knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

21 Istilah Digital Marketing Terkini dan Ter-update yang Wajib Anda Tahu

25 Sep  · 
3 min read
 · 
eye 4.770  
Digital Marketing

Istilah Digital Marketing Terkini

Menguasai istilah-istilah digital marketing sangat penting bagi Anda yang ingin sukses di bidang pemasaran digital. Anda dapat memaksimalkan strategi untuk mendatangkan lebih banyak traffic, meningkatkan engagement, dan tentunya, bahkan menghasilkan lebih banyak konversi. Berikut istilah digital marketing yang penting, terkini, dan wajib Anda tahu.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO adalah proses mengoptimasi konten dan website agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. 

Penerapan strategi SEO yang tepat berdasarkan panduan yang sudah diberikan Google dalam Google Quality Rater Guidelines dapat meningkatkan peringkat situs di halaman hasil pencarian, menarik lebih banyak pengunjung organik, meningkatkan traffic website secara berkesinambungan.

2. Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click atau yang disingkat PPC adalah model iklan digital di mana Anda membayar setiap kali iklan Anda diklik oleh pengguna. 

Jenis iklan ini bisa Anda gunakan ketika memasang iklan berbayar di Google ads dan Facebook Ads untuk mengarahkan traffic ke situs web.

Anda juga bisa menerapkan strategi PPC jika ingin meningkatkan traffic website secara efektif dan dalam waktu singkat.

3. Impressions

Impressions adalah jumlah berapa kali iklan atau konten Anda dilihat oleh pengguna. Semakin banyak impressions, semakin besar peluang orang mengenali brand, produk, jasa, hingga layanan bisnis yang Anda tawarkan. 

Sayangnya, impresi yang tinggi tidak selalu bisa menghasilkan konversi secara langsung. Ini hanya berguna ketika Anda ingin membangun brand awareness.

4. Bounce Rate

Bounce rate mengukur persentase pengunjung yang meninggalkan situs Anda setelah melihat satu halaman saja.

Bounce rate yang tinggi bisa menjadi tanda  konten atau user experience di situs tidak memadai. Untuk memahami lebih lengkap, baca juga rekomendasi artikel berikut:

5. Click Through Rate (CTR)

CTR atau Click Through Rate adalah persentase orang yang mengklik iklan atau tautan Anda dibandingkan dengan jumlah total orang yang melihatnya. 

Biasanya, angka CTR yang tinggi menandakan iklan atau konten Anda menarik dan relevan dengan target audiens.

6. Cost Per Click (CPC)

CPC atau Cost Per Click adalah biaya yang Anda bayar setiap kali seseorang mengklik iklan Anda dalam kampanye PPC. 

Jika Anda menyelenggarakan kampanye iklan menggunakan jenis iklan ini, lakukan perhitungan dengan baik dan analisis secara cermat. 

Terutama jika anggaran Anda terbatas, karena CPC yang tinggi bisa menguras dana iklan dengan cepat.

7. Search Engine Results Page (SERP)

Pengertian SERP adalah halaman hasil pencarian yang ditampilkan mesin pencari setelah pengguna memasukkan kueri tertentu. 

Ketika Anda menerapkan jenis digital campaign, yaitu SEO, maka salah satu tujuannya adalah memastikan konten atau halaman situs bisnis Anda bisa berada di posisi teratas SERP untuk meningkatkan traffic organik. 

8. Customer Lifetime Value (CLV)

CLV yang versi panjangnya Customer Lifetime Value adalah perkiraan nilai keuntungan yang bisa didapatkan dari seorang pelanggan selama masa mereka menjadi pelanggan Anda. 

Anda sebagai pemilik bisnis penting sekali memiliki pemahaman yang baik mengenai CLV, supaya bisa menentukan strategi pemasaran jangka panjang yang lebih efektif.

9. A/B Testing

A/B testing adalah metode pengujian dua versi berbeda dari iklan, halaman web, atau email marketing untuk melihat mana yang lebih efektif. 

Jika Anda ingin tahu hasil yang lebih baik antara dua versi iklan, misalnya. 

Maka lakukan A/B testing sehingga hasil pengujian ini bisa membantu Anda mengoptimalkan elemen yang dapat meningkatkan konversi, seperti judul, CTA, atau gambar.

10. Organic Traffic

Organic traffic memiliki arti yaitu pengunjung yang datang ke situs web Anda secara alami, melalui pencarian mesin pencari, tanpa Anda perlu memasang iklan berbayar.

11. Email Marketing

Email marketing adalah strategi pemasaran menggunakan email untuk mengirim pesan promosi atau informasi kepada pelanggan. 

Hingga hari ini, strategi email marketing tetap menjadi salah satu cara paling efektif untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, menjalin komunikasi, menghasilkan konversi, hingga meningkatkan loyalitas pelanggan.

12. Engagement Rate

Engagement rate adalah ukuran seberapa aktif audiens berinteraksi dengan konten yang Anda buat, baik melalui like, komentar, share, atau klik. 

Untuk menghitung engagement rate, terutama di Instagram, Anda bisa menggunakan Rumus Menghitung Engagement Rate.

13. Marketing Funnel

Marketing funnel adalah skema atau peta perjalanan pelanggan dari tahap mereka baru mulai mengenal brand Anda hingga akhirnya mereka melakukan pembelian. 

Memahami tahapan marketing funnel memudahkan Anda merencanakan, mengelola, hingga menjalankan strategi promosi dan pemasaran yang lebih tepat sasaran dan berpotensi besar mendapatkan konversi.

14. Brand Awareness

Brand awareness merujuk pada seberapa banyak orang mengenal dan mengingat brand maupun produk dari bisnis Anda. 

Ingin produk laris manis, dikenal banyak orang, dan banyak juga yang melakukan pembelian? Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membangun dan memperkuat brand awareness.

15. Social Proof

Social proof adalah bukti sosial yang menunjukkan seseorang atau sekelompok orang telah menggunakan produk atau layanan Anda. 

Kemudian orang-orang tersebut memberikan ulasan pelanggan dan testimoni berdasarkan pengalaman mereka. 

Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuat calon pelanggan baru ikut tertarik membeli dan menggunakan produk dari brand Anda.

16. User-Generated Content (UGC)

UGC atau User Generated Content adalah konten yang dibuat oleh pengguna produk atau layanan Anda, bukan oleh brand atau tim Anda sendiri. 

Contoh UGC, seperti ulasan pelanggan, postingan media sosial, atau video yang menunjukkan penggunaan produk (review produk). 

Fungsi UGC hampir sama dengan social proof, yaitu untuk meningkatkan kepercayaan dan membangun kredibilitas bisnis di mata pelanggan.

17. Content Management System (CMS)

Content Management System atau CMS adalah platform yang digunakan untuk mengelola konten di website tanpa harus mengerti coding

WordPress menjadi salah satu CMS yang paling populer dan banyak digunakan oleh pebisnis online.

18. Heatmap

Heatmap adalah representasi visual dari data yang menunjukkan area di situs web Anda yang paling sering diklik atau dilihat. 

Analisis heatmap memungkinkan Anda memahami perilaku konsumen ketika mereka berada di situs, sehingga Anda dapat mengoptimasi tata letak serta konten yang mereka minati.

19. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi di mana Anda bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis kepada target audiens. 

Di era media sosial seperti sekarang, influencer marketing menjadi salah satu taktik yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan dan kesadaran merek.

20. Viral Marketing

Viral marketing adalah strategi yang bertujuan untuk menyebarkan pesan atau konten secara cepat dan luas melalui berbagi di media sosial atau platform lainnya.

Konten viral biasanya unik, menarik, dan mampu memancing emosi atau perhatian audiens dalam waktu singkat.

Beberapa contohnya bisa Anda pelajari dari sini:

21. Customer Relationship Management (CRM)

CRM atau Customer Relationship Management adalah sistem yang dirancang untuk mengelola hubungan dan interaksi perusahaan dengan pelanggan atau prospek. 

Penggunaan CRM akan memudahkan Anda dalam mengumpulkan, mengelola data pelanggan, melacak interaksi, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu berbagai istilah digital marketing yang penting dan terkini. Pantau terus Redcomm Knowledge untuk menambah wawasan Anda mengenai digital marketing strategy, pemasaran online, pengembangan bisnis, dan semua pengetahuan di bidang bisnis digital. 

Jika masih membutuhkan konsultasi serta perlu teman berdiskusi terkait digital marketing dan pengembangan bisnis, Anda bisa langsung Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER