knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Lakukan Social Me...

Lakukan Social Media Campaign Ini di Instagram untuk Mendapat Audiens

18 Jun  · 
3 min read
 · 
eye 14.743  
Social Media

Social Media Campaign Di Instagram

Instagram adalah salah satu jaringan media sosial yang paling populer. Sejak berada di bawah naungan perusahaan induknya, yaitu Facebook (Meta), ada banyak inovasi baru di Instagram untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Memangnya apa kelebihan Instagram (IG)? Saat ini, Instagram telah memiliki banyak fitur pendukung untuk mensukseskan social media campaign di Instagram, baik untuk kegiatan promosi produk hingga meningkatkan brand awareness

Lalu, bagaimana cara mendapat lebih banyak audiens di Instagram untuk mendukung pemasaran bisnis? Silakan baca ulasan lengkap tentang social media campaign di Instagram yang perlu Anda lakukan di bawah ini.

5 Iklan Social Media Campaign Instagram untuk Mendapatkan Lebih Banyak Audiens

Jika ingin memanfaatkan Instagram sebagai media promosi dan mendapatkan lebih banyak audiens, maka mau tidak mau Anda perlu memahami berbagai jenis iklan dan kampanye yang bisa diterapkan dalam social media campaign tepat sasaran, yaitu:

1. Photo Ads

Iklan foto atau photo ads adalah iklan Instagram yang paling sederhana karena bentuk kontennya memang mengutamakan foto dalam berbagai format, baik yang tayang di bagian feed maupun stories.

Jika memilih social media campaign jenis ini, Anda hanya membutuhkan foto, lengkap dengan caption pendukung yang menarik terkait foto. 

Bagus lagi kalau Anda menerapkan storytelling atau copywriting pada caption. Tetapi ingat, tetap fokusnya nanti pada kualitas foto ya. 

Mengapa kualitas foto penting dan kenapa perlu menyertakan caption? Jawabannya, Instagram tetap mengutamakan konten berunsur organik meskipun faktanya konten tersebut termasuk iklan.

Fakta berikutnya yang tak bisa dipungkiri, konten organik di platform Instagram lebih memungkinkan untuk mendorong terjadinya interaksi dan klik.

Instagram juga mendukung keterjangkauan call to action (CTA) yang lebih luas untuk konten organik dibandingkan dengan jenis kampanye lainnya.

2. Video Ads

Pada versi Instagram sebelumnya, pengguna hanya bisa menampilkan video berdurasi kurang lebih 15 detik, sekarang untuk pemasangan iklan video sudah bisa hingga durasi 60 detik. 

Dengan durasi yang lebih panjang, Anda bisa menyampaikan pesan dari produk maupun brand  secara lebih lengkap beserta tampilan visual yang lebih menarik.

Data yang berhasil Instagram kumpulkan menunjukkan bahwa pengguna Instagram yang menghabiskan waktu menonton video di platform ini telah mengalami peningkatan sebesar 80%.

Sementara itu, jumlah konten video yang dihasilkan juga meningkat sebesar 400% dalam periode waktu yang sama. 

Berdasarkan data tersebut, sudah saatnya Anda mengutamakan video ads untuk mendapatkan jangkauan pemasaran dan promosi yang lebih luas demi menarik perhatian leads potensial.

3. Carousel Ads

Iklan carousel sebenarnya adalah iklan foto, namun pada saat pengunggahannya menggunakan beberapa foto sekaligus dengan isi konten yang saling berkaitan. 

Anda bisa membuat foto pertama sebagai judul yang disertai ilustrasi dan caption menarik. Setelah audiens menggeser foto pertama, mereka akan menemukan foto-foto berikutnya yang memberikan penjelasan lebih mendetail tentang foto pertama.

Dengan cara ini, Anda bisa mengkomunikasikan brand maupun produk kepada audiens dengan cara yang lebih kreatif. 

Anda bisa memanfaatkan iklan carousel hingga 10 gambar / foto dan berbagi CTA yang sama dengan iklan video. Format iklan carousel bekerja dengan baik untuk meningkatkan brand awareness serta bisa memperkenalkan berbagai produk usaha Anda.

