Penerapan strategi SEO yang tepat berdasarkan panduan yang sudah diberikan Google dalam Google Quality Rater Guidelines dapat meningkatkan peringkat situs di halaman hasil pencarian, menarik lebih banyak pengunjung organik, meningkatkan traffic website secara berkesinambungan.
2. Pay Per Click (PPC)
Pay Per Click atau yang disingkat PPC adalah model iklan digital di mana Anda membayar setiap kali iklan Anda diklik oleh pengguna.
Jenis iklan ini bisa Anda gunakan ketika memasang iklan berbayar di Google ads dan Facebook Ads untuk mengarahkan traffic ke situs web.
Anda juga bisa menerapkan strategi PPC jika ingin meningkatkan traffic website secara efektif dan dalam waktu singkat.
3. Impressions
Impressions adalah jumlah berapa kali iklan atau konten Anda dilihat oleh pengguna. Semakin banyak impressions, semakin besar peluang orang mengenali brand, produk, jasa, hingga layanan bisnis yang Anda tawarkan.
Sayangnya, impresi yang tinggi tidak selalu bisa menghasilkan konversi secara langsung. Ini hanya berguna ketika Anda ingin membangun brand awareness.
4. Bounce Rate
Bounce rate mengukur persentase pengunjung yang meninggalkan situs Anda setelah melihat satu halaman saja.
Bounce rate yang tinggi bisa menjadi tanda konten atau user experience di situs tidak memadai. Untuk memahami lebih lengkap, baca juga rekomendasi artikel berikut:
5. Click Through Rate (CTR)
CTR atau Click Through Rate adalah persentase orang yang mengklik iklan atau tautan Anda dibandingkan dengan jumlah total orang yang melihatnya.
Biasanya, angka CTR yang tinggi menandakan iklan atau konten Anda menarik dan relevan dengan target audiens.
6. Cost Per Click (CPC)
CPC atau Cost Per Click adalah biaya yang Anda bayar setiap kali seseorang mengklik iklan Anda dalam kampanye PPC.
Jika Anda menyelenggarakan kampanye iklan menggunakan jenis iklan ini, lakukan perhitungan dengan baik dan analisis secara cermat.
Terutama jika anggaran Anda terbatas, karena CPC yang tinggi bisa menguras dana iklan dengan cepat.
7. Search Engine Results Page (SERP)
Pengertian SERP adalah halaman hasil pencarian yang ditampilkan mesin pencari setelah pengguna memasukkan kueri tertentu.
Ketika Anda menerapkan jenis digital campaign, yaitu SEO, maka salah satu tujuannya adalah memastikan konten atau halaman situs bisnis Anda bisa berada di posisi teratas SERP untuk meningkatkan traffic organik.
8. Customer Lifetime Value (CLV)
CLV yang versi panjangnya Customer Lifetime Value adalah perkiraan nilai keuntungan yang bisa didapatkan dari seorang pelanggan selama masa mereka menjadi pelanggan Anda.
Anda sebagai pemilik bisnis penting sekali memiliki pemahaman yang baik mengenai CLV, supaya bisa menentukan strategi pemasaran jangka panjang yang lebih efektif.