Sebelum membaca artikel ini, pastikan Anda telah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Baru Mengenal Digital Marketing? Inilah 10 Istilah Digital Marketing yang Wajib Diketahui Para Pebisnis Online - Bagian 1. Di artikel tersebut, telah dijelaskan 5 dari 10 istilah digital marketing yang wajib diketahui para pebisnis online. Nah sekarang, Anda bisa membaca dan mempelajari 5 istilah penting berikutnya. 

 

10 Istilah Digital Marketing yang Wajib Diketahui Para Pebisnis Online - Bagian 2

Pada artikel bagian satu, Anda sudah membaca, memahami, dan mempelajari tentang online presence, lead generation, Call to Action (CTA), landing page, conversion. Sekarang mari lanjut dengan 5 istilah penting berikutnya. Dengan memahami istilah-istilah ini, Anda akan jauh lebih baik dalam penerapan digital marketing.  

 

 

  1. Conversion Rate Optimization (CRO)

Apa yang dimaksud dengan Conversion Rate Optimization (CRO)? Istilah Conversion Rate Optimization (CRO) memang belum seterkenal SEO, SEM, dan sebagainya, namun CRO sangat penting karena jika penerapannya benar bisa mendatangkan peningkatan penjualan. Artinya, keuntungan bisnis Anda pun akan mengalami peningkatan. 

 

Pengertian Conversion Rate Optimization adalah suatu cara tertentu yang kita terapkan agar pelanggan yang mengunjungi kita, baik mengunjungi website maupun media sosial, mendapatkan pengalaman tertentu (user experience) yang kemudian mendorong mereka untuk melakukan konversi. Ini bisa dianalogikan sebagai orang yang mengunjungi suatu toko dengan niat awal hanya melihat-lihat, namun karena pemilik toko melayani mereka dengan baik, menjawab pertanyaan dan memberi solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi, akhirnya yang tadinya hanya melihat-lihat jadi terdorong untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

 

  1. Affiliate Marketing

Apa sebenarnya affiliate marketing? Dan kenapa Anda perlu melakukannya? Jadi, affiliate marketing adalah suatu cara promosi yang mengajak orang atau berkolaborasi dengan pelaku marketing lainnya untuk mempromosikan produk maupun jasa Anda dalam sistem afiliasi. 

 

Menggunakan sistem afiliasi memungkinkan Anda sebagai pebisnis tak perlu terlalu fokus melakukan promosi karena para affiliate marketer akan bertugas melakukan hal ini. Hanya saja, ada hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan agar sistem ini bisa berjalan dan membawa keuntungan yang Anda harapkan. Untuk itu, nanti akan ada artikel mengenai hal ini dengan pembahasan yang lebih detail. 

 

 

  1. Retargeting

Pernahkah Anda mengalami keadaan ini? Anda mengunjungi suatu website tentang pengembangan diri dan membaca informasi di sana sebentar. Karena mungkin informasi yang Anda butuhkan belum Anda temukan, maka Anda keluar dari website itu dan masuk ke website lain. Kegiatan berselancar di berbagai web Anda lakukan. Anehnya, website pertama yang sudah Anda tinggalkan ternyata memunculkan dirinya di setiap website yang Anda kunjungi. Nah inilah yang dinamakan strategi retargeting

 

Jadi bisa dikatakan, retargeting adalah proses menarget ulang audiens yang pernah mengunjungi website Anda, untuk kembali menemukan Anda melalui pemasangan iklan dengan pola tertentu atau menempatkan iklan online dan display ads secara tepat. Strategi ini akan berjalan jika audiens mengambil tindakan tertentu, misalnya dengan melakukan klik pada satu bagian di halaman website Anda, cookies yang telah Anda atur dan audiens mengizinkan cookies tersebut menyimpan data mereka untuk Anda manfaatkan dalam proses retargeting dan sebagainya.

 

  1. Consumer Acquisition Cost (CAC)

Consumer Acquisition Cost atau Cost Per Acquisition adalah biaya yang Anda dalam proses pemasangan iklan, riset pasar, biaya pembuatan konten marketing, pemasangan ads, dan sebagainya, demi mendapatkan calon pelanggan baru. 

 

  1. Web Hosting

Web hosting merupakan suatu layanan online untuk memunculkan website Anda di internet. Web hosting ini merupakan tempat menyimpan berbagai macam data website serta tempat terbaik menyimpan file supaya website bisa bekerja semaksimal mungkin.

 

 

Itulah beberapa istilah digital marketing yang perlu Anda tahu dan pahami. Masih ada banyak sekali istilah digital marketing lainnya. Pantau terus Redcomm Knowledge untuk menambah wawasan Anda mengenai digital marketing strategy, pemasaran online, pengembangan bisnis, dan semua pengetahuan di bidang bisnis digital. Jika Anda membutuhkan konsultasi dan perlu teman berdiskusi terkait digital marketing dan pengembangan bisnis, Anda bisa langsung Kontak Redcomm.