Sejak awal 2020 lalu, pandemi di Indonesia terus menuai babak baru. Namun yang menarik, berita yang tersebar bukan hanya tentang banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi. Beberapa bidang bisnis, justru dikabarkan meroket, terutama di sektor bisnis rumahan dengan modal kecil. Lantas, apa saja bisnis rumahan modal kecil yang dimaksud?

 

7 Bisnis Rumahan Modal Kecil

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis di tahun 2021 ini, ada banyak ide bisnis yang bisa dijalankan dari rumah dan hanya membutuhkan modal kecil. Jenis bisnis ini juga sudah terlihat meroket saat pandemi. Diprediksi, bisnis-bisnis tersebut akan tetap mendapatkan angka penjualan yang tinggi. Apa saja bisnis tersebut? Informasi selengkapnya dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini!

 

 

  1. Menjual Masker

Anjuran untuk selalu menggunakan masker yang diinformasikan oleh pemerintah bersama Kementerian Kesehatan sejak tahun lalu, akhirnya berkembang menjadi budaya baru di Indonesia. Karena aturan tersebut, kini masker menjadi salah satu produk yang banyak dicari. 

 

Selama masa pandemi, penjualan masker mengalami peningkatan hingga 100% dibanding tahun-tahun sebelumnya. Akibatnya, banyak orang menjual masker untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terjebak pandemi. 

 

Masker yang saat ini beredar di pasar, tersedia dalam berbagai varian model dan harga. Mulai dari masker medis sampai masker fashion yang unik dan lucu. Jika Anda tertarik menjalankan bisnis ini, coba pelajari terlebih dahulu model masker seperti apa yang digemari konsumen, termasuk bahannya, desain, bentuk, tali pengikat, dan sebagainya. 

 

Untuk mempromosikan bisnis masker ini, Anda bisa mulai membangun personal branding sebagai pemilik bisnis home industri masker, misalnya. Gunakan media sosial untuk membangun hubungan yang dengan calon pelanggan, sekaligus mengenalkan produk masker Anda. 

 

  1. Menjual Hand Sanitizer dan Vitamin Kesehatan

Virus Corona merupakan jenis virus yang mudah menular, terutama kepada orang yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik. Untuk mencegah penularan, masyarakat kini semakin sadar tentang pentingnya gaya hidup sehat dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen makanan sehat lainnya. 

 

Tujuannya tentu saja, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, perlu pula dibiasakan mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan. Dua produk tersebut merupakan item yang juga banyak terjual sejak pandemi berlangsung di Indonesia. 

 

  1. Menjual Makanan Sehat

Salah satu alasan orang mudah terpapar virus adalah karena daya tahan atau imunitas tubuh yang lemah. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, makanan yang dikonsumsi harus sehat dan seimbang. Makanan yang dikonsumsi perlu mengandung berbagai kebutuhan, seperti vitamin, serat, dan mineral. 

 

Kini, dengan semakin banyaknya orang yang sadar tentang gaya hidup sehat yang perlu ditingkatkan, banyak orang mulai mencari makanan sehat sebagai konsumsi harian. Tentunya, peluang ini dapat  menjadi satu  ide bisnis yang menguntungkan untuk dijalankan. 

 

Anda bisa mulai dengan menerima pesanan katering menu harian. Kemudian, terapkan strategi marketing yang tepat, misalnya dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial bisnis, menerapkan rahasia pemasaran melalui media sosial, dan sebagainya.

 

 

  1. Menjual Makanan Beku atau Frozen Food

Riset menunjukkan bahwa sekitar 58% konsumen Indonesia membuat keputusan untuk mengurangi frekuensi makan di tempat selama pandemi. Oleh sebab itu, banyak bisnis yang terdampak, khususnya bisnis kafe dan restoran. 

 

Meskipun demikian, bisnis kuliner masih tetap bersinar di tengah pandemi. Hanya saja, Anda harus memiliki kemampuan melihat peluang. Jika bisnis restoran dan kafe sepi, bisnis kuliner yang ramai adalah bisnis yang menjual makanan beku atau frozen food. Ini dapat menjadi peluang bisnis terbaik yang Anda jalankan.

 

  1. Menjual Minuman Literan

Sama halnya dengan produk makanan yang banyak mengalami penurunan omzet di masa pandemi, produk minuman pun demikian. Banyak pengusaha minuman yang kemudian menghadirkan produk dalam kemasan literan.

 

Cara promosi yang bisa digunakan, memasang harga produk yang ekonomis, menyediakan beberapa varian ukuran, maupun varian rasa. Anda bisa menerapkan jurus jitu mempromosikan produk dengan target generasi milenial

 

  1. Menjual Produk Fashion secara Online 

Salah satu produk yang sangat bagus untuk dijual secara online adalah produk fesyen, baik itu produk fesyen berupa atasan, blus, gamis, celana, kerudung, atau yang lainnya. Anda bisa mencoba semuanya, namun jangan lupa lakukan analisis terlebih dahulu, mana produk yang banyak dicari orang. Selain itu, kemas pula cara promosi yang unik sehingga bisa meningkatkan penjualan produk Anda.

 

Berbagai marketplace dapat menjadi tempat jualan mengasyikkan bagi Anda, menjualnya di toko online Anda sendiri, atau menggunakan e-commerce lain. Anda tinggal membuat akun, dan mulailah berjualan. Hanya saja, Anda perlu mempelajari cara kerja dan beda antara toko online, marketplace, dan e-commerce.

 

 

  1. Menjual Berbagai Kebutuhan secara Online

Selama pandemi, banyak orang merasa enggan keluar rumah untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk membeli barang-barang kebutuhan harian. Kebijakan menghindari kerumunan juga mengakibatkan aktivitas masyarakat mengalami pergeseran. 

 

Akhirnya, orang-orang merasa lebih nyaman berbelanja apa pun secara online. Tidak hanya produk fesyen, kosmetik, gadget, bahkan produk kebutuhan rumah tangga, seperti beras, gula, sayur, buah, minyak goreng, dan sebagainya, juga dibeli melalui toko online.

 

Jika Anda ingin memiliki bisnis sendiri yang bisa dijalankan dari rumah, Anda bisa membuka toko kelontong yang menjual berbagai barang kebutuhan harian. Tetapi selain menjual di tempat, Anda bisa melebarkan sayap bisnis Anda dengan berjualan secara online

 

Memang menjalankan bisnis secara online membutuhkan banyak pengetahuan baru, seperti cara memulai bisnis online, menguasai skill yang wajib dimiliki pebisnis online, dan masih banyak lagi. Namun ada cara tercepat pula yang bisa Anda gunakan, yaitu bekerja sama saja dengan digital marketing agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam mengelola, memberi masukan, bahkan membantu mempromosikan bisnis Anda menjadi lebih besar.

 

Itulah 7 bisnis rumahan modal kecil yang diprediksikan semakin meroket saat pandemi. Anda yang sedang mencari ide bisnis dapat menjalankan salah satu dari beberapa ide bisnis di atas. Berani coba?