Apakah Anda pemilik usaha yang terkena dampak pandemi dan terpaksa harus bergegas go digital? Jika iya, maka artikel tentang strategi promosi online yang wajib diketahui bagi yang baru pertama go digital ini akan menjadi solusi bagi Anda yang masih bingung harus mulai dari mana. Menerapkan strategi promosi online sebenarnya ada banyak sekali caranya. Namun untuk pertama kali, Anda perlu mencoba beberapa di antaranya, kemudian memilih mana yang paling sesuai dengan bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan. Alangkah lebih baik lagi kalau Anda bisa mengkombinasikan dan memadukan beberapa strategi promosi online sekaligus untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

 

 

Strategi Promosi Online yang Wajib Diketahui Bagi yang Baru Pertama Go Digital 

Tiap-tiap strategi memiliki penerapan yang berbeda dengan hasil yang berbeda pula. Jika Anda berhasil mengkombinasikan semuanya, tentu hasil yang akan Anda dapatkan juga jauh lebih besar. Namun, karena Anda baru pertama kali go digital atau terjun ke dunia digital (usaha online), ada baiknya setiap strategi Anda terapkan satu persatu dulu saja untuk hasil yang lebih optimal. 

 

  1. Website Sebagai Etalase dan Sumber Informasi 

Jika usaha offline menggunakan tempat dan ada etalase untuk display produk, maka di dunia online tetap dibutuhkan etalase, namun dalam bentuk yang berbeda. Langkah pertama kalau Anda baru terjun ke bisnis online, Anda perlu memiliki website yang akan menjadi etalase produk Anda, sekaligus sebagai sumber informasi yang dibutuhkan konsumen untuk mengenal  brand Anda secara lebih lengkap. 

 

Pembuatan website di sini sebenarnya bisa saja pakai yang gratisan, seperti di Wordpress atau Blogspot. Sayangnya, website gratis seperti ini malah mengurangi tingkat kredibilitas usaha Anda. Jadi, lebih baik Anda membuat website dengan nama domain adalah nama brand Anda. Bangun website menjadi etalase yang menarik untuk dikunjungi serta bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencari. 

 

 

Pembuatan website merupakan salah satu strategi promosi online yang penting dikuasai dan diterapkan mengingat masyarakat Indonesia saat ini telah terhubung dengan internet. Ketika mereka membutuhkan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi, termasuk ketika membutuhkan produk atau jasa, mereka akan mencarinya di internet. Untuk itu, buatlah website yang memungkinkan untuk mereka temukan saat membutuhkan sesuatu di internet. 

 

  1. Terapkan SEO atau Search Engine Optimization 

Agar website mudah ditemukan di mesin pencari, Anda perlu menerapkan SEO atau search engine optimization. Dengan website yang bagus SEO-nya, peluang website Anda ditemukan oleh calon konsumen maupun konsumen setia menjadi lebih besar. SEO merupakan salah satu teknik yang meningkatkan kinerja website, juga memperbesar peluang penemuan kata kunci yang dibidik. 

 

Memang dalam praktiknya, menerapkan SEO butuh ilmu dan keahlian khusus. Sambil jalan, Anda bisa mempelajarinya. Meski begitu di tahap awal, Anda bisa mengajak seorang SEO spesialis untuk bekerja sama. Kebanyakan brand marketing agency biasanya memiliki search engine optimization spesialis yang akan siap sedia membantu Anda. 

 

  1. Manfaatkan Situs Marketplace Online

Anda sudah membuat website, juga sudah menerapkan SEO sehingga website memiliki kinerja yang baik, sekaligus mudah ditemukan di mesin pencari. Namun, tugas Anda belum selesai karena masih ada beberapa strategi promosi online yang perlu Anda terapkan. 

 

 

Strategi berikutnya adalah memanfaatkan situs marketplace online, seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya. Mulailah memperkenalkan brand Anda di marketplace papan atas yang sudah memiliki banyak pengguna. Agar lebih menarik perhatian, tampilan foto produk yang Anda unggah di marketplace juga harus unik, indah, dan eye catching. Hal pertama yang biasanya digunakan oleh pengguna marketplace untuk melakukan klik ketika mereka melihat foto produk yang menarik dan jelas, apalagi kalau dilengkapi dengan spesifikasi yang detail. 

 

Setelah 3 strategi promosi online ini Anda terapkan, jangan lupa lakukan optimasi secara berkala. Ada proses yang harus dilalui untuk mendapatkan hasil terbaik. Terus tingkatkan kemampuan diri dalam pengelolaannya. Semoga usaha yang sedang Anda jalankan dan baru memasuki pasar digital bisa terus berkembang pesat.