knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Perbedaan Internet Marketing dengan Digital Marketing

29 Sep  · 
2 min read
 · 
eye 23.689  
Digital Marketing

Perbedaan Internet Marketing Dengan Digital Marketing

Saat ini penggunaan Internet di Indonesia cukup besar dan sangat aktif karena menunjang berbagai kebutuhan sehari-hari.

Bahkan berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada awal tahun 2024, jumlah pengguna internet di Indonesia menembus angka 221 juta orang.

Ini wajar, mengingat hampir semua sektor sudah terhubung ke internet, termasuk sektor bisnis yang mulai melakukan perubahan dalam cara melakukan promosi dan pemasaran.

Pemasaran yang dulu dilakukan menggunakan flyer, spanduk, koran, kini beralih ke media digital dan internet.

Pasti Anda sudah pernah mendengar istilah internet marketing strategist dan digital marketing. Kedua istilah tersebut memiliki arti yang hampir sama, yaitu cara memasarkan produk menggunakan internet.

Walaupun tujuannya sama, kedua strategi marketing yang populer dan diminati banyak brand ini memiliki perbedaan cukup mencolok berdasarkan penerapan dan cara kerja pemasaran produknya.

Dalam artikel Redcomm Knowledge ini, Anda dapat mempelajari apa perbedaan internet marketing strategist dan digital marketing?

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing adalah strategi memasarkan produk melalui internet dengan tujuan promosi, branding, meningkatkan penjualan, juga mempengaruhi konsumen agar membeli barang maupun jasa.

Cara pemasaran menggunakan internet marketing lebih berfokus kepada pengguna internet dengan memanfaatkan website, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), mobile marketing, social media marketing, dan lainnya.

Pengertian Digital Marketing

Sementara digital marketing adalah sistem pemasaran produk yang menjangkau pelanggan secara cepat, tepat, dan lebih personal, melalui media digital serta internet.

Singkatnya, internet marketing termasuk dalam penerapan digital marketing. Media digital memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan internet. Contoh pemasaran melalui media digital, misalnya:

  • Iklan TVC
  • e-Book
  • Koran digital atau newsletter personality
  • Company profile video
  • Email marketing
  • Endorse influencer
  • SMS broadcast
  • Iklan pay per click atau iklan banner
  • Pay per sale atau pay per lead

Fokus utama digital marketing tidak hanya mempromosikan produk atau brand untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Digital marketing juga bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness dan customer relation.

Manfaat Penerapan Strategi Internet Marketing dan Digital Marketing

Sebagai pelaku usaha, Anda harus mengetahui manfaat menggunakan teknik atau strategi  internet marketing dan digital marketing.

Untuk mengembangkan bisnis, sudah saatnya Anda memaksimalkan media digital dan internet untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen.

Berikut manfaat menerapkan teknik internet marketing dan digital marketing:

1. Meningkatkan Penjualan

Melakukan optimasi digital marketing tentu bisa meningkatkan penjualan. Sebab, pelanggan bisa mendapatkan informasi produk tanpa terbatas jarak dan waktu.

Pelanggan lama atau calon pelanggan baru bisa mengetahui produk yang diinginkan tanpa repot mengunjungi toko offline Anda atau menunggu toko Anda buka.

Konsumen cukup mengunjungi website, akun media sosial, dan tempat penjualan lainnya selama 24 jam. Ini artinya, proses penjualan dan pembelian menjadi lebih praktis serta cepat.

2. Lebih Mudah Menjalin Hubungan dengan Konsumen

Jarak adalah penghambat bisnis. Namun dengan hadirnya media digital dan internet, jarak tidak lagi menjadi masalah.

Bisnis atau brand Anda kini lebih mudah terhubung dengan konsumen.

Konsumen bisa melakukan pemesanan melalui sambungan telepon, media sosial, e-commerce dan website toko online.

Untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen, saat ini layanan pelanggan bisnis Anda juga bisa diakses 24 jam tanpa batas waktu.

Semakin Anda fast respons terhadap kebutuhan pelanggan, semakin senang mereka berbelanja di online shop Anda.

3. Biaya Marketing Lebih Hemat

Untuk bisnis skala kecil, beriklan di internet maupun media digital tak akan menghabiskan banyak biaya. Sebab membuat akun media sosial tak dikenakan biaya sepeserpun.

Anda hanya perlu beriklan di akun media sosial bisnis, lalu menempatkan produk Anda pada situs e-commerce.

Walaupun Anda membuat website bisnis sendiri dan memasang iklan di Facebook ads, Google ads, atau berkolaborasi dengan influencer, biaya marketingnya tetap lebih hemat, dibandingkan pemasaran konvensional, seperti menyebar pamflet dan memasang iklan di media cetak.

Selain itu, melakukan pemasaran secara online jangka waktu pemasarannya lebih long lasting.

Meskipun internet marketing dan digital marketing sering dianggap serupa, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar dalam penerapannya. 

Dengan memahami perbedaan dan manfaat Internet marketing dan digital marketing, Anda dapat memaksimalkan potensi pemasaran dan bisnis Anda pun bisa berkembang pesat. Apalagi kalau Anda bisa menyelenggarakan Strategi Promosi yang Menginspirasi.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER