Hingga saat ini, urusan promosi masih mengambil andil paling besar dari berhasilnya penjualan suatu produk. Maka dari itu, tak heran jika banyak pebisnis mulai menggunakan media online untuk membantu memperkenalkan brand maupun produknya. Lantas, bagaimana strategi digital marketing 2020 terbaru yang efektif di masa sekarang? Berikut ini ulasannya.

 

6 Strategi Digital Marketing 2020 Terbaru

Semakin populer dunia digital untuk kegiatan pemasaran, membuat Anda harus bersaing secara kreatif dengan ribuan pelaku bisnis lainnya. Berbagai metode pun bermunculan demi mendapatkan target pasar yang sesuai harapan. Agar pencapaian hasil promosi sesuai harapan, pelaku usaha harus mampu memilih dengan tepat strategi digital marketing yang mana yang sesuai dengan bisnisnya. 

 

 

  1. Memanfaatkan Chatbot 

Chatbot merupakan software yang bisa berkomunikasi dengan cara menjawab pertanyaan dari setiap pengunjung website secara otomatis. Strategi ini dapat menjadi solusi yang dapat meminimalkan biaya pemasaran jika harus menggunakan jasa customer service.

 

Meskipun biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat, penggunaannya diakui lebih cepat untuk membalas semua pertanyaan dari setiap pengunjung website. Namun yang perlu diingat, aturlah chatbot sebaik mungkin agar bisa menjadi media interaksi yang menyenangkan untuk calon pelanggan potensial. 

 

  1. Menggunakan WhatsApp Marketing

Selain menggunakan software berupa chatbot, kini banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi pesan, seperti WhatsApp Bisnis dan Telegram. Keduanya dipilih karena sudah dipercaya memiliki popularitas dan digunakan oleh kebanyakan masyarakat. Namun, sementara ini WhatsApp Bisnis yang lebih banyak digunakan dibandingkan Telegram.

 

Beberapa brand besar sudah menerapkan strategi digital marketing ini. Harapannya, agar setiap pelanggan mendapatkan informasi mengenai produk secara lebih lengkap serta pelayanan yang cepat. Lalu pertanyaan di luar jam kerja pun bisa tetap diterima, dan pelanggan tak akan kecewa karena terdapat pesan pemberitahuan otomatis yang menerangkan chat akan dibalas saat toko buka keesokan harinya.

 

 

  1. Hyper-Targeted Advertising

Salah satu metode dalam pemasangan iklan yang populer saat ini yaitu hyper-targeted advertising, di mana iklan yang muncul di media sosial tak begitu relevan dengan yang dicari. 

 

Iklan seperti ini sengaja dipasang di media sosial agar dapat menjangkau target market yang lebih besar dibandingkan biasanya. Jadi bisa saja saat Anda ingin belanja baju, iklan yang muncul justru koleksi sepatu. Jangan salah, iklan seperti ini biasanya memancing rasa ingin tahu pelanggan, apalagi jika konten iklannya menarik. Jadi ketika pelanggan ingin membeli baju, mereka pun bisa dengan mudah tergiur untuk sekaligus membeli sepatu. 

 

  1. Personalized Marketing

Pernah Anda berbelanja atau sekadar mempunyai akun di salah satu situs e-commerce, kemudian ketika Anda berulang tahun, Anda mendapatkan ucapan selamat dan penawaran eksklusif yang sesuai dengan kesukaan Anda? 

 

Inilah yang disebut strategi personalized marketing. Strategi ini dilakukan oleh penjual untuk memasarkan produknya secara personal atau individu. Teknologi yang digunakan berupa algoritma pengumpulan data untuk menghasilkan konten yang sesuai keinginan atau kepribadian pelanggan. Dengan menggunakan teknik ini, hubungan antara produk atau bisnis Anda jadi terjalin baik dan pelanggan pun akan setia kepada produk usaha Anda.

 

  1. Menampilkan Review dan Membuat Video Marketing

Tidak hanya mempertahankan konsumen lama saja, nyatanya perusahaan juga harus melakukan strategi digital marketing untuk menarik target pasar yang baru. Salah satu caranya, dengan menampilkan ulasan positif dari pelanggan sebelumnya, baik itu di e-commerce, website, ataupun highlight media sosial. Kebiasaan dan perilaku kebanyakan orang sebelum melakukan pembelian adalah mereka cenderung memeriksa detail segala sesuatu terkait produk yang mau mereka beli sebelum memutuskan benar-benar membeli produk tersebut.

 

Cara kedua, buatlah video penjelasan terkait produk yang akan diluncurkan. Hal ini perlu dilakukan karena calon pelanggan cenderung melihat postingan resmi dari suatu merek tertentu sebelum membelinya. Isi postingan resmi ini biasanya berisi penjelasan detail, spesifikasi lengkap, keunggulan, dan cara pakainya. 

 

 

  1. Memanfaatkan SEO 

Strategi terakhir yang bisa Anda coba, yaitu memanfaatkan SEO pada setiap search engine. Meskipun harus dibutuhkan keahlian dalam mengoptimalkannya, namun hal ini terbukti efektif untuk menarik pelanggan potensial. 

 

Apabila Anda berhasil mengoptimalkan SEO, situs web yang digunakan untuk media pengiklanan akan bertengger di peringkat teratas pada hasil pencarian. Tentu saja orang-orang cenderung mengeceknya daripada website lain yang berada di bawahnya. Jika Anda belum menguasai teknik Search Engine Optimization atau SEO, Anda bisa bekerja sama dengan salah satu digital agency Indonesia yang memiliki keahlian di bidang digital marketing services company atau internet marketing strategies.

 

Menentukan strategi digital marketing akhir-akhir ini memang harus dipikirkan secara matang. Selain bertujuan untuk mendapatkan target pasar sesuai harapan, pemasaran juga perlu dilakukan maksimal demi memenangkan persaingan dengan banyaknya kompetitor serupa yang bermunculan.