Pernahkah terpikir oleh Anda, apa pengaruh optimasi SEO dalam pembuatan suatu konten? Penerapan teknik SEO untuk optimasi konten memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan page view, page rank, dan masih banyak lagi

 

Beberapa konten yang Anda rencanakan mungkin bisa saja sudah terstruktur dengan rapi dan ciamik. Namun, sering yang terjadi, Anda masih mengalami kebingungan tentang cara mengoptimalkan konten dengan menggunakan teknik SEO.

 

Optimasi Konten SEO Menggunakan People Also Ask

Banyak sekali konten digital yang terdapat di internet saat ini. Contohnya, konten berbentuk video, situs blog, seminar daring, dan lain-lain. Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui cara  agar konten yang Anda buat dapat menduduki posisi teratas pada mesin pencari?

 

Nah, salah satu cara menaikkan posisi konten Anda pada mesin pencari adalah dengan menjawab pertanyaan para audiens atau memanfaatkan people also ask yang sering muncul di search engine. Anda tidak membuat berbagai konten yang memang sudah banyak dicari oleh audiens di kolom pencarian. 

 

Sebagai contoh, saat ini berbagai produk kesehatan seperti masker dan hand sanitizer sedang banyak dibutuhkan oleh konsumen. Oleh karena itu, cobalah membuat konten dengan mencantumkan berbagai keyword yang sesuai dengan produk tersebut. 

 

Tidak hanya itu, penggunaan unsur SEO yang tepat pada konten juga dapat membantu Anda mengoptimalkan konten sehingga terangkat ke page one Google.

 

 

Hal Penting Dalam Pembuatan Konten SEO

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda cantumkan dalam pembuatan konten SEO:

 

Informatif

Dalam pembuatan konten, pastikan konten tersebut mengandung hal-hal yang informatif dan bermanfaat bagi para audiens.

 

Memiliki Nilai Lebih

Selain konten yang informatif, usahakan agar konten Anda mengandung nilai lebih atau ciri khas yang membedakannya dengan konten lain yang tersebar di situs lainnya.

 

Menarik & Kredibel

Konten yang Anda buat harus berkualitas, unik, dan spesifik. Selain mengandung hal yang informatif, sebaiknya juga memiliki kredibilitas dan bisa dipercaya. Anda bisa pula menambahkan berbagai aspek lain, misalnya referensi pendukung, image, infografis, video, atau foto, sehingga isi konten semakin menarik minat audiens. Konten yang mengandung banyak aspek visual lebih menarik minat audiens dibandingkan dengan konten yang hanya berupa tulisan. 

 

Tahap Persiapan Sebelum Melakukan Optimasi Konten SEO

Selain memperhatikan poin di atas, ada beberapa tahapan yang sebaiknya Anda lakukan sebelum mulai melakukan optimasi konten secara SEO menggunakan people also ask.

 

 

  1. Buat Daftar Pertanyaan dari List People Also Ask

Hal ini terlihat remeh, tetapi memiliki pengaruh besar dalam pembuatan konten digital. Anda harus membuat sebanyak mungkin daftar pertanyaan yang bisa Anda temukan dari list atau daftar people also ask yang bisa Anda temukan di mesin pencari besar seperti Google

 

Catat atau rangkum dulu semuanya satu persatu. Semakin banyak semakin bagus, karena nanti Anda tinggal mengelompokkan mana saja pertanyaan yang satu tema, mana yang bisa dijadikan satu dalam satu konten, dan mana yang malah memungkinkan Anda membuat beberapa konten sekaligus. 

 

Anda juga bisa menemukan berbagai topik berdasarkan kategori tertentu, seperti topik yang sedang ramai diperbincangkan, atau topik tertentu yang malah dapat mendatangkan profit atau keuntungan bagi bisnis Anda. Pastikan topik yang Anda pilih sudah dikuasai atau dipahami. Jika belum, carilah referensi yang relevan terlebih dahulu.

 

  1. Riset Kata Kunci

Setelah menentukan topik, saatnya Anda melakukan riset untuk beberapa kata kunci yang mendukung optimasi SEO pada konten. Bagaimana cara melakukan riset kata kunci? Caranya cukup mudah. Anda harus mencari berbagai tools yang mendukung di internet. Biasanya tools ini mempunyai kata kunci keyword tools pada kolom pencarian.

 

Lalu, bagaimana cara Anda mengetahui kata kunci yang relevan dengan konten Anda? Sebagai contoh, jika ingin membuat konten tentang brand awareness, Anda harus mencantumkan kata kunci yang paling banyak dicari pada kolom pencarian. 

 

Misalnya, kata kunci: cara membangun brand awareness. Dengan menggunakan kata kunci yang paling banyak hasil pencariannya, harapannya konten Anda pun bisa mendapatkan posisi yang lebih baik di search engine

 

  1. Membuat Outline dan Format yang Relevan

Saat membuat konten, pastikan Anda menggunakan format heading dan subheading untuk membedakan mana judul, ringkasan, dan juga isi. Terlebih apabila membuat konten berupa listicle (artikel yang berbentuk daftar), Anda harus membuat outline yang sesuai dan tidak membingungkan audiens. Pastikan pula jarak antar-paragraf tidak terlalu jauh, penggunaan tanda baca dan ejaan juga relevan, dan sisipkan aspek visual setelah 150-300 kata.

 

  1. Tidak Keluar dari Topik Pembahasan

Hal ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh penulis atau pembuat konten. Dikarenakan topik yang dibahas cukup menarik, seringkali mereka terbawa arus dan tidak memperhatikan relevansi atau kesinambungan topik antar-paragraf. Jangan sampai hal ini terjadi jika Anda ingin mengoptimalkan konten agar memenuhi persyaratan SEO.

 

Dalam proses pembuatan konten yang SEO friendly, Anda juga bisa menerapkan beberapa hal berikut ini:

 

 

 

  1. Memasukkan Backlink Dalam Konten

Dalam membuat suatu konten, adanya backlink yang relevan juga dapat mempengaruhi kedudukan SEO. Apabila Anda memiliki beberapa kenalan atau rekan yang kebetulan pernah membahas topik yang sama pada kontennya, Anda dapat mengajak mereka bekerja sama untuk menyisipkan backlink dofollow pada konten.

 

Dengan cara ini, mesin pencari atau search engine akan mengenali bahwa situs Anda telah dipercaya oleh beberapa orang, walaupun itu hanyalah rekan kerja Anda. Kredibilitas sangat diakui oleh Google sebagai search engine terbesar di dunia saat ini. Dengan menyisipkan backlink yang relevan, kesempatan Anda untuk mendapatkan peringkat teratas SEO lebih mudah terwujud.

 

Kesimpulannya, jika ingin membuat konten yang mengandung optimasi SEO, Anda harus menciptakan konten yang sifatnya informatif, tepercaya, dan juga menarik. Tidak akan ada yang mengunjungi situs Anda jika isi konten tidak mencantumkan hal yang saling terkait satu dengan yang lain.