Bagi Anda yang sudah sering berkecimpung dalam bisnis online, tentu tidak asing dengan yang namanya landing page. Landing page adalah sebuah halaman yang ada di website dan dapat dioptimalkan menggunakan strategi marketing agar menghasilkan conversation rate yang tinggi. Melalui landing page, calon pelanggan akan lebih mudah mengetahui apa yang sedang Anda promosikan.

 

Dalam pembuatan landing page, ada beberapa hal yang perlu Anda penuhi dan jangan sampai terlewat, seperti penggunaan judul halaman, gambar maupun video yang berkaitan dengan produk, Call To Action (CTA), deskripsi produk, dan sebagainya.

 

Tips Membuat Landing Page

Perencanaan yang tepat sangatlah penting ketika Anda akan membuat landing page, karena dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis yang Anda jalankan. Berikut adalah beberapa tips membuat landing page yang bisa Anda jadikan panduan.

 

 

  1. Menentukan Tujuan dengan Jelas

Sebagai langkah awal, menentukan tujuan dengan jelas dapat membantu Anda menyiapkan landing page secara lebih spesifik. Dengan begitu, apa yang Anda inginkan, seperti meningkatnya konversi dan semacamnya, bisa dengan mudah Anda raih sesuai tujuan awal pembuatan landing page tersebut.

 

  1. Menentukan Desain Landing Page

Menentukan rancangan landing page bertujuan untuk memaksimalkan hasil yang akan diperoleh oleh bisnis Anda nantinya. Anda bisa memulainya dengan membuat beberapa poin penting yang akan dimasukkan di dalam landing page. Dengan membuat rancangan ini, maka landing page Anda akan lebih terstruktur dan konten yang dihasilkan juga lebih berkualitas karena segala sesuatunya sudah Anda rancang di awal. 

 

  1. Buatlah Headline yang Menarik

Headline atau judul halaman merupakan bagian yang pertama dilihat oleh para calon konsumen ketika berkunjung ke website bisnis Anda. Maka dari itu, penting sekali membuat headline yang menarik, singkat, padat, jelas, sekaligus mengundang rasa penasaran, sehingga calon pelanggan tertarik untuk berkunjung dan mencari tahu lebih banyak ada apa saja di halaman landing page. Bahkan jika mereka tertarik, mereka akan dengan senang hati melakukan permintaan Anda, seperti memberi data diri atau meninggalkan alamat email di kolom yang telah Anda sediakan. 

 

 

  1. Ciptakan Opening yang Menarik

Selain membuat judul yang menarik, Anda juga harus berusaha untuk menciptakan opening pada halaman yang Anda buat dengan semenarik mungkin. Pilihlah kata-kata yang bisa memberikan rasa penasaran pada calon pelanggan sehingga mereka ingin mencari tahu lebih jauh tentang produk, brand, atau layanan yang ditawarkan. 

 

Pada bagian ini, Anda bisa menjelaskan secara singkat mengenai produk yang ditawarkan, beserta kelebihan dan manfaatnya bagi konsumen. Selanjutnya, sertakan pula latar belakang kenapa Anda mempromosikan produk tersebut, dan benefit apa yang akan didapatkan konsumen jika melakukan pembelian produk tersebut dalam jangka waktu yang sudah Anda tentukan. 

 

  1. Buatlah Deskripsi yang Jelas

Setiap bagian di dalam landing page saling berkesinambungan dan memiliki peranan yang penting, tidak terkecuali penggunaan deskripsi yang lengkap. Penulisan deskripsi sebaiknya tidak bertele-tele dan terlalu panjang. Cukup dibuat secara singkat, padat, dan jelas untuk memudahkan calon konsumen memahaminya. Dari deskripsi ini pula, calon konsumen bisa mengenal Anda dan bisnis Anda dengan lebih baik, kemudian memutuskan apakah akan melakukan konversi atau tidak. 

 

  1. Gunakan CTA Semenarik Mungkin

Call To Action (CTA) tidak kalah penting peranannya dengan bagian lain di dalam suatu landing page. CTA nantinya berperan mengarahkan calon konsumen untuk melakukan sebuah tindakan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya, seperti melakukan pemesanan produk yang Anda tawarkan, mengisi survei, atau melakukan konversi dalam bentuk lain. Beberapa kata yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi calon konsumen, yang biasanya digunakan dalam CTA, antara lain: 

 

  • Beli sekarang sebelum kehabisan!
  • Masukkan ke Keranjang dan dapatkan voucher potongan harga.
  • Klik di sini dan dapatkan hadiah Anda!

 

 

  1. Berikan Testimoni

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk semakin membuat calon konsumen yakin dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan adalah menyertakan testimoni. Di sinilah calon konsumen bisa mengetahui feedback yang diberikan oleh konsumen sebelumnya mengenai produk yang Anda tawarkan. Testimoni positif bisa memberi pengaruh yang baik dan menimbulkan kepercayaan pada calon konsumen untuk ikut mencoba produk Anda dan merasakan hal yang sama seperti yang dirasakan oleh pembuat testimoni. 

 

Beberapa tips membuat landing page ini bisa menjadi pedoman Anda ketika akan memulai mendesain sebuah landing page yang menarik dan mampu memberikan dampak yang besar pada bisnis Anda. Jika membutuhkan konsultasi terkait website bisnis dan landing page, Anda juga bisa menghubungi Tim Redcomm untuk membantu Anda.