Kegiatan campaign semakin marak diselenggarakan oleh brand-brand besar dalam rangka peningkatan brand awareness. Melalui platform media sosial, seperti Twitter, Anda bisa menyelenggarakan berbagai social media campaign dengan tujuan mempromosikan produk maupun brand Anda. 

 

Twitter merupakan salah satu jenis media sosial yang berbasis microblogging dengan konten terbatas hanya 280 karakter. Meskipun jumlah karakternya lebih terbatas dibandingkan platform lain, namun menjalankan campaign di Twitter justru lebih mudah untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Untuk memudahkan Anda menjalankan campaign di Twitter, Anda bisa menggunakan tools gratis, seperti TweetDeck. 

 

Nah, apakah Anda sudah tahu mengenai TweetDeck, aplikasi yang memungkinkan Anda menjalankan campaign di Twitter menggunakan beberapa akun sekaligus?

 

Apakah TweetDeck Itu?

 

TweetDeck merupakan platform online untuk mengelola media sosial dalam satu tempat yang digunakan khusus bagi pengguna Twitter. Tools ini menawarkan cara yang sangat mudah dan komprehensif bagi Anda para pengguna Twitter, khususnya yang memiliki akun lebih dari satu. TweetDeck menarik sekali untuk digunakan karena menampilkan semuanya dalam bentuk kolom sehingga lebih mudah untuk Anda kelola.

 

10 Cara Memanfaatkan TweetDeck agar Campaign Berjalan Sukses

 

Ada beberapa cara memanfaatkan TweetDeck agar campaign Anda agar berjalan sukses dan mencapai target yang ditentukan, antara lain:

 

  1. Buat Kolom Sesuai Kebutuhan

Salah satu kelebihan dari TweetDeck adalah memudahkan Anda untuk menambahkan kolom-kolom pada dashboard sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, tidak ada batasan berapa jumlah kolom yang bisa ditambahkan. Kolom tersebut tinggal Anda atur untuk daftar, tagar, orang, pencarian tertentu, dan lainnya. Untuk menambahkan kolom baru di TweetDeck, Anda tinggal klik tanda tambah (+) di pojok kiri bawah pada menu.

 

 

  1. Membuat Tweet Terjadwal

Kemudahan lain saat menggunakan TweetDeck, Anda bisa menjadwalkan kapan ingin memposting tweet baru, bahkan ketika sedang tidak online sekalipun. Untuk menjadwalkan tweet, Anda bisa melakukan langkah berikut:

 

  • Klik tombol New Tweet di bagian pojok kiri atas. Kemudian, akan muncul layar untuk menulis tweet tersebut.
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa menambahkan gambar jika diperlukan.
  • Setelah itu, Anda bisa memilih di bagian bawah akan tampil Schedule Tweet. Pilih waktu dan tanggal yang diinginkan.
  • Jika sudah selesai, pilih Tweet (biasanya ada jadwal yang sudah Anda pilih).

 

Dengan menjadwalkan tweet, Anda tidak perlu khawatir jika ternyata sedang lupa atau sibuk  beraktivitas. Tweet yang sudah dijadwalkan akan langsung terposting dengan sendirinya di waktu yang sudah Anda tentukan. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan Direct Message

 

  1. Melacak Mention dan Direct Message

Dengan membuat kolom untuk melacak mention, Anda dapat mengikuti semua orang yang berinteraksi dengan Anda di timeline dan dapat merespons dengan cepat. Kelebihan menggunakan TweetDeck berikutnya, Anda bisa membuat kolom untuk pesan pribadi agar dapat dengan mudah menemukan pesan baru, kemudian membalasnya. 

 

  1. Buat Penelusuran Custom

Gunakan kolom penelusuran untuk mencari frasa kata kunci yang akan digunakan pelanggan Anda dalam menemukan produk / layanan serupa. Menambahkan kolom ini dapat mempermudah dalam mencari peluang.

 

 

  1. Kolom List Pengguna Lain

Anda bisa membuat kolom user tersendiri pada TweetDeck. Hal ini bertujuan, memudahkan Anda dalam membangun hubungan dengan audiens atau influencer yang sedang bekerja sama dengan Anda dalam penyelenggaraan campaign di Twitter. 

 

  1. Melihat Siapa yang Mengikuti Anda

Ingin tahu dengan cara cepat dan praktis, siapa saja yang mengikuti akun bisnis Anda? Buatlah kolom pengikut. Kolom ini berfungsi untuk memudahkan Anda memantau dan melihat siapa yang baru-baru ini mengikuti Anda. Bahkan, Anda juga bisa dengan mudah melihat jumlah tweet, mention, list, dan like hanya dengan mengklik profil mereka.

 

  1. Terus Ikuti Aktivitas Anda

Dengan menggunakan TweetDeck, Anda jadi lebih mudah memantau semua aktivitas akun Twitter dalam waktu bersamaan. Ini akan menjadi semakin praktis, kalau Anda punya beberapa akun Twitter untuk bisnis yang sedang Anda jalankan.

 

  1. Membuat Tweet di Banyak Akun

TweetDeck mempermudah penggunanya sehingga dapat melihat secara detail semua akun yang terkoneksi, termasuk jumlah pengikut maupun tweet terbaru. Saat Anda ingin memposting tweet baru, pilihlah akun-akun yang diinginkan. Jadi, dengan menggunakan Tweetdeck ini dapat memberikan kemudahan bagi Anda untuk membuat satu tweet dan diposting di beberapa akun sekaligus.

 

 

  1. Kelola Banyak Akun

Anda dapat menambahkan beberapa akun Twitter dengan menggunakan TweetDeck. Caranya cukup mudah, langsung klik accounts dan halaman di mana Anda bisa memasukkan akun Twitter yang berbeda akan langsung terbuka. Meskipun tersedia banyak akun, Anda tetap bisa memilih akun default yang secara otomatis dipilih untuk mengirimkan berbagai tweet, kecuali sudah menentukan akun yang berbeda.

 

  1. Memantau Trending Topik

Dengan menggunakan TweetDeck, Anda dengan mudah memantau semua aktivitas yang dilakukan oleh kompetitor. Caranya, buka profil kompetitor melalui TweetDeck. Setelah itu, Anda akan menemukan kolom mention yang nantinya akan menampilkan semua sebutan tentang profil kompetitor Anda. 

 

Pada kolom yang sama, Anda juga bisa melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan pengguna Twitter lain. Ini akan memberi gambaran kepada Anda untuk menganalisis tingkat keberhasilan kompetitor saat menjalankan campaign. Bahkan, Anda bisa mengatur strategi yang lebih menarik lagi dibandingkan kompetitor Anda.

 

Demikian 10 cara yang bisa Anda lakukan di TweetDeck agar campaign berjalan sukses. Semoga dengan cara ini dapat membantu Anda untuk menjalankan campaign di Twitter. Selain itu, best digital agency Jakarta bernama Redcomm juga siap membantu Anda dalam penyelenggaraan social media and digital marketing campaign yang lebih masif, terstruktur, dan pastinya demi pencapaian hasil sesuai yang diinginkan.