MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Mengenal Google Bisnisku dan Manfaatnya Bagi Bisnis

24 Dec  · 
2 min read
 · 
eye 1.802  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Google my business atau Google Bisnisku adalah fitur di Google yang menyediakan berbagai informasi mengenai bisnis Anda. Informasi yang biasanya tampil di Google Bisnisku, antara lain nama bisnis, alamat atau lokasi usaha, alamat email, dan sebagainya. Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai Google Bisnisku dan manfaatnya di artikel Redcomm kali ini.

Apa Itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah fitur yang disediakan Google untuk membantu para pemilik usaha menampilkan usahanya di halaman pencarian Google dan di Google Maps. 

Tujuannya, agar memudahkan konsumen menemukan lokasi usaha, meningkatkan visibilitas bisnis, dan memaksimalkan pemasaran di internet. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang akan Anda dapatkan kalau memanfaatkan fitur ini.

7 Manfaat Google My Business

1. Bisnis Mudah Ditemukan di Google

Coba perhatikan dulu kebiasaan orang-orang di sekitar Anda, ketika hendak membeli sesuatu atau mau mengunjungi suatu toko, apa yang mereka lakukan? 

Ya, kebanyakan orang akan mencari informasi terlebih dahulu di Google, baik di halaman pencarian Google maupun di Google Maps. 

Itu sebabnya, Anda perlu memanfaatkan Google Bisnisku untuk menampilkan informasi bisnis secara lengkap sehingga konsumen mudah menemukannya.

2. Menjadi Media Informasi bagi Konsumen

Berdasarkan banyak survei yang telah dilakukan, para pembeli di era digital ini memiliki kebiasaan melakukan riset secara online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. 

Nah, Google Bisnisku memungkinkan Anda menampilkan semua informasi yang valid, lengkap, dan aktual mengenai bisnis yang Anda jalankan. 

Mulai dari katalog produk, pilihan menu (untuk restoran atau jenis bisnis kuliner lainnya), petunjuk arah menuju lokasi, nomor kontak yang bisa dihubungi, hingga jam operasional.

Sudah pasti, informasi tersebut akan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis. Sebab, hanya pemilik bisnis yang terverifikasi saja yang bisa menampilkan berbagai informasi pada halaman Google Bisnisku

3. Lokasi Bisnis Muncul di Google Map

Salah satu informasi penting yang perlu kamu cantumkan pada Google My Business adalah lokasi atau alamat toko Anda. Nanti selain meningkatkan online presence di search engine, lokasi bisnis tersebut juga akan muncul di Google Map

Dengan tampilnya informasi hingga lokasi bisnis di Google Map, tentu akan memudahkan pelanggan menemukan lokasi bisnis ketika mereka ingin berkunjung, bahkan lengkap dengan rute yang harus mereka lalui.

4. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Hanya pemilik bisnis yang sudah terverifikasi saja yang bisa memasukkan berbagai informasi mengenai bisnis di Google Bisnisku sehingga informasi tersebut bisa dikatakan valid dan terpercaya.

Di saat yang sama, Anda juga bisa menampilkan berbagai ulasan atau review dari pelanggan di Google Bisnisku. Semakin banyak ulasan positif semakin bagus, mengingat banyak orang yang baru memutuskan melakukan pembelian setelah membaca review dari pelanggan lain. 

Informasi yang valid, didukung dengan review positif dari pelanggan, bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. 

5. Meningkatkan Visibilitas Bisnis di Mesin Pencari

Menggunakan Google Bisnisku adalah langkah bijak untuk melakukan promosi di Google. Anda tinggal daftar dan membuat akun, kemudian lengkapi profil bisnis. 

Nanti, semua informasi tersebut akan tampil di halaman pencarian setiap ada pengguna internet yang mengetik nama bisnis atau nama produk bisnis. Bahkan bisnis Anda juga bisa tampil di Google Map hingga Google Shopping

Dengan cara ini, visibilitas bisnis di mesin pencari akan meningkat, begitu pun dengan kunjungan orang yang datang ke lokasi usaha. 

Kelangsungan bisnis pun menjadi lebih baik, serta tak menutup kemungkinan bisa pula meningkatkan penjualan.

6. Mendatangkan Lebih Banyak Pelanggan

Toko atau lokasi usaha yang bisa ditemukan di Google Maps membuka peluang mendatangkan lebih banyak pelanggan. 

Apalagi kalau Anda melakukan optimasi dengan memasukkan keyword atau kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis.

7. Mempromosikan Bisnis dengan Cara yang Lebih Baik

Memanfaatkan Google Bisnisku memungkinkan Anda mempromosikan bisnis dengan cara yang lebih baik. Tak hanya menjangkau pelanggan secara offline, namun juga secara online.

Mengingat banyaknya manfaat dari penggunaan Google Bisnisku bagi perkembangan usaha, maka tak heran kalau sudah banyak pemilik bisnis yang mendaftarkan bisnisnya di Google My Business ini. 

Anda sudah mempromosikan bisnis di Google Bisnisku belum? Jika belum, sekaranglah waktunya!

Pentingnya Ada Review Pelanggan di Google Bisnisku

Sebagian besar konsumen di Indonesia akan membaca review dari pelanggan lain terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk atau bertransaksi di suatu toko. 

Banyak pula di antara mereka yang lebih percaya dengan review pelanggan daripada informasi dari bisnis itu sendiri.

Untuk itu, penting bagi Anda mendapatkan sebanyak mungkin review positif dari pelanggan yang puas dan sudah melakukan transaksi pembelian. Jangan segan untuk meminta review dari mereka ya. 

Jika perlu, adakan kuis maupun giveaway berhadiah bagi pelanggan yang mau memberikan ulasan terkait pengalaman mereka di toko Anda.


Sekarang Anda sudah tahu ada banyak sekali manfaat mempromosikan bisnis di Google My Business atau Google Bisnisku. Jangan lupa, baca juga 9 Fitur Penting di Google My Business untuk Promosi Bisnis

Ini supaya Anda bisa memaksimalkan penggunaan berbagai fitur tersebut untuk mempromosikan bisnis. Jangan lupa, daftar segera dan buat akun Google Bisnisku dengan mengikuti cara daftarnya di artikel ini: 7 Langkah Mudah Daftar Google Bisnisku.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER