MENU
SEARCH KNOWLEDGE

11 Cara Memanfaatkan TweetDeck untuk Sukseskan Social Media Campaign di Twitter

18 Jun  · 
3 min read
 · 
eye 5.210  
Social Media

redcomm

Kini brand-brand besar semakin marak menyelenggarakan kegiatan kampanye pemasaran digital dalam upaya meningkatan brand awareness hingga penjualan produk.

Melalui platform media sosial, seperti Twitter, Anda bisa menyelenggarakan berbagai social media campaign dengan tujuan mempromosikan produk, layanan bisnis, maupun brand.

Twitter adalah salah satu jenis media sosial berbasis microblogging dengan konten terbatas, 280 karakter. 

Meskipun jumlah karakternya lebih terbatas dari platform lain, menjalankan campaign di Twitter justru mempermudah penyampaian pesan pemasaran kepada audiens.

Supaya campaign di Twitter lancar, Anda bisa menggunakan tools seperti TweetDeck atau sekarang bernama XPro.

Cari tahu selengkapnya tentang Tweetdeck di artikel Redcomm Knowledge kali ini, yuk.

Apakah TweetDeck Itu?

TweetDeck adalah platform online untuk mengelola semua digital campaign di Twitter dalam satu tempat, terutama jika Anda memiliki akun Twitter lebih dari satu.

Nantinya semua konten di berbagai akun Twitter yang Anda miliki akan tampil dalam bentuk kolom di TweetDeck sehingga lebih mudah untuk Anda kelola.

11 Cara Menggunakan TweetDeck agar Twitter Campaign Sukses

Ada beberapa cara menggunakan TweetDeck agar digital campaign yang Anda selenggarakan di Twitter bisa berjalan sukses dan mencapai target yang ditentukan, antara lain:

1. Buat Kolom Sesuai Kebutuhan

Salah satu kelebihan TweetDeck, Anda bisa menambahkan kolom-kolom pada dashboard sesuai dengan kebutuhan. Kolom ini tidak ada batasan jumlahnya.

Anda bisa mengatur kolom untuk daftar konten, tagar, orang, pencarian tertentu, dan lainnya. Untuk menambahkan kolom baru di TweetDeck, klik tanda tambah (+) di pojok kiri bawah pada menu.

2. Membuat Tweet Terjadwal

Saat menggunakan TweetDeck, Anda bisa menjadwalkan waktu posting tweet baru, bahkan saat tidak sedang online. Untuk menjadwalkan tweet, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  • Klik tombol New Tweet di bagian pojok kiri atas. Kemudian muncul layar untuk menulis tweet tersebut.
  • Tambah gambar, foto, atau infografis jika diperlukan untuk memperkuat pesan yang Anda sampaikan.
  • Lakukan pengaturan jadwal posting di bagian Schedule Tweet. Pada menu ini, Anda bisa memilih waktu dan tanggal sesuai keinginan.
  • Jika sudah selesai, pilih Tweet.

Dengan menjadwalkan tweet, Anda tidak perlu khawatir jika ternyata lupa atau sibuk dengan aktivitas lain. 

Tweet yang sudah terjadwal akan langsung terpublikasi dengan sendirinya di waktu yang sudah Anda tentukan.

3. Melacak Mention

Membuat kolom untuk melacak mention memungkinkan Anda mengikuti semua orang yang berinteraksi dengan Anda di timeline.

Cara ini membuat Anda dapat merespons dengan cepat, sehingga engagement lebih terjaga. 

Berikut cara menambahkan kolom baru untuk menampilkan mention:

  • Klik tombol "+" di sidebar kiri untuk menambahkan kolom baru.
  • Pilih Mentions untuk membuat kolom yang akan menampilkan semua mention yang diterima akun Anda.
  • Kustomisasi kolom untuk menyesuaikan pengaturan, seperti mengubah urutan kolom, mengatur filter, atau menambahkan kata kunci tertentu.
  • Kolom mention akan diperbaharui secara real-time, sehingga Anda dapat melihat semua interaksi yang melibatkan akun Anda tanpa perlu reload halaman.

4. Mempermudah Menemukan Pesan di Direct Message

Kelebihan menggunakan TweetDeck berikutnya, Anda bisa membuat kolom untuk pesan pribadi agar dapat dengan mudah menemukan pesan baru, kemudian membalasnya.

Cara mengaturnya sama dengan cara membuat kolom untuk mentions. Hanya saja ada pilih direct message pada langkah kedua.

Mengatur kolom khusus untuk DM sangat membantu dalam menjaga hubungan dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Bahkan Anda bisa memantau pesan dari beberapa akun secara bersamaan tanpa harus masuk dan keluar dari beberapa akun, sehingga privasi dan keamanan juga lebih terjaga.

5. Buat Penelusuran Custom

Atur dan gunakan kolom penelusuran untuk mencari frasa kata kunci yang mungkin akan pelanggan ketikkan dalam menemukan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Menambahkan kolom ini akan memudahkan Anda dalam mencari peluang dan memantau tren. Nanti hasilnya bisa Anda gunakan untuk membuat penyesuaian yang relevan dengan kebutuhan pasar.

6. Kolom List Pengguna Lain

Ingin lebih praktis dan efektif dalam membangun hubungan dengan audiens? Buat saja kolom user tersendiri pada TweetDeck. 

Cara ini juga bisa Anda gunakan ketika sedang menyelenggarakan social media campaign bersama influencer di Twitter.

7. Melihat Siapa yang Mengikuti Anda

Buatlah kolom pengikut yang fungsinya untuk membantu Anda memantau dan melihat siapa yang baru-baru ini mengikuti Anda.

Nantinya di kolom ini Anda bisa mendapatkan berbagai insight penting, seperti melihat jumlah tweet, mention, list, dan like hanya dengan mengklik profil mereka.

8. Memantau Aktivitas

TweetDeck atau XPro juga menjadi platform yang akan membantu pemilik akun untuk memantau semua aktivitas akun Twitter dalam waktu bersamaan. Terutama kalau Anda memiliki beberapa akun bisnis.

9. Membuat Tweet di Banyak Akun

TweetDeck memudahkan pengguna dalam melihat secara detail semua akun yang terkoneksi, termasuk jumlah pengikut maupun tweet terbaru. 

Saat ingin mem-posting tweet baru, tinggal pilih akun-akun yang diinginkan. Nantinya TweetDeck Twitter akan mempublikasikan tweet tersebut di beberapa akun sekaligus. 

10. Kelola Banyak Akun

TweetDeck sangat berguna ketika Anda ingin menggunakan beberapa akun Twitter. Caranya cukup mudah. Langsung klik accounts dan di mana Anda bisa memasukkan akun Twitter yang berbeda.

Meskipun tersedia banyak akun, Anda tetap bisa memilih akun default yang secara otomatis dipilih untuk mengirimkan berbagai tweet.

11. Memantau Trending Topik

Kesuksesan social media campaign tak lepas dari kemampuan Anda mengikuti tren yang sedang berlangsung dalam masyarakat, terutama pengguna Twitter.

Supaya aktivitas memantau trending topik bisa lebih praktis, gunakan saja TweetDeck. Caranya bisa mengikuti langkah berikut:

  • Buka profil kompetitor melalui TweetDeck.
  • Setelah itu, Anda akan menemukan kolom mention yang nantinya akan menampilkan semua sebutan tentang profil kompetitor.
  • Pada kolom yang sama, Anda juga bisa melihat bagaimana kompetitor berinteraksi dengan pengguna Twitter lain.

Melakukan analisis terhadap gerak dan aktivitas kompetitor dalam menjalankan kampanye di media sosial bisa memberi gambaran kepada Anda mengenai tingkat persaingan, bahkan bisa membantu Anda mengatur strategi yang lebih baik dibandingkan mereka. 

Demikian 11 cara yang bisa Anda lakukan di TweetDeck Twitter agar campaign berjalan sukses. Jangan lupa, Maksimalkan Twitter Marketing dengan Data Analytics. Semoga dengan cara ini Anda bisa menjalankan campaign di Twitter dengan hasil yang lebih baik.

Selain itu, best digital agency Jakarta bernama Redcomm juga siap membantu Anda dalam penyelenggaraan social media and digital marketing campaign yang lebih masif, terstruktur, dan pastinya demi pencapaian hasil sesuai yang diinginkan. Langsung hubungi saja di Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER