhasil login, pilih menu halaman pada sisi kiri layar akun Facebook (biasanya berbentuk tiga garis atau titik).

Dari menu dropdown, pilih “Halaman” di mana akan tampil semua halaman yang Anda kelola. Di sini juga ada pilihan untuk membuat halaman baru.

Jika baru pertama kali dan belum pernah membuat Fanpage Facebook, maka langsung klik saja tanda “+ Buat Halaman Baru”. 

Lalu, langsung pilih, apakah Fanpage yang Anda buat itu untuk “Bisnis / Brand” atau “Komunitas / Tokoh Masyarakat”.

3. Isi Informasi Halaman

Berikutnya akan muncul kolom isian atau formulir yang terbagi menjadi tiga bagian. Nama halaman, kategori, dan bio (keterangan tambahan terkait profil bisnis). 

Isilah kolom-kolom tersebut sesuai dengan usaha Anda. Panduan yang bisa Anda ikuti sebagai berikut:

  • Nama Halaman: isi dengan nama Fanpage yang sesuai dengan bisnis atau brand Anda.
  • Kategori: pilih kategori yang paling relevan dengan bisnis. Apakah “Restoran”, “Toko Ritel”, “Organisasi Nonprofit”, atau lainnya.
  • Deskripsi: tulis deskripsi singkat yang menjelaskan tujuan atau layanan yang Anda tawarkan.

4. Tambahkan Gambar Profil dan Sampul

Gambar atau foto yang menarik sangat penting untuk menarik perhatian audiens. Untuk gambar profil, Anda bisa mengunggah foto tampak depan toko dan logo, misalnya. Hal ini bisa menjadi brand identity bisnis Anda.

Ukuran ideal gambar profil, yaitu: 180 x 180 piksel, sementara ukuran gambar sampul: 820 x 312 piksel.

Lalu untuk gambar sampul, Anda bisa menampilkan landscape menarik dari lokasi usaha, mozaik produk unggulan, dan lainnya. Usahakan

5. Lengkapi Informasi Pendukung

Setelah proses pengisian informasi dasar dan penambahan gambar selesai, sekarang waktunya Anda melengkapi informasi lainnya yang akan mendukung pertumbuhan bisnis.

Beberapa informasi penting yang juga perlu Anda cantumkan di Fanpage Facebook, antara lain:

  • Tombol Call to Action (CTA) untuk memudahkan audiens berinteraksi dengan brand bisnis Anda. Tinggal klik “Tambahkan Tombol” yang ada di bawah gambar sampul.
  • Selain tombol CTA, Anda bisa menggunakan jenis tombol lainnya, seperti “Hubungi Kami”, “Kunjungi Situs Web”, atau “Pesan Sekarang”.
  • Lengkapi informasi terkait alamat, nomor telepon, jam operasional, dan situs web. Caranya, Anda tinggal klik “Edit Info Halaman” yang terdapat di menu sebelah kiri.

6. Publikasikan Halaman Fanpage

Lakukan pemeriksaan untuk semua informasi yang sudah Anda tambahkan sekali lagi. Kalau sudah yakin lengkap dan benar, Anda bisa langsung mempublikasikan halaman fanpage.

Caranya mudah. Tinggal klik “Publikasikan” yang terdapat pada bagian atas halaman. Setelahnya, bagikan halaman Fanpage Facebook yang baru ini kepada teman, keluarga, relasi, maupun semua kenalan yang berada dalam jaringan pertemanan Anda di Facebook.

Tujuan membagikan halaman tersebut supaya ada lebih banyak orang yang mengenal bisnis Anda, termasuk produk, jasa, maupun layanan yang Anda tawarkan.

7. Mulai Posting Konten

Langkah terakhir, Anda perlu sesegera mungkin posting konten yang menarik perhatian dan bisa membangun keterlibatan dengan sebanyak mungkin pengguna Facebook lainnya.

Beberapa tips yang bisa Anda terapkan terkait konten di Facebook Fanpage, serta bisa membantu mempopulerkan halaman fanpage ini, antara lain:

  • Konten yang pertama kali Anda posting sebaiknya berisi deskripsi, cerita, atau ulasan yang menarik tentang alasan Anda membuat fanpage, isi fanpage, dan hal-hal penting lainnya yang membuat pengguna Facebook mau mengikuti fanpage Anda.
  • Buatlah jadwal posting dan kalender konten yang rutin dan teratur. Lalu mulailah membangun interaksi dengan para pengikut.
  • Pastikan konten yang Anda publish di fanpage bervariasi, mulai dari artikel, foto, video, infografis, dan sebagainya.
  • Terapkan teknik SEO copywriting dan gunakan kata kunci yang relevan di deskripsi dan setiap postingan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari.
  • Luangkan waktu untuk melakukan analisis dari data insight yang sudah Facebook sediakan. Kalau perlu pasang iklan di Facebook ads untuk jangkauan promosi dan pemasaran yang lebih luas.

Kenapa Bisnis Perlu Punya Fanpage Facebook?

Menggunakan Facebook fanpage memungkinkan Anda memasang dan mengelola iklan atau Facebook Ads

Dengan catatan, Anda sudah paham jurus pasang Facebook Ads yang tepat sasaran. Kalau belum paham, ikuti saja langkah-langkahnya di artikel berjudul Begini Cara Menjalankan Iklan di Facebook Ads.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan data insight yang sudah tersedia di fanpage untuk mengetahui bagaimana interaksi pelanggan di halaman akun bisnis. 

Data ini sangat berguna, karena Anda jadi tahu perilaku konsumen, kemudian memanfaatkannya untuk membidik konsumen premium atau konsumen potensial.

Nah, Anda sudah tahu cara membuat Fanpage Facebook dari penjelasan yang detail di artikel ini. Lalu jika masih ada penjelasan yang belum Anda pahami, coba Kontak Redcomm dan ajak berdiskusi. 

Redcomm Indonesia adalah digital marketing agency Indonesia yang berkantor di Jakarta. Sebagai peraih penghargaan Agency of the Year 6x dalam 6 tahun berturut-turut, digital agency Jakarta ini sangat berpengalaman dalam membantu banyak brand dan menyelenggarakan digital campaign dengan hasil yang berdampak.

Kalau sudah menerapkan cara membuat Fanpage Facebook, lalu ternyata terjadi kesalahan penulisan nama brand, atau ingin mengganti nama halaman fans di Facebook, baca dulu penjelasan dan Cara Mengubah Nama Fanpage Facebook.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER