Apakah Anda sedang mengalami penurunan omzet secara drastis dan sedang mencari ide marketing untuk meningkatkan omzet? Atau apakah Anda sudah menerapkan beberapa ide marketing, namun belum menghasilkan? Di artikel kali ini akan dibahas 7 ide marketing saat momen liburan untuk mendapatkan omzet lebih banyak. 

 

7 Ide Pemasaran Produk yang Wajib Dicoba Para Pebisnis UKM

  1. Membuat Google Advertising

Bisnis apa pun yang Anda jalani sekarang, pastilah bertujuan untuk mendapatkan omzet yang lebih banyak. Maka salah satu cara meningkatkan omzet adalah menerapkan strategi marketing yang tepat pada momen tertentu, misalnya di momen liburan. Kemudian, lakukan pemasangan iklan dengan memanfaatkan Google advertising.

 

 

Google advertising adalah sebuah metode mengiklankan produk, jasa, juga bisnis melalui Google ads. Metode ini bisa dibilang sangat tepat karena Anda dapat menjangkau dengan mudah orang-orang yang tertarik dengan produk atau jasa Anda.

 

Misalkan, Anda menjual produk kecantikan, maka Anda dapat membuat sebuah kata kunci atau keyword “Tampil cantik tanpa ragu.” Setelah itu, buatlah iklan dan landing page yang secara spesifik mengarahkan pembeli agar dapat melakukan klik atau berbelanja ke toko online Anda yang menyediakan berbagai produk pendukung di momen liburan atau tetap cantik mesti pergi liburan ke tempat panas, misalnya. 

 

Kemudian, Anda juga dapat menambahkan teknik jitu agar pembeli semakin tertarik untuk melakukan pembelian, misalnya dengan Gratis Ongkir atau Packing aman dan rapi, atau Dapatkan diskon 30% pada tanggal yang sudah Anda tentukan dengan minimal pembelian tertentu. Jangan lupa, Anda perlu menampilkan benefit produk ketika pembeli membeli produk Anda.

 

Tips yang Harus Anda Lakukan Ketika Memasang Iklan, antara lain:

  • Ad Copy. Karena promosi hendak dilakukan untuk momen liburan maka gunakan kata “Liburan” atau “Ini Waktu Terbaik untuk Berlibur”.
  • Highlight. Anda bisa menggunakan deal musiman dan penawaran khusus untuk mengundang lebih banyak orang melakukan pembelian.
  • Urgent. Untuk meningkatkan urgensi dan membentuk opini mendesak yang bisa jadi merupakan kebutuhan utama pembeli, doronglah mereka untuk segera melakukan pembelian dengan menggunakan kata “Dapatkan diskon 50% sampai tanggal 10 Oktober”. 
  • Produk Relevan.Anda harus pastikan produk yang Anda tawarkan relevan dengan momen tertentu yang menjadi fokus perhatian banyak orang, baik itu momen liburan, momen akhir tahun, momen Lebaran, dan sebagainya.
  • Atur Jadwal. Aturlah jadwal iklan dengan tepat pada waktunya agar iklan tersebut tampil ketika ada orang yang mencarinya.

 

  1. Google Shop

Ide Marketing kedua yakni menggunakan Google shopping. Jika Anda memiliki produk fisik, Anda dapat menggunakan fitur Google shopping, yang akan membantu Anda jadi lebih mudah mendapatkan pembeli secara instan. Memang tak bisa dipungkiri, saat ini Anda sedang berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan dengan toko yang lain. Tetapi jangan khawatir, kalau gambar produk yang Anda upload menarik, sudah tentu dapat mendatangkan lebih banyak orang untuk berkunjung ke situs Anda dan berbelanja.

 

 

  1. Menggunakan Media Sosial

Maksimalkan penggunaan media sosial untuk penerapan berbagai strategi marketing saat momen liburan demi mendapatkan lebih banyak omzet. Artinya, mendekati momen ini Anda perlu memproduksi lebih banyak konten terkait produk, brand, maupun layanan bisnis Anda yang sesuai dengan momen tertentu. Gunakan foto atau video yang menarik dan bernuansa liburan. Sertakan pula kalimat yang menarik dan menggugah minat orang untuk berbelanja. 

 

Jika saat ini Anda sedang menggunakan Instagram untuk berbisnis, maka buatlah konten video yang menarik dan belum pernah orang lain posting. Contoh, konten video cara mengolah bubur kacang hijau dengan topping tertentu yang belum pernah digunakan. Nah video unik seperti ini lebih berpotensi menarik minat orang untuk menonton. 

 

  1. Beli Produk Tertentu Dapat Hadiah di Media Sosial

Ide marketing berikutnya yang bisa Anda coba untuk menarik perhatian audiens, misalnya melakukan lelang online, di mana audiens yang melakukan pembelian selama acara akan mendapatkan bonus tertentu, bisa berupa buy 1 get 1, hadiah voucher diskon, dan sebagainya. Ide ini bisa dilaksanakan di Instagram Live atau ketika mengadakan webinar

 

  1. Email Marketing

Email marketing juga bisa digunakan sebagai salah satu cara marketing yang memberikan dampak bagus bagi peningkatan penjualan. Oleh karena itu, Anda bisa memaksimalkan penggunaan email marketing menjelang momen tertentu, bisa sebulan mendekati masa liburan sekolah untuk memberi informasi mengenai produk yang sedang diskon, voucher hotel dan tiket pesawat mendekati momen liburan, dan sebagainya. 

 

Cara memaksimalkan email marketing bisa dengan membuat konten email yang lebih personal, menyebutkan nama penerima email dengan baik, dan seolah-olah bercerita tentang momen liburan, baru kemudian Anda menyertakan sedikit promosi mengenai produk atau layanan yang hendak Anda tawarkan. Jangan lupa, ciptakan urgensi dengan menyematkan batas waktu tertentu untuk berlakunya penawaran tersebut. 

 

 

  1. Membuat Konten Video yang Menarik dan Unik

Video yang unik dan dapat menarik perhatian audiens merupakan sebuah kunci dalam melakukan strategi marketing. Ide marketing ini bisa jadi strategi yang ampuh mengingat zaman sekarang orang senang menonton video baik di YouTube, di TikTok, atau di Instagram. Manfaatkan tren ini dengan membuat konten video yang menarik dengan tema momen liburan dan sertakan juga promosi mengenai produk atau layanan yang Anda sediakan. 

 

  1. Membuat Segmentasi tentang apa yang Anda Ketahui

Ide marketing yang terakhir adalah membuat segmentasi pengguna tentang apa yang Anda ketahui. Hal ini dapat mendatangkan lebih banyak keuntungan ketika Anda menyelenggarakan digital campaign sesuai dengan target market. Melalui platform Google analytics dan Facebook Anda dapat mengumpulkan data-data mengenai calon pelanggan Anda. Selain itu, Anda bisa mendapatkan customer baru dengan memanfaatkan secara maksimal data pelanggan ini. Pertanyaannya, apa Anda sudah benar dalam menggunakan data calon pelanggan yang Anda miliki?

 

Jika belum, inilah saatnya Anda menciptakan dan merancang sebuah pesan sesuai segmentasi pasar yang tepat pada momen liburan. Penerapannya bisa dilakukan dengan menggunakan 6 ide yang sudah di atas. Kombinasi dan inovasi dibutuhkan untuk mengkreasikan beberapa ide sekaligus untuk menemukan satu ide marketing baru yang unik dan siap dieksekusi.