Jika selama ini Anda berpikir bahwa kegiatan promosi atau marketing membutuhkan biaya yang cukup besar, nyatanya ada strategi marketing yang bisa menghemat budget. Salah satunya menggunakan sosial media.

 

Social media marketing adalah kegiatan promosi di media sosial dengan biaya hemat. Mengapa dikatakan lebih hemat? Karena, pemasaran produk atau jasa melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya, bisa Anda lakukan dengan mudah. 

 

Anda tinggal membuat akun di masing-masing media sosial yang hendak Anda gunakan sebagai media promosi. Hanya saja, memang ada tips promosi di media sosial yang harus Anda lakukan sehingga promosi yang Anda lakukan bisa menarik perhatian calon pelanggan yang Anda inginkan. 

 

Strategi Pemasaran Sosial Media Hemat Budget

Pemasaran sosial media menjadi pilihan yang tepat untuk mengenalkan atau menawarkan produk, jasa, maupun layanan bisnis yang Anda miliki. Pasalnya, sosial media mempunyai pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan bisnis di Indonesia. Hal ini, mengingat Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna media sosial paling aktif dan terbesar di dunia. Makanya tak heran, jika banyak pengusaha berlomba-lomba menarik perhatian konsumen melalui media sosial yang dibangun sedemikian rupa. 

 

Nah, dalam hal membangun media sosial inilah dibutuhkan berbagai strategi dan tips, juga mengetahui Rahasia Pemasaran Melalui Media Sosial. Tujuannya, agar konten dan strategi social media marketing yang Anda terapkan bisa membantu Anda mencapai target yang sudah ditetapkan. 

 

Target di sini bisa dalam bentuk mengumpulkan database pelanggan, membangun komunitas untuk pengembangan brand of voice, meningkatkan konversi, dan paling utama meningkatkan penjualan yang akan membawa keuntungan bagi bisnis Anda. 

 

Lalu, strategi promosi seperti apa yang harus dilakukan di media sosial supaya bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, namun biaya yang dikeluarkan untuk promosi juga lebih hemat dan lebih murah?

 

 

  1. Email Marketing

Penggunaan email marketing menjadi salah satu strategi social media marketing yang efektif dan hemat biaya. Namun untuk bisa melakukan strategi ini, Anda perlu terlebih dahulu mengumpulkan daftar email milik calon pelanggan maupun pelanggan, yang dikelompokkan dengan kategori tertentu. 

 

Misalnya, berdasarkan kategori pelanggan loyal yang melakukan pembelian rutin, pelanggan yang hanya sesekali melakukan pembelian, calon pelanggan yang sudah pernah berkunjung ke media sosial atau website bisnis, namun tidak melakukan pembelian, dan sebagainya. 

 

Kemudian, jalinlah hubungan yang lebih personal dengan mereka melalui pengiriman email secara berkala. Ingat, jangan terlalu sering, supaya kiriman email marketing Anda tidak ditandai sebagai spam. 

 

  1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah aktivitas yang memungkinkan Anda melakukan kegiatan pemasaran, kapan saja dan dari mana saja, hanya dengan menggunakan internet, baik di media sosial maupun di website. Penerapan strategi affiliate marketing dapat membantu Anda menjangkau pemasaran bisnis yang lebih luas.

 

Cara kerjanya, Anda perlu membangun pasukan affiliate marketer yang akan membantu Anda mempromosikan bisnis. Setiap ada konversi atau penjualan yang dihasilkan dari link promosi milik marketer, Anda tinggal memberi mereka komisi sebagai bentuk pembagian keuntungan. Ini cara promosi yang hemat budget dan mudah dilakukan

.

  1. Menggunakan Banyak Jenis Sosial Media

Ada banyak jenis sosial media yang bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lainnya. Ada baiknya, Anda menggunakan semua social media tersebut untuk mendapatkan target pasar yang lebih banyak. Selanjutnya, tinggal buat konten menarik di masing-masing platform sosial media.

 

Pastikan Anda bisa menjaga hubungan dan interaksi yang intens dengan followers di setiap platform sosial media yang digunakan. Sesekali, adakan giveaway Instagram untuk meningkatkan followers lebih banyak atau selenggarakan event menarik yang ditayangkan di Instagram TV

 

Sesekali, Anda boleh juga menyelenggarakan social media campaign dengan menggunakan influencer atau blogger. Mereka akan dengan senang hati bekerja sama dengan Anda. Tetapi supaya pelaksanaannya sesuai dengan harapan dan mendapatkan hasil yang baik, Anda bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan digital marketing agency Indonesia. Biasanya, digital agency, social media agency atau digital marketing agency Jakarta seperti Redcomm, sudah memiliki pengalaman untuk menyelenggarakan kampanye di media sosial dengan biaya hemat dan hasil yang maksimal.

 

 

  1. Manfaatkan Press Release

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan membaca berita secara teratur. Ini menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda untuk menerapkan promosi di media sosial dengan biaya hemat. Jadi, ketika ada berita atau produk baru yang hendak Anda promosikan, Anda bisa membuat press release atau siaran pers untuk mengabarkan berita baru mengenai bisnis Anda kepada masyarakat. 

 

Untuk bisa melakukannya dengan lebih baik, Anda bisa bekerja sama dengan layanan dan jasa digital marketing agency Jakarta terpercaya. Atau kalau Anda belum tahu cara membuat press rilis, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan press release.

 

  1. Bangun Komunitas

Cara lain dalam tips promosi di media sosial dengan biaya hemat dan murah, Anda bisa memanfaatkan komunitas untuk meningkatkan penjualan. Keberadaan komunitas memang sudah terbukti mampu mendukung perkembangan suatu bisnis, seperti yang dialami 4 brand yang sukses membangun komunitas online

 

Bangunlah komunitas Anda sendiri dengan cara mengumpulkan para pelanggan setia maupun calon pelanggan dalam satu wadah. Misalnya, dalam satu Facebook grup, Whatsapp grup, dan sebagainya. 

 

Buatlah event secara berkala dan tingkatkan keterlibatan Anda dengan komunitas ini sehingga terjalin komunikasi dua arah. Ketika ada suatu hal yang ingin Anda ketahui dari mereka, Anda tinggal menanyakannya secara langsung, seperti membuat survei, menyebar angket, menyelenggarakan kompetisi tertentu, dan sebagainya.

 

  1. Analisis Pesaing

Selain fokus terhadap social media marketing, Anda juga perlu melakukan analisis pesaing. Namun sayangnya langkah ini seringkali diabaikan oleh banyak pebisnis. Padahal dengan melakukan analisis, Anda bisa mengetahui cara mereka melakukan promosi, kemudian membuat strategi yang berbeda dari mereka.

 

Anda bisa memperhatikan, bagaimana strategi mereka dalam membangun social media marketing, dan apa pengaruhnya bagi bisnis mereka. Tak ada salahnya Anda belajar dan mengikuti strategi yang mereka lakukan.

 

 

  1. Konsisten

Terakhir, Anda harus konsisten dalam menjalankan strategi marketing di media sosial. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki jadwal rutin posting media sosial, atau yang sering disebut kalender konten media sosial. Di dalam kalender itu, tentukan jadwal publish konten secara harian, mingguan, atau bahkan bulanan. 

 

Semoga 7 tips promosi di media sosial dengan biaya hemat ini bisa membantu Anda yang saat ini sedang dalam upaya mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan media sosial. Jangan takut mencoba, karena Anda tidak tahu hasilnya jika tidak mencobanya sendiri. Kalau Anda masih membutuhkan pertanyaan mengenai penerapan strategi promosi di media sosial, Anda bisa menghubungi Tim Redcomm untuk berdiskusi secara lengkap, apa yang sebaiknya dilakukan untuk pengembangan bisnis Anda.