knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Kerja dan Manfaat Menggunakan Landing Page bagi Bisnis UKM

21 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 13.898  
Website & Aplikasi

Cara Kerja Dan Manfaat Menggunakan Landing Page Bagi Bisnis Ukm

Pemanfaatan teknologi di era digital business saat ini bisa menjadi kunci sukses bagi pelaku bisnis. 

Hal ini karena bisnis digital bukan sekadar tren, namun menjadi peluang besar untuk meningkatkan visibilitas, menjangkau pasar lebih luas, hingga meningkatkan keuntungan, terutama bagi pemilik usaha kecil menengah (UKM)

Salah satu strategi digital marketing yang efektif adalah memiliki website bisnis. Website memiliki manfaat berikut bagi pemilik bisnis online:

  • Website merupakan brand identity dan brand image bagi bisnis.
  • Tempat pelanggan potensial mendapatkan informasi produk, jasa, maupun layanan yang tersedia.
  • Media untuk memperluas jangkauan pasar dan membangun kepercayaan pelanggan.

Namun, memiliki website dengan konten yang menarik bukan jaminan kesuksesan. Karena untuk memperbesar peluang terjadinya konversi, Anda membutuhkan landing page. Cari tahu apa itu landing page, cara kerja, dan manfaat landing page bagi bisnis, yuk.

Apa Itu landing Page? 

Landing page adalah halaman pada website yang didesain secara khusus untuk keperluan marketing. 

Desain landing page yang menarik bisa mengundang konsumen untuk berinteraksi lebih lanjut dengan brand atau produk. 

Halaman ini menjadi pintu masuk konsumen untuk mengakses website dari hasil pencarian berbayar maupun hasil pencarian organik.

Cara Kerja & Cara Membuat Landing Page 

Tujuan utama Anda melakukan pemasaran digital dan social media campaign tentu untuk mengarahkan konsumen menuju website atau toko online Anda, bukan? 

Jika begitu, Anda perlu merancang landing page yang dapat membuat pelanggan merasa tertarik atau penasaran, sehingga mereka melakukan tindakan yang bisa meningkatkan konversi.

Supaya lebih mudah memahami cara kerja landing page, berikut cara membuat landing page SEO friendly yang bisa Anda coba:

1. Wajib Ada Headline Menarik

Buat headline yang menarik, namun relevan dengan produk yang mau Anda tawarkan. Bisa juga menempatkan kata kunci pada headline.

2. Informasi dan Deskripsi Produk

Lengkapi landing page dengan informasi penawaran produk secara singkat dan jelas. 

Di sini, Anda bisa berfokus pada manfaat dan keunggulan produk yang membedakannya dari produk kompetitor. 

Supaya memudahkan pelanggan dalam memahami informasi, Anda bisa mengelompokkannya menjadi poin-poin atau menggunakan sub judul.

3. Gunakan CTA

Tempatkan Call to Action (CTA) dengan jelas untuk mengajak pengunjung melakukan tindakan yang Anda inginkan. 

Misalnya, membaca informasi lebih lanjut pada halaman produk, mengisi formulir, atau melakukan pembelian produk. Gunakan kata-kata yang tegas, singkat, namun menggugah.

CTA juga bisa Anda gunakan dalam bentuk tombol untuk mengarahkan audiens melakukan klik. Misalnya untuk mengarahkan mereka ke halaman pemesanan produk. 

4. Gambar Visual yang Menarik

Tambahkan visual menarik berupa gambar atau video singkat dengan kualitas tinggi untuk meningkatkan daya tarik landing page

5. Website Responsif

Landing page yang responsif berarti halaman website bisnis Anda dapat menyesuaikan tampilannya secara otomatis di berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, dan smartphone.

Hal ini menjadi penting mengingat banyak orang mengakses internet melalui perangkat seluler, dan mereka pasti menginginkan tampilan website yang rapi saat mau membaca informasi yang tersedia.

Website yang responsif tidak saja akan memudahkan audiens mengakses informasi yang mereka butuhkan atau melakukan pembelian produk, tetapi juga akan memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Selain itu, landing page yang responsif juga berpengaruh pada performa SEO. Google dan mesin pencari lainnya memberikan peringkat lebih tinggi pada website yang responsif, karena mereka memahami pentingnya kenyamanan pengguna. 