Misalnya produk makanan, pakaian, hiburan, pengetahuan, dan sebagainya, yang mana disertai ajakan agar audiens ikut berinteraksi hingga akhirnya mereka tertarik melakukan transaksi.

4. Iklan Instagram Stories

Bisnis bisa memanfaatkan tren stories yang tersedia di Instagram dalam berbagai format, seperti foto, image, maupun video.

Penggunaan storytelling juga sangat penting dan butuh perhatian khusus saat membuatnya demi meningkatkan engagement dan awareness. Apalagi kalau Anda bisa menghubungkannya dengan konten yang terdapat di feed.

Tidak seperti format iklan Instagram lainnya, iklan stories tampil dalam format layar penuh, sehingga tampak lebih eksklusif dan menarik. Umumnya, iklan berbentuk IGS ini akan muncul di antara stories pengguna lainnya. 

Supaya konten semakin menarik, tambahkan efek seperti SuperZoom, filter wajah, stiker, teks, GIF, hingga musik yang sedang trending. Lalu, beri juga tombol CTA pada iklan supaya ketika mereka tertarik, mereka bisa langsung melakukan klik dan bertransaksi.

Oh ya, mau tahu tidak iklan Instagram stories yang berhasil itu seperti apa? Nah, berdasarkan hasil survei yang pernah Instagram lakukan, berikut ciri-ciri iklan Instagram stories yang bisa Anda ikuti:

  • Relevan dengan pemirsa dan merek.
  • Durasi yang lebih pendek, serba cepat, dan berasal dari brand yang jelas.
  • Mempromosikan produk dengan cara menarik.
  • Memiliki tampilan akses mobile yang menarik dan mudah, ini berhubungan dengan ketersediaan fitur belanja yang bisa diakses langsung melalui stories.

5. Facebook Canvas Ads untuk Instagram Stories

Jika Anda tidak yakin cara memulai kampanye iklan video di Instagram stories, hubungkan akun Instagram dengan akun Facebook Anda. 

Cara ini memungkinkan Anda mengunggah konten cukup satu kali dan pilih iklan instan (sebelumnya dikenal sebagai canvas) di Facebook. 

Anda juga dapat menggunakan template yang disertakan untuk membuat iklan video di Instagram pada tampilan Facebook.

Instagram Mendukung Pelaku Bisnis dalam Berpromosi

Kenapa pelaku bisnis perlu mulai melakukan promosi memanfaatkan Instagram? Karena dalam perkembangannya, Instagram tidak lagi sekadar platform media sosial untuk berbagi foto.

Saat ini, sudah banyak fitur di Instagram yang memungkinkan pelaku bisnis melakukan promosi, pemasaran, sekaligus menyediakan fitur transaksi pembelian. 

Kinerja konten promosi bahkan bisa Anda analisis karena tersedianya data pendukung terkait audiens, seperti lokasi, demografi, kepentingan, perilaku konsumen, pemirsa khusus, pemirsa serupa, bahkan penargetan otomatis melalui fitur insights.

Melalui fitur insights, tentu saja Anda bisa memantau apakah iklan dan strategi promosi online yang dilakukan sudah baik kinerjanya atau sebaliknya.

Dengan kata lain, Instagram terus melakukan inovasi demi memudahkan para pebisnis dalam menggunakan platform Instagram untuk berbagai kepentingan, baik sebagai pengguna maupun sebagai pemilik brand.

Kesimpulan

Instagram adalah media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan social media campaign demi mendapatkan lebih banyak audiens. Selain itu, pastikan Anda juga menjalankan social media campaign sesuai dengan Parameter Algoritma Instagram.

Jika masih bingung harus mulai dari mana, bekerja sama saja dengan digital marketing agency Indonesia, seperti Redcomm. 

Sebagai peraih penghargaan digital agency of the year sebanyak 6x berturut-turut dari tahun 2018 hingga tahun 2023, pengalaman dan profesionalitas tim digital campaign di Redcomm sudah tidak diragukan lagi. Langsung saja hubungi mereka melalui Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER