Instagram marketing merupakan salah satu cara sukses promosi online. Hal ini karena Instagram mengalami pertumbuhan yang amat besar sejak diluncurkan pada tahun 2010. Perusahaan analisis sosial media marketing yang berbasis di Warsawa, Polandia, Napoleon Cat, mencatat ada kurang lebih 60 juta pengguna Instagram di Indonesia pada akhir 2019 lalu. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna Instagram terbesar keempat di dunia.

 

Banyak pengguna sosial media menyukai Instagram karena platform ini menitikberatkan visual sebagai kunci. Jika sudah membuka Instagram, pengguna bisa lupa waktu karena mendapatkan sajian konten-konten yang menarik.

 

Instagram Marketing

Banyak perusahaan dan brand yang berlomba-lomba untuk menguasai pertumbuhan luar biasa dari platform ini. Jika Anda memiliki usaha, namun belum mulai memasarkannya lewat Instagram, maka Anda sudah ketinggalan banyak sekali kesempatan. Mau tahu apa saja keuntungan yang Anda lewatkan dari Instagram marketing?

 

 

1. Tingkat Engagement yang Tinggi

Konten visual seperti foto dan video lebih mengundang ketertarikan daripada teks saja. Penelitian menunjukkan bahwa Instagram memiliki engagement lebih tinggi daripada sosial media lainnya, seperti Facebook, Pinterest, dan Twitter. Ketika Anda telah membangun komunitas yang solid di Instagram, Anda dapat lebih mudah menjual sesuatu pada mereka.

 

2. Fitur Instagram Shopping Memperlancar Penjualan

Instagram meluncurkan fitur Instagram Shopping pada 2018 lalu. Sejak saat itu, makin banyak perusahaan yang menggunakannya untuk menjual produk. Fitur ini memungkinkan label harga muncul ketika foto diketuk. Seperti mengunjungi e-commerce, namun dalam sosial media. Pengguna yang tertarik dapat membeli produk yang dijual dengan mudah karena di bagian bawah foto ada tombol shop now yang akan mengantarkan pengguna ke website khusus perusahaan. Penggunaannya yang sangat mudah ini efisien untuk mendatangkan penjualan usaha.

 

3. Fitur Stories Membuat Usaha Lebih Dekat dengan Pengguna

Fitur stories adalah fitur yang paling dicintai pengguna pada saat ini. Kemampuan untuk memposting sesuatu yang hanya tampak 24 jam saja membuat pengguna lebih leluasa membagikan keseharian tanpa takut melakukan spam terhadap pengikut mereka. Fitur ini juga bisa diadaptasi perusahaan untuk menaikkan impresi lewat story yang real-time

 

Perusahaan dapat menunjukkan cerita dibalik layar, seperti bagaimana produk dibuat, video karyawan perusahaan berinteraksi satu dengan yang lain, atau sesuatu yang sederhana seperti sesi tanya jawab. Perusahaan akan terlihat lebih humanis dan dapat meraih lebih banyak pengguna untuk bergabung ke komunitas.

 

 

4. Dapat Bekerja sama dengan Influencer

Influencer dapat meningkatkan penjualan perusahaan dengan mengenalkan brand Anda pada demografi pengguna spesifik yang belum tersentuh oleh akun perusahaan. Hal ini disebabkan oleh psikologis pengguna zaman now yang lebih percaya dengan omongan seseorang dibandingkan perusahaan. Apalagi jika influencer yang diajak bekerja sama adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar, Anda dapat meraih engagement yang lebih besar lagi.

 

5.Hashtag Meningkatkan Visibilitas Perusahaan

Hashtag adalah kata kunci khusus yang merangkum apa yang ingin disampaikan dalam isi postingan. Anda dapat menggunakannya untuk memperluas jangkauan pengguna yang ingin Anda raih, sekaligus memberi tanda spesifik hanya untuk komunitas Anda. Keduanya bisa dicapai dengan menambahkan beberapa hashtag pada caption.

 

6.Membebaskan Penggunanya untuk Kreatif

Instagram punya banyak fitur yang bisa digunakan dalam menyampaikan pesan. Dapat melalui feed, story, atau bahkan IGTV, yang memungkinkan pengguna mengunggah video berdurasi lebih dari 60 menit. Pengguna juga dapat melakukan siaran langsung yang dapat ditonton banyak orang. 

 

Memanfaatkan Instagram marketing memungkinkan Anda menampilkan brand beserta produk maupun jasa yang tersedia. Untuk meningkatkan engagement, bisa pula dengan mengajak pengguna Instagram ikut giveaway, digital campaign dalam bentuk video interaktif, testimoni dan lainnya sehingga tidak terbatas dengan menampilkan produk dalam katalog.

 

 

7.Bisnis Apa pun dapat Eksis di Instagram

Dengan banyaknya pengguna di Instagram, ada banyak sekali kesempatan untuk bisa meraih pelanggan. Perusahaan besar sampai usaha kecil-kecilan yang baru dirintis dapat eksis dalam komunitasnya masing-masing. Hal ini tentu saja harus didukung oleh usaha penggunanya untuk menyajikan konten yang menarik dan rutin.

 

8.Platform Terbaik untuk Mendapatkan Insight dan Feedback

Instagram mengumpulkan data interaksi yang tercipta pada setiap postingan dan memberikannya pada para penggunanya. Hal ini sangat praktis untuk melakukan riset kekurangan dan kelebihan promosi yang telah dilakukan, serta untuk melakukan perbaikan kedepannya.

 

Selain itu, Instagram marketing juga merupakan tempat yang ideal untuk mendapatkan feedback. Pengguna yang memposting foto atau video tentang produk Anda merupakan aset yang dapat Anda gunakan.