Pada akhirnya, memiliki landing page yang responsif membuka banyak peluang bagi Anda untuk mempertahankan pengunjung, meningkatkan visibilitas website bisnis di hasil pencarian, hingga mendatangkan lebih banyak traffic dan konversi.

Jadi, sebagus apapun Anda membuat landing page dan merencanakan strategi CTA, tetap saja semua keputusan ada di tangan audiens. 

Artinya, upaya yang sudah Anda lakukan tidak serta merta dapat mendorong audiens memutuskan memesan produk maupun jasa yang Anda tawarkan. 

Namun tenang saja, jika belum bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas ini, Anda tetap mendapatkan keuntungan lain yang akan kami uraikan selanjutnya.

4 Manfaat Landing Page yang Menguntungkan Bisnis Anda 

Selain bisa menghasilkan lebih banyak konversi, adanya landing page akan memberikan banyak manfaat yang membuat bisnis Anda untung, antara lain:

1. Lebih Hemat Budget 

Keterbatasan budget menjadi salah satu keluhan di kalangan pelaku bisnis UKM saat ingin menerapkan strategi digital marketing

Inilah yang memicu bisnis UKM agak kesulitan naik kelas dan bersaing dengan perusahaan besar.

Nah, manfaat landing page yang pertama, biaya pemasaran jadi lebih ekonomis dan Anda pun bisa berfokus mencapai tujuan pemasaran yang efektif ketimbang menggunakan jenis digital marketing lainnya.

Untuk Anda ketahui, anggaran promosi untuk membuat landing page kurang lebih satu hingga dua juta setiap tahunnya. 

Sudah jelas bukan, kalau melakukan promosi dengan media website ini lebih hemat budget dan long lasting.

2. Kegiatan Pemasaran Lebih Efektif dan Efisien 

Penggunaan landing page yang profesional dan terintegrasi dengan teknik marketing yang tepat dari digital marketing agency Jakarta, akan membantu Anda mencapai goals yang sudah ditentukan. 

Landing page mampu memaksimalkan bisnis UKM secara efektif dan efisien dengan cara berikut:

  • Memudahkan pelanggan menemukan bisnis atau produk Anda. Artinya secara tidak langsung turut meningkatkan brand awareness maupun produk, jasa, serta layanan lainnya.
  • Penyampaian informasi kepada konsumen jadi lebih efektif.
  • Mengajak audiens melakukan suatu tindakan dengan memanfaatkan Call to Action (CTA).
  • Bisa mengoptimalkan konversi penjualan.

3. Menghasilkan Lead

Apakah Anda sudah membaca artikel tentang leads sebelumnya? Jika belum, sebaiknya Anda baca dulu, baru kembali meneruskan membaca artikel ini.

Nah, adanya landing page memberi manfaat dapat mendatangkan leads atau pelanggan yang menunjukkan ketertarikannya terhadap produk atau layanan bisnis. 

Tak hanya sekadar membuat calon konsumen berkunjung, landing page juga dapat membantu Anda mengumpulkan informasi melalui form pengumpulan informasi (lead generation form) yang sudah dirancang sedemikian rupa. Isi form tersebut biasanya berupa nama, email, hingga nomor telepon. 

Anda bisa melakukan filter data dan menemukan konsumen potensial untuk membeli produk. 

Selain itu, Anda dapat menggunakan data leads untuk pemasaran lebih lanjut, seperti pemberitahuan promosi produk baru atau penawaran menarik lainnya (voucher diskon, event, undangan eksklusif, dll) ke email pelanggan.

4. Merencanakan Strategi Marketing yang Lebih Baik

Data pelanggan yang sudah Anda kumpulkan dari formulir yang ada di landing page, bisa memudahkan Anda melakukan analisis dan filterisasi.

Kemudian, data tersebut akan berguna saat harus merencanakan dan merancang strategi digital marketing yang lebih baik di masa depan. 

Ini berlaku baik untuk melakukan promosi produk baru maupun saat mau memberikan diskon dan penawaran menarik.


Jadi, tunggu apalagi? Segera buat landing page di website bisnis UKM milik Anda. Jika belum benar-benar paham, Anda bisa lho menghubungi salah satu digital marketing agency Jakarta untuk berdiskusi lebih lanjut. Atau langsung saja hubungi Kontak Redcomm.

Lalu agar manfaat menggunakan landing page berdampak positif bagi bisnis Anda, pahami dan terapkan Standar Penentuan Landing Page Dikatakan Berkualitas Baik.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER