Dalam melakukan social media and digital marketing untuk bisnis, ada banyak cara yang bisa Anda explore, seperti mencoba Facebook creator studio. Ini adalah fitur baru dari Facebook yang dikhususkan bagi para marketer untuk menerbitkan konten dan iklan gratis di Facebook maupun Instagram, sekaligus untuk mengelolanya. 

 

Apa Itu Facebook Creator Studio? 

Facebook creator studio berbeda dengan Facebook business manager. Jika Facebook business manager berfungsi untuk mengelola banyak halaman dan akun iklan tanpa membagikan kredensial login akun pribadi, maka creator studio berfungsi mengatur dan mengelola konten pada halaman Anda hingga nantinya bisa dilakukan proses monetisasi.  

 

Jadi, Facebook creator studio semacam pusat konten untuk mengunggah, menjadwalkan, menerbitkan, memantau, dan melacak semua konten Anda dengan berfokus pada format video. Tentunya ini cocok bagi Anda selaku video content creator ataupun pebisnis yang sedang mengembangkan proses promosi menggunakan digital video production. Nah, di bawah ini adalah fitur-fitur yang tersedia beserta uraian singkatnya. 

 

 

 

Fitur dan Manfaat Creator Studio di Facebook 

  1. Buat dan Posting Konten di Facebook 

Sesuai dengan namanya, creator studio membuat Anda dapat melakukan banyak hal. Dari mulai mengunggah beberapa video sekaligus, melakukan crossposting konten ke beberapa halaman, mengelola konten Anda menjadi playlist, dan mengatur jadwal untuk memposting konten atau menyimpan postingan sebagai draf

 

  1. Beranda

Tab beranda di Facebook creator studio berisi postingan dari halaman tertentu, dan juga beberapa pengetahuan dasar seputar konten Anda. Selain itu, tersedia pula komposer yang dapat digunakan untuk membuat konten dan memungkinkan Anda bisa menerbitkannya ke semua halaman Anda. 

 

  1. Galeri Konten 

Berbeda dengan fitur beranda, galeri konten memberikan ringkasan lengkap tentang video, foto, tautan, dan postingan teks, dari halaman yang Anda kelola. Anda juga dapat melihat insight, melakukan proses editing, bahkan mempromosikan, atau menghapus postingan

 

  1. Insights  

Insights menjadi bagian yang paling berguna serta menarik dari upaya pemasaran digital melalui creators studio. Dalam tab menu ini akan ditunjukkan insight mengenai kinerja konten yang Anda bagikan, baik secara keseluruhan atau konten yang Anda crossposting serta pendapatan yang Anda terima dari semua halaman Facebook. 

 

  1. Kotak masuk 

Kotak masuk atau inbox berfungsi dalam memberitahu pengguna tentang pesan, komentar, dan likes yang diberikan orang lain untuk unggahan Anda saat berinteraksi dengan audiens Facebook serta Instagram. 

 

 

  1. Monetisasi 

Tak hanya membantu bisnis Anda untuk menjalankan online marketing campaign, Facebook creator studio bisa juga membantu Anda mendapatkan penghasilan dari sana. Sebab, Anda dapat melakukan monetisasi halaman dengan mengizinkan iklan untuk ditampilkan sebelum, sesudah, atau di sekitar konten Anda. Di sini, Anda dapat mengetahui syarat yang harus dipenuhi untuk memonetisasi akun Anda. Selain itu, Facebook menyediakan cara dan tips lain untuk mendukung Anda mencapai atau mempertahankan monetisasi. 

 

  1. Pengelolaan Hak Cipta 

Dari tab rights manager, Anda dapat melindungi kekayaan intelektual dari konten video Facebook dan Instagram milik Anda. Rights manager akan mendeteksi konten audio dan video yang hak ciptanya milik Anda. Anda pun dapat mengunggah file referensi yang nantinya akan dianalisis dan digunakan untuk membandingkan dengan konten lain guna mendeteksi kemungkinan plagiat. 

 

  1. Sound Collection  

Fitur atau tab sound collection memberikan Anda akses ke musik legal dan efek suara gratis yang dapat Anda gunakan dalam pembuatan video digital marketing campaign. Anda pun dapat membagikan hasilnya di Facebook serta Instagram. Facebook menyediakan daftar musik dari musisi terkenal dan berbagai efek suara yang menarik. 

 

Pengelolaan Instagram di Creator Studio 

Instagram di creator studio bisa digunakan untuk siapa pun yang memiliki profil bisnis Instagram atau akun kreator. Fitur ini memungkinkan Anda mengelola semua kiriman Instagram dan memantau insights dari komputer. 

 

 

  1. Pengelola Postingan

Pada bagian pengelolaan konten, Anda dapat mengakses semua video, foto, cerita, dan konten IGTV milik Anda. Kemudian, bisa melihat bagaimana kinerjanya untuk mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak. Selain itu, Anda dapat menelusuri konten agar mudah menemukannya serta dapat pula menggunakan filter untuk mengaturnya dengan cepat. 

 

  1. Melihat Insight Aktivitas Konten dan Audiens

Pada bagian ini, Anda dapat mengetahui data tentang audiens, sehingga nantinya Anda bisa mengatur waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Anda pun bisa melihat tindakan apa yang diambil para pengguna ketika mereka terlibat dengan konten Anda. Jangkauan dan tayangan total konten Anda juga bisa diakses di sini. 

 

Secara keseluruhan, Facebook creator studio adalah tools yang berharga dan bisa Anda manfaatkan untuk strategi digital marketingdari produk maupun layanan yang Anda miliki.