MENU
SEARCH KNOWLEDGE

3 Alasan Mengapa TikTok Sangat Penting untuk Influencer Marketing

 · 
2 min read
 · 
eye 489  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Pemasaran influencer di TikTok telah mendapatkan perhatian besar sejak awal berdirinya, namun benar-benar melesat di tahun 2023. 

TikTok memiliki algoritma unik untuk menampilkan konten, kamu memiliki peluang yang bagus untuk membuat kontenmu menjadi viral, atau setidaknya kamu dapat dengan mudah menampilkan videomu kepada orang-orang baru. 

Berikut adalah alasan mengapa TikTok menjadi platform penting untuk menjalankan influencer marketing.

1. Kamu bisa membangun hubungan autentik dengan audiensmu

Influencer telah menjadi populer di TikTok karena mereka dengan cepat dan mudah dapat membuat koneksi nyata dengan orang yang mengikuti mereka atau melihat video mereka. 

Semakin banyak orang merasa terhubung dengan seseorang, semakin mungkin mereka akan percaya padanya. 

Influencer dapat membangun kepercayaan dengan cepat dan mudah di TikTok, dan pengikut mereka akan senang melihat merek dan produk yang mereka pilih untuk dibagikan secara online

Ini adalah alasan lain mengapa pemasaran influencer TikTok adalah investasi yang bagus. 

Setelah influencer memperkenalkan merek kamu kepada audiens mereka, audiens itu akan jauh lebih mungkin untuk percaya padamu, ingin mengikuti kamu, dan mencoba untuk mengetahui lebih banyak tentang produk kamu.

Apakah kamu ingin menjadi terkenal di platform ini atau hanya meningkatkan kesadaran merekmu, pasti akan membantumu mencapai tujuan. 

Dengan membuat video yang menggunakan audio populer dan menambahkan hashtag yang tren, kamu akan meningkatkan peluang merekmu untuk menjadi viral. 

Ketika kamu pertama kali membuat akun, pastikan kamu strategis tentang jenis video yang kamu pilih untuk ditonton dan diinteraksi, karena ini akan memberi tahu algoritma tentang apa yang seharusnya mereka tampilkan padamu. 

Untuk mendapatkan yang terbaik dari TikTok, ide bagus untuk menemukan influencer dalam niche atau audiensmu yang ideal

Dengan mengikuti mereka, kamu akan tahu apa yang menciptakan ikatan dengan mereka dan bagaimana kamu dapat membuat konten yang sesuai dengan apa yang mereka sudah tonton.

2. TikTok mendominasi dunia media sosial

TikTok unik dan berbeda dari platform media sosial lain yang sepenuhnya berfokus pada video. Keterangan konten yang singkat dan bahkan kadang tidak perlu. 

Berbeda dengan YouTube, yang juga berfokus pada video, TikTok dirancang untuk konten yang singkat dan penuh aksi dibandingkan dengan video yang lebih panjang. 

Selain itu, konten yang dibuat untuk TikTok dibagikan kepada siapa saja yang ingin melihatnya, untuk sebagian besar. 

Banyak influencer menemukan bahwa TikTok adalah platform yang hebat bagi mereka untuk mengembangkan pengikut dan terhubung dengan orang baru. 

Platform ini memungkinkan pengguna untuk menautkan saluran YouTube atau akun Instagram mereka ke bio mereka, sehingga mudah bagi influencer yang sudah memiliki pengikut di platform-platform ini untuk mengarahkan orang yang menemukan mereka di TikTok kembali ke sana.

Merek-merek mulai memanfaatkan ini dan menciptakan kampanye pemasaran influencer TikTok. 

Bahkan, ada begitu banyak jenis influencer yang berbeda di aplikasi ini sehingga setiap merek pasti akan menemukan yang sempurna untuk bermitra dalam kampanye mereka. 

Kamu bahkan bisa melakukan pencarian TikTok untuk menemukan kreator terbaik yang sesuai dengan niche dan anggaranmu untuk bekerja sama.

Konten challenge sangat populer di aplikasi ini, karena pengguna diingatkan untuk membuat video mereka sendiri berdasarkan topik tertentu, klip audio, atau bahkan meniru trn tarian tertentu. 

Dengan membuat challenge seputar produk tertentu, kamu dapat memulai kampanye dengan pemasaran influencer dan kemudian melihatnya berkembang di antara pengguna lain.

3. Brand kamu bisa cepat populer di TikTok

Berbeda dengan sebagian besar platform media sosial, kamu tidak perlu menghabiskan bulan atau tahun di TikTok sebelum kamu memiliki pengikut yang besar. 

Faktanya, karena algoritma yang ada, kamu bisa membuat video kamu dilihat oleh banyak orang pada hari pertama. 

Algoritma menampilkan video kepada seseorang yang kemungkinan besar akan menyukainya berdasarkan banyak faktor, termasuk video yang mereka sukai, klip audio yang mereka dengarkan, hashtag yang mereka ikuti, akun yang mereka interaksi, dan lainnya.

Dengan algoritma TikTok, statistik pencipta video tidak memengaruhi apakah video mereka akan ditampilkan kepada seseorang (atau banyak orang). 

Tidak masalah berapa banyak pengikut yang mereka miliki atau apakah video-video sebelumnya mereka berhasil. 

Ini berarti jika kamu membuat video yang mencakup audio yang disukai banyak orang dan menggunakan hashtag yang dipilih dengan baik, video pertamamu memiliki peluang untuk menjadi viral.

Ini adalah kontras tajam dengan hampir semua platform media sosial lainnya. Biasanya, tujuan dari platform media sosial adalah untuk mengembangkan pengikutmu sehingga kamu dapat menampilkan kontenmu kepada lebih banyak orang.

Di TikTok, itu bukan prasyarat untuk membuat video viral. Sebaliknya, lebih baik menghabiskan waktu untuk mengamati tren TikTok, hashtag populer, dan membuat video yang cocok dengan elemen-elemen populer tersebut.

Pengguna TikTok biasanya posting tentang passion mereka dan hal-hal yang mereka nikmati, dan mudah bagi mereka untuk terhubung dengan orang yang ingin melihat konten tersebut. 

Ini menjadi salah satu alasan mengapa kamu dapat menemukan begitu banyak influencer di berbagai niche di TikTok untuk diajak kerjasama.

Apakah kamu siap untuk bekerja sama dengan influencer di TikTok untuk meningkatkan merekmu? Sebelum itu, ketahuilah 10 Pertanyaan yang Perlu Diajukan Sebelum Bekerja Sama dengan Influencer.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